Beberapa dari pengguna perangkat konsol Xbox One telah mengeluhkan masalah yang cukup aneh pada perangkatnya. Masalah ini tidak hanya aneh tapi juga terbilang cukup serius. Pasalnya, pengguna melaporkan kalau beberapa game yang ada di dalam perangkatnya itu tiba-tiba saja menghilang. Setelah melakukan pengecekan lebih dalam, ternyata game-game yang hilang tersebut berasal dari daftar Ready to Install.

Namun, yang membuat masalah ini semakin buruk, setiap kali para pengguna ingin meluncurkan game tersebut, maka sistem pun akan secara otomatis menutup game tesebut. Setelah itu, akan muncul pesan yang bertuliskan “Game took too long to start”.

Xbox One melakukan uninstall game secara otomatis dan acak

Masalah ini bisa saja terjadi karena disebabkan oleh game itu sendiri, atau pun bisa karena sesuatu hal yang lebih buruk pada sistem perangkat konsol Xbox One itu sendiri. Kami pun sudah mencoba mencari solusi dalam pemecahan masalah tersebut. Dan, untuk Anda yang memang mengalami masalah serupa, maka di bawah ini adalah beberapa cara untuk bisa membantu dalam mengatasinya:

  1. Hard Reset

Untuk melakukan hard reset pada perangkat konsol Xbox One, maka Anda cukup menekan tombol logo Xbox pada joystick Anda untuk membuka halaman Guide. Setelah itu, silahkan Anda arahkan ke kanan dan pilih ikon Gear. Lalu Anda pilih pada Settings untuk memindahkannya ke kanan.

Selanjutnya, silahkan Anda klik pada menu System dan Console Info. Pada bagian Xbox One System settings, silahkan Anda pilih pada opsu yang bertuliskan Reset console. Pada bagian ini, Anda pun akan diberikan beberapa opsi reset untuk dipilih. Silahkan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, dan tunggu hingga proses reset selesai.

Jika proses reset sudah selesai, maka silahkan Anda cek apakah game tersebut sudah kembali muncul dan bisa dimainkan.

  1. Hapus Cache

Mengosongkan cache pun cukup mudah jika memang Anda ingin melakukannya. Anda cukup menekan dan tahan pada tombol power Xbox yang terletak pada bagian depan perangkat konsol Anda. Ini akan mematikan sistem dari Xbox One Anda, lalu silahkan Anda cabut kabel power dan biarkan selama beberapa saat, lalu pasang kembali.

Setelah kabel power terpasang kembali, maka tunggu sampai lampu indikator berubah orange. Setelah itu, nyalakan perangkat Xbox One Anda seperti biasanya, dan cek apakah masalah tersebut masih berlanjut.

  1. Hapus dan install kembali gamenya

Kemungkinan masalah ini datangnya dari game itu sendiri. Maka dari itu, Anda bisa mencoba dengan menghapus game tersebut, lalu menginstall kembali game tersebut. Untuk proses hapus game yang ada di perangkat Xbox One, maka Anda cukup membuka halaman Home, kemudian pilih My games & apps.

Ditahapan ini, silahkan Anda pilih semua game yang ingin Anda hapus, lalu pilih pada opsi Manage game. Langkah terakhir adalah dengan melakukan Uninstall pada game yang Anda inginkan. Jika sudah ter-uninstall semuanya, silahkan Anda buka lagi halaman home dan pilih pada menu My games & apps. Kemudian Anda pilih pada Ready to install, dan Anda pun akan melihat daftar dari semua game yang Anda miliki untuk diinstall kembali.

Akhir kata

Itulah beberapa cara dalam mengatasi masalah perangkat konsol yang tiba-tiba melakukan uninstall game secara otomatis dan acak. Kalau masalah tersebut masih juga muncul setelah Anda mencoba beberapa cara di atas, maka silahkan Anda bawa perangkat konsol Xbox One Anda ke service center terdekat.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY