Pemblokir alamat website sekarang ini sudah semakin mudah untuk dilakukan. Pemerintah yang bekerjasama dengan provider atau ISP lokal tentunya menyiapkan pertimbangan sendiri dalam memilih website yang diblokir tersebut. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati dalam membuat konten website agar tidak termasuk dalam persyaratan blokir (internet positif) tersebut.

Cara membuka website yang diblokir (internet postif)

Sebenarnya, Saya sudah banyak membahas cara-cara untuk membuka website yang diblokir pemerintah ini. Tapi, perkembangan dunia teknologi khususnya internet tentu semakin hari semakin maju. Maka dari itu, Saya memiliki beberapa alternatif cara yang bisa Anda gunakan untuk membuka website terblokir tersebut, yang bisa Anda lihat di bawah ini.

  1. Akses alamat IP website

Sebuah website di internet tentunya disimpan pada sebuah server. Setiap server yang terhubung ke jaringan pasti memiliki alamat IP. Akan tetapi, sebuah domain pada website itu mengkonfersi alamat IP tersebut untuk lebih mempermudah para pengunjung mencari dan membuka website tersebut. Sedangkan alamat IP asli dari website atau server tersebut biasanya tersembunyi atau tidak diperlihatkan secara umum.

Di samping itu pula, rata-rata ISP atau operator internet saat ini hanya memblokir nama website atau domain dari website tersebut. Sedangkan alamat IP-nya sendiri masih dibiarkan. Setiap pemilik website pun tentunya akan dengan mudah untuk membuka kembali websitenya tersebut dengan hanya mengganti domain ke yang baru.

Untuk Anda yang memang sangat ingin membuka website yang terblokir tersebut, maka Anda bisa mencoba mencari tahu alamat IP-nya. Caranya itu sangatlah mudah, dan tanpa perlu menggunakan aplikasi atau program tambahan, yang bisa Anda ikuti di bawah ini:

  • Silahkan Anda bukan Command Prompt (CMD) komputer Windows Anda.
  • Ketik perintah ping namawebsite.com, lalu tekan tombol Enter.
  • Silahkan Anda catat alamat IP yang muncul tersebut. Setelah itu, buka browser Anda dan ketikkan alamat IP di kolom URL.
  • Website yang tadinya terblokir pun akan terbuka.

Hanya saja, saat ini sudah ada penyedia ssl gratisan, yaitu Cloudflare yang bisa melindungi privasi dari data website Anda. Di mana Anda tidak bisa mengetahui informasi lengkap dari situs tersebut. Bahkan, alamat IP-nya pun sudah dialihkan ke alamat IP Cloudflare.

  1. Gunakan VPN

Kalau memang cara pertama di atas belum berhasil karena adanya Cloudflare yang membatasi Anda untuk melihat alamat IP dari situs tersebut, maka Anda bisa menggunakan VPN. VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, yang menyediakan layanan untuk para pengguna internet dalam melewati trafik internet yang terenkripsi.

Penjelasan mudahnya adalah, komputer Anda akan mendapatkan alamat IP dari negara yang tidak membatasi akses internet atau tidak memblokir website. Sehingga, website yang diblokir oleh ISP atau operator lokal pun akan bisa terbuka, karena komputer Anda menggunakan alamat IP luar negeri. Selain untuk membuka website yang terblokir, keamanan komputer Anda pun lebih meningkat, karena sulit untuk dilacak oleh orang lain.

  1. Gunakan SSH

Selain penggunaan VPN, Anda pun bisa menggunakan yang namana SSH. SSH merupakan singkatan dari Secure Shell yang fungsinya lapisan dari jaringan yang bisa melindungi pertukaran data dari ancaman atau seriangan virus. SSH dan VPN ini dikatakan juga sebagai serupa tapi tak sama. Perbedaannya itu ada pada bagian penggunaan pihak ketiga untuk proses Tunnel.

Fungsinya memang mirip dengan VPN, yaitu melindungi Anda saat membuka berbagai website di internet, tapi lebih baik dari VPN. Cara menggunakan SSH itu sangat mudah, yang bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Silahkan Anda daftar dulu di fastssh.com atau pun situs penyedia layanan SSH lainnya untuk mendapatkan akun SSH Anda.
  • Setelah itu, silahkan Anda downloada plikasi KPN Tunnel Revolution untuk Android, atau Anda bisa mencari aplikasi SSH lainnya untuk PC/Laptop.
  • Kemudian, buka aplikasi tersebut dan login dengan menggunakan akun SSH yang telah Anda buat di fastssh.com sebelumnya.
  1. Gunakan DNS

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan konfigurasi DNS pada komputer atau smartphone Anda. DNS adalah singkatan dari Domain Name System, yang fungsinya itu merubah alamat IP perangkat menjadi alamat domain. Cara kerjanya pun mirip-mirip dengan VPN dan SSH di atas, yaitu mengelabui ISP atau operator lokal dengan tidak menggunakan server IP lokal.

Cara merubah DNS di perangkat itu sangatlah mudah. Caranya itu sama dengan merubah alamat IP komputer atau smartphone. Hanya saja, yang perlu Anda ubah adalah pada kolom bagian bawah pengisian alamat IP tersebut. Kalau Anda ingin mencobanya, maka silahkan Anda gunakan konfigurasi DNS berikut ini:

  • Preferred DNS server: 1.1.1.1
  • Alternate DNS server: 1.0.0.1
  1. Melalui web proxy

Kalau dulunya pengguna proxy ini bisa kita konfigurasi langsung melalui browser di komputer. Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan proxy saat ini sudah cukup sulit. Di samping itu pula, untuk browser smartphone belum tersedia fitur atau konfigurasi perubahan proxy. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan web proxy. Web proxy ini adalah website yang menyediakan proxy untuk bisa mengakses internet dengan bebas melalui server pihak ketiga.

Cara kerjanya pun hampir sama dengan VPN, SSH, dan DNS di atas, yaitu mengelabui ISP atau operator untuk bisa mengakses halaman website yang terblokir. Ada banyak sekali website proxy yang bisa Anda manfaatkan untuk membuka website yang diblokir pemerintah atau ISP lokal. Salah satu web proxy gratis yang paling umum digunakan adalah translate.google.com. Setelah Anda membuka halaman Google Translate tersebut, silahkan Anda langsung ketikkan alamat websitenya dan, klik link yang ada pada bagian translasinya.

  1. Menggunakan VPN Extension

Kalau Anda memang masih bingung dalam menggunakan aplikasi VPN di komputer atau smartphone, maka Anda bisa menggunakan VPN extension untuk browser Chrome atau Firefox. Silahkan Anda buka halaman pencarian ekstension untuk masing-masing browser, seperti:

  • Untuk pengguna browser Chrome, maka Anda bisa mencari Browsec.

  • Untuk pengguna browser Mozilla, maka Anda bisa mencari Anonymox.

Anonymoux sendiri sudah tersedia untuk browser Chrome juga loh!

  1. Gunakan Opera

Opera adalah salah satu browser yang telah dilengkapi dengan fitur layanan VPN sendiri. Opera pun sudah menyediakan opsi atau pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut. Sehingga, bagi para pengguna yang tidak ingin repot-repot, akan sangat membantu pastinya.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk bisa tetap membuka website yang diblokir pemerintah atau ISP lokal. Kalau Anda memiliki cara lainnya atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bermanfaat.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY