Salah satu game yang cukup fenomenal pada sistem operasi Windows, yaitu Solitaire. Gameplay dari Solitaire ini memang cukup menyenangkan saat dimainkan disela-sela waktu kosong. Anda hanya cukup menyusun kartu secara berurutan sesuai dengan simbol dan warna kartu tersebut. Hanya saja, game yang sudah terbilang lawas ini ternyata dihilangkan pada sistem operasi Windows 10 loh!

Sistem operasi Windows 10 memang hadir dengan berbagai macam fitur dan tools terbaru. Sehingga, game lawas seperti Solitaire ini pun dihilangkan. Anda yang dulunya suka menghabiskan waktu bermain game Solitaire saat tidak ada kerjaan di kantor, tentunya akan merindukan game ini. Pasalnya, komputer-komputer di jaman sekarang ini memang lebih banyak beralih menggunakan Windows 10.

Game Solitaire versi Windows 10 memang bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui halaman Microsoft Store. Akan tetapi, versi terbaru dari game Solitaire ini tentunya akan mengalami perbedaan dari versi klasiknya. Hal ini tentunya akan memberikan perbedaan yang mendasar dari versi klasik dan terbaru tersebut. Selian itu pula, versi terbaru dari Solitaire tersebut akan menampilkan iklan yang tentunya cukup menggangu. Untuk bisa menghilangkan iklan tersebut, maka Anda harus membayar $10 setiap tahunnya untuk menghilangkan iklan tersebut.

Kalau Anda memang merindukan permainan game Solitaire versi klasik tersebut, maka Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mendapatkannya kembali.

Cara menginstall game Solitaire versi klasik di Windows 10

Sebuah situs telah menyediakan berbagai daftar game-game klasi dari sistem operasi Windows, yang bernama Archive.org . Di dalam halaman website tersebut, Anda bisa mendapatkan game Solitaire sesuai dengan versi Windows yang Anda gunakan, yaitu 32-bit atau 64-bit. Tidak hanya game Solitaires saja yang tersedia di dalam website tersebut untuk Anda download, tapi ada beberapa macam game-game yang cukup fenomenal dulunya di Windows XP hingga Window 7, seperti Cruel, FreeCell, Golf, Pegged, Reversi, Snake, Solitaire, Taipei, Tictactics, dan Minesweeper.

  • Silahkan Anda buka halaman website archive.org terseut pada browser Anda. Setelah itu, silahkan Anda klik pada link yang bertuliskan Show All Files.
  • Di dalam halaman Show All Files tersebut, Anda bisa melihat daftar dari aplikasi klasik dari versi Windows XP hingga Windows 7, yang bisa Anda mainkan kembali pada sistem operasi Windows 10 Anda.
  • Untuk game Solitaire, maka Anda bisa mengklik pada link sol.exe, lalu game tersebut akan terdownload dan nantinya bisa langsung Anda main di Windows 10 Anda.
  • Jika Anda ingin memainkan game ini kembali, maka Anda bisa membuat Shortcut ke Desktop, yang bisa mempermudah Anda untuk memainkan game tersebut nantinya.

Akhir kata

Itulah cara yang bisa Anda coba untuk menginstall dan memainkan game Solitaire versi klasik di Windows 10. Kalau Saya pribadi memang lebih memilih versi terbaru yang ada di Micrsoft Store, karena memiliki grafis yang lebih baik. Tapi, itu semua tentunya kembali kepada Anda para penggunanya.

Selamat bermain.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY