Player Unknown Battleground atau biasa disingkat dengan nama PUBG, kini sudah tersedia pada perangkat mobile, seperti smartphone. Untuk game play dan grafis memang akan sedikit berbeda dengan versi PC yang ada di Steam. Akan tetapi, Anda akan mendapatkan pengalaman bermain PUBG seperti pada PC jika menggunakan emulator Tencent Gaming.

Pasalnya, emulator Tencent Gaming ini memang menyediakan berbagai tombol yang mirip dengan PUBG versi PC. Di samping itu pula, Anda bisa memainkan sensasi bermai PUBG tanpa harus membeli game tersebut terlebih dulu. Hebatnya lagi, Anda bisa mengatur kualitas grafis yang Anda gunakan emulator tersebut, sesuai dengan performa dari PC atau laptop yang Anda gunakan. Semakin tinggi spesifikasi dari komputer Anda, maka Anda pun bisa membuka pengaturan grafis yang semakin tinggi, yaitu Ultra HD.

Map-Map PUBG Mobile

Sama seperti versi PC-nya, PUBG Mobile pun sering mendapatkan update untuk membuat para pemainnya semakin betah. Beberapa update tersebut seperti map, senjata baru, outfit, kendaaran dan lainnya. Ada 3 map yang terdapat pada game PUBG Mobile ini, mulai dari Erangle, Miramar dan juga Sanhok. Masing-masing map tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. K

ondisi daerahnya pun sangatlah jauh berbeda, di mana pada Erangle merupakan map yang sangatlah luas dengan dilengkapi landscape pegunungan, hutan, laut, sungai, pulau bangunan besar, dan persenjataan yang lengkap. Untuk Miramar sendiri mengambil latar gurun yang sangatlah gersang, banyak pengunungan dan tebing curam, pabrik-pabrik minyak dan juga sangatlah luas. Dan, untuk yang terbaru adalah Sanhok.

Tentang map Sanhok di PUBG Mobile

Salah satu update terbaru pada PUBG Mobile ini adalah map Sanhok yang sudah lebih dulu dirilis pada versi PC (Steam). Map Sanhok ini sendiri merupakan map yang ternyata hasil inspirasi dari dunia nyata loh! Pihak Developer sendiri secara sengaja melakukan survei ke negara Thailand dan juga Filipina untuk melihat seperti kondisi daerah di negara tersebut. Maka dari itu, di map Sanhok ini pun, mulai dari bangunan seperti rumah gubuk dan landmark Paradise Resort pasti sudah tidak asing lagi, bagi Anda yang pernah ke negara tersebut.

Di samping itu pula, kendaraan-kendaraan yang akan Anda lihat pun merupakan kendaraan khas negara tersebut, walaupun beberapa di antaranya tidak dapat digunakan untuk versi Mobilenya. Hal unik lainnya yang juga perlu Anda ketahui mengenai Sanhok ini adalah namanya. Di mana nama map Sanhok ini sendiri ternyata diambil dari kata “Snuk” yang artinya “Senang” dalam bahasa Thailand, dan “Manok” yang berarti “Ayam” dalam bahasa Filipina. Mirip dengan bahasa daerah di Indonesia ya, “Manuk”.

Map Sanhok memang tidak memiliki bangunan gedung besar, tapi pegunungan, sungai dan rumputnya yang sangatlah tinggi. Sehingga Anda bisa dengan mudah untuk bersembunyi saat nge-prone. Musuh yang bahkan berjarak sangat dekat dengan Anda pasti akan sangat sulit untuk melihat Anda. Apalagi kalau Anda sudah menggunakan Ghillie.

Di map Sanhok ini pun terdapat banyak senjata, termasuk senjata jenis terbaru yang bernama QBZ. Senjata ini sendiri merupakan pengganti dari SCAR-L yang memang tidak ditemukan pada map Sanhok ini.

Tips dan trik bermain PUBG Mobile di Sanhok agar dapat Chicken Dinner

Saya pribadi sangat menyukai bermain di map Sanhok ini. Pasalnya, map ini jauh lebih kecil dari 2 map lainnya di PUBG. Ketersediaan senjata dan peluru pun sangatlah melimpah, sehingga Anda pun tidak perlu takut saat harus turun pada daerah yang juga banyak musuhnya. Karena, Anda pasti akan tetap mendapatkan senjata terbaik, seperti tipe assault riffle, riffle, sniper, dan lainnya.

Nah, untuk Anda yang juga ingin bermain di map Sanhok ini, maka silahkan Anda ikuti beberapa tips berikut ini, agar Anda bisa dengan mudah mendapatkan chickec dinner.

  1. Kenali setiap area di Sanhok

Seperti yang telah Saya tulis sebelumnya di atas, kalau map Sanhok ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari 2 map lainnya, dengan kisaran hanya seperempat dari map Erangle dan Miramar. Akan tetapi, walaupun map tersebut terbilang sangatlah kecil, jumlah pemain yang diterjunkan itu tetaplah 100 orang loh! Jadi, intensitas Anda untuk bertemu musuh di map ini sudah pasti sangatlah sering, apalagi di awal-awal.

Durasi permainan pun jauh lebih cepat, karena bluezone yang hanya bertahan beberapa menit saja. Dan, sudah pasti akan cepat, karena area map yang kecil. Untuk lokasi loot dari map Sanhok ini sebenarnya bagus semua, akan tetapi, yang memiliki banyak perlengkapan (loot) itu ada pada beberapa daerah berikut:

  • Paradise Resort
  • Bootcamp
  • Ruins
  • Quarry

Daerah-daerah tersebut sudah pasti akan menjadi incaran para pemain lainnya juga. Jadi, kalau Anda memang masih pemula dan ingin cari aman, maka Anda bisa memulai pada beberapa tempat lainnya, seperti Na Kham, Khao, dan Lakawi.

  1. Segera incar senjata terbaik

Anda tidak perlu khawatir tidak kebagian senjata saat bermain game PUBG Mobile di map Sanhok ini. Karena, pasti setiap bangunan atau tempat looting itu sudah dilengkapi dengan banyak persediaan senjata, seperti AR, SMG, dan DMR, apalagi ammo (peluru) akan membuat tas Anda cepat penuh. Maka dari itu, Anda sebaiknya segera mengincar senjata terbaik yang ada pada map ini.

Di map Sanhok ini sendiri terdapat sebuah senjata baru yang bernama QBZ dengan tipe Assault Riffle. Senjata ini merupakan pengganti SCAR-L yang ada pada map lainnya. QBZ ini sendiri hanyalah tersedia pada map Sanhok saja ya! Jadi, Anda jangan protes kalau tidak menemukan senjata QBZ ini pada map lainnya. Tipe ammo (peluru) yang digunakan oleh QBZ ini adalah 5.56mm, yang bisa disetarakan kekuatan damage-nya dengan M416. Untuk mengetahui lebih detail mengenai senjata QBZ ini, silahkan Anda cek saja di bawah ini:

  • Nama : QBZ Assault Rifle
  • Tipe : Assault Rifle, single-shot dan fill-auto
  • Peluru : 5.56 mm, slow reload
  • Kapasitas Peluru : 30
  • Damage : 34
  • aksesoris : Sight, Muzzle, Mag, dan Foregrip
  1. Kendaraan tidak terlalu berguna

Map Sanhok ini sendiri memang sangatlah kecil, jadi Anda tentunya tidak terlalu banyak menggunakan kendaraan. Di samping itu pula, daerah pegunungan dan hutan yang sangat lebat dengan ditumbuhi pepohonan dan batu, tentunya akan banyak menghalangi perjalanan Anda. Musuh pun akan dengan mudah untuk menembak dan menghancurkan kendaraan Anda.

Kendaraan yang tersedia pada map Sanhok ini, hampir sama dengan map Miramar, seperti Motorcycle, Buggy Car, Pickup, Van, dan Jeep. Sedangkan untuk kendaraan air-nya itu tersedia, PG-117 dan Aquarail seperti yang ada di Erangle.

Kalau pun Anda secara tidak sengaja terjun di daerah bluezone dan sangat jauh dan safe zone, maka Anda cukup membutuhkan 1 First Aid Kit, 1 Pain Killer, dan 2 Bandage saja kok.

  1. Tips dan trik tambahan bermain di map Sanhok PUBG Mobile

Kalau di atas adalah pengenalan mengenai map Sanhok beserta sedikit tips, maka di bawah ini adalah beberapa tips dan trik tambahan untuk Anda:

  • Prioritaskan memakai senjata tipe AR atau DMG, untuk mewaspadai musuh yang kebanyakan menembak dari jarak jauh.
  • Penggunaan Suppressor (peredam) sangatlah dibutuhkan di map ini. Apalagi untuk Anda yang menggunakan sniper yang lebih banyak bersembunyi di rumput tinggi.
  • Pilih area bukit untuk mengicar musuh, karena rumputnya jauh lebih banyak, dengan rimbunan pohon dan bebatuan besar. Usahakan agar Anda bisa lebih dulu sampai ke puncak dari pada musuh agar bisa membidik mereka dengan lebih baik.
  • Fokus mengambil drop, sehingga Anda bisa mendapatkan persenjataan yang lebih baik, seperti AWM, scope 8x, hingga Ghillie suit agar tidak terlihat saat nge-prone di rumput. Tapi, kalau Anda memiliki Flare Gun, maka Anda bisa request air drop sendiri, yang isinya jauh lebih baik dari drop seperti biasanya.

Penutup

Nah, itulah beberapa informasi seputar map Sanhok terbaru di PUBG Mobile, beserta tips dan trik bermain pada map tersebut. Kalau Anda memang memiliki tips yang lebih baik, maka jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar yang tersedia di bawah.

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY