Xbox One merupakan salah satu perangkat konsol game yang memiliki banyak sekali pengguna. Perangkat besutan Microsoft ini merupakan saingan berat dari konsol lainnya seperti Playstation. Perangkat Xbox One ini sendiri memang terbilang cukup baik dalam mengolah grafis dari sebuah game, sehingga banyak gamer yang lebih memainkannya. Di samping itu pula, Xbox One ini sendiri bisa terhubung langsung dengan perangkat Microsoft lainnya.

Namun, beberapa pengguna ternyata sempat mengeluhkan masalah terkait audio atau suara yang tidak keluar dari perangkat Xbox One ke monitor.

Memperbaiki masalah Xbox One yang tidak mengeluarkan suara

Untuk Anda yang mengalami masalah seperti ini, maka Anda bisa memperbaikinya dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini:

1. Cek volume monitor (TV)

Langkah awal perlu untuk Anda lakukan di sini adalah mengecek volume dari monitor atau TV yang Anda gunakan. Kalau Anda menggunakan audio eksternal, seperti headset atau speaker, maka coba cek kabel dan juga volume-nya masing-masing.

2. Periksa koneksi TV dan HDMI

Cara kedua adalah mengecek koneksi antara monitor (TV) dan kabel HDMI. Rata-rata perangkat konsol saat ini sudah menggunakan HDMI, jadi pastikan Anda mengecek hal tersebut. Proses pengecekan bisa Anda lakukan dengan menekan tombol Xbox pada controller, lalu pilih opsi, System> Settings > Display & Sound > Video output. Kemudian, silahkan Anda pilih pada Video fidelity & overscan, lalu cari tombol HDMI dan klik.

3. Cek pada pengaturan game

Kemungkinan lain dari masalah ini adalah audio pada game yang kurang atau tidak diaktifkan. Untuk itu, coba Anda cek pada pengaturan suara atau audio dari game itu sendiri.

4. Menggunakan receiver audio-video

Penyebab lain dari tidak keluarnya suara dari Xbox One di TV atau monitor itu bisa disebabkan oleh perangkat eksternal tambahan berupa receiver audio yang terhubung ke TV atau komputer. Perangkat seperti ini memang sedikit agak rumit dalam penggunaannya, sehingga beberapa pengguna pun bingung saat menemukan masalah seperti ini.

Padahal, kalau Anda melakukan urutan dengan benar saat mengaktifkan perangkat, maka masalah ini mungkin tidak Anda alami. Urutan dalam mengaktifkan perangkat tersebut bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Televisi
  • Receiver audio-video
  • Konsol Xbox One

Selanjutnya, memilih Input HDMI pada TV menggunakan remote. Setelah itu, silahkan Anda matikan dan nyalakan kembali receiver audio-video yang Anda gunakan tersebut, dan atur koneksi TV ke HDMI. Jika sudah, silahkan Anda ambil controller Xbox One Anda, dan klik tombol Xbox, lalu pilih System > Settings > Display & Audio > Video output, lalu Video fidelity & overscan, dan terakhir, pilih HDMI dari opsi yang tersedia.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah audio yang tidak keluar dari Xbox One Anda. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY