Untuk Anda pengguna perangkat game konsol Xbox One baru-baru ini mendapatkan update fitur terbaru dari Microsoft langsung. Update fitur ini adalah profil Avatar yang memang sudah sangat lama ditunggu-tunggu oleh para pengguna Xbox. Profil avatar tersebut pun tidak seperti dengan profil Avatar pada umumnya. Karena, pihak Microsoft sendiri meluncurkan fitur tersebut agar para pengguna Xbox bisa menggambarkan dirinya yang ada di dunia nyata dengan Avatar di Xbox tersebut.

Kalau memang Anda sudah mendapatkan update terbaru dari Xbox tersebut, maka Anda pasti akan langsung melihat pop-up saat pertama kali menyalakan Xbox Anda untuk melakukan pengaturan Avatar tersebut. Kalau memang belum ada pop up yang muncul, maka pastikan dulu perangkat konsol game Xbox Anda sudah terupdate.

Tentang Avatar profil untuk Xbox

Avatar yang dihadikan pun tidak hanya menarik, tapi pihak Microsoft sendiri sudah memastikan kalau para gamer Xbox bisa memproyeksikan dirinya pribadi, bagaimana mereka terlihat dalam kehidupan nyata. Avatar ini pun sudah dalam bentuk 3D yang bisa bergerak, yang pasti akan sangat keren untuk Anda yang memperhatikan hal-hal kecil seperti ini untuk profil gaming Anda.

Bagi Anda yang sudah membuat Avatar sendiri, maka Avatar tersebut pun sudah bisa dilihat oleh teman-teman Xbox live Anda. Tidak hanya itu saja, seperti yang telah Saya tuliskan di atas, kalau Avatar profil tersebut tidak hanya menampilkan karakter sesuai dengan keinginan Anda, tapi juga bisa Anda gerakkan bahkan terbang loh!

Pada halaman editor tersebut, Anda bisa menyesuaikan sendiri warna kulit, tangan dan kaki, berpose dan beberapa hal-hal menarik lainnya.

Cara membuat Avatar di konsol game Xbox

Pihak Microsoft sendiri memang tidak mengintegrasikan editor Avatar langsung ke dalam perangkat Xbox tersebut, tapi Anda bisa mendapatkan editor ini dengan mendownload aplikasinya secara terpisah. Kalau ini pertama kali Anda menggunakannya, maka Anda harus menunggu proses updatenya terlebih dulu. Setelah itu, silahkan Anda klik start untuk membuka aplikasinya.

Jika aplikasinya sudah terbuka, maka silahkan Anda lanjut mengikuti langkah-langkah membuat Avatar sendiri di bawah ini:

  1. Memilih Avatar

Pada tahap awal ini, Anda bisa mengikuti cara-cara dalam memilih Avatar yang sesuai dengan keinginan Anda.

  • Saat pertama kali membuka editor tersebut, maka Anda pun akan melihat Avatar default, yang tentu saja bisa Anda edit kembali sesuai dengan keinginan Anda. Silahkan Anda geser ke kanan atau ke kiri pada controller (stik) Xbox Anda untuk mendapatkan Avatar yang menurut Anda sudah sesuai.
  • Setelah itu, silahkan Anda tekan tombol A pada controller jika sudah mendapatkan Avatar yang Anda inginkan, di mana ini bisa juga memperlihatkan Avatar tersebut secara keseluruhan.
  • Anda bisa melihat Avatar tersebut dari bagian atas ke bawah, dan memutar Avatar tersebut untuk melihat dari setiap sisi, kiri, kanan, depan dan belakang. Bahkan, pihak Microsoft menambahkan banyak ekspresi, seperti pusing pada saat Anda memutar-mutar Avatar tersebut.
  • Kalau Anda sudah selesai mengecek Avatar yang Anda pilih tersebut, maka silahkan Anda arahkan kursor ke tombol berwarna ungu dengan tulisan Use selected avatar, untuk menggunakan avatar tersebut.

  1. Edit Avatar pilihan

Jika pilihan Avatar sudah Anda tetapkan, maka sekarang Anda dapat mengubah gaya Avatar sesuai dengan keinginan Anda. Seperti apa proses edit Avatar tersebut, dan apa saja yang bisa Anda ubah? Silahkan Anda lihat sendiri di bawah ini:

  • Di tahap ini, Anda bisa memilih jenis penampilan, suasana hati, photobooth, pakaian, bahkan sampai pada pilihan lemari baju yang berbeda-beda.

  • Yang menurut Saya paling menarik di sini adalah Anda bisa mencocokkan tinggi badan, warna, dan penampilan tubuh yang tepat.

  • Untuk pemilihan kulit tersebut, maka Anda cukup menggeser ke arah kanan atau kiri, untuk mendapatkan warna kulit sesuai dengan yang Anda inginkan.

  • Tidak sampai di situ saja, Anda pun bisa dengan mudah mengubah bagian hidung dan juga alisnya loh! Cewek-cewek yang suka berdandan dengan alis setebal Sinchan, tentunya bisa mengekspresikan dirinya di sini. Anda pun bisa mengganti warna Alis tersebut kalau Anda ingin terlihat lebih menarik, seperti Youtuber Indonesia nomor satu yang suka gonta-ganti warna rambut (Atta Halilintar).

Tapi, kalau Anda tidak menemukan pengaturan yang sesuai, atau ingin menambahkan sesuatu yang istimewa lagi, maka Anda bisa membuka Avatar store.

  1. Avatar Store

Di dalam Avatar Store ini, memungkinkan Anda untuk bisa membeli item Avatar atau pun Anda bisa mengirimnya sebagai hadiah ke teman Xbox Live Anda. Di dalam halaman utama dari Avatar Store tersebut, Anda akan melihat daftar Item terbaru, Item terbaik, top berbayar, dan tentunya juga ada banyak item gratisan. Di Avatar Store ini pun terdapat kategori untuk masing-masing item, mulai dari penampilan, busana, dan aksesoris.

Walaupun, Avatar Xbox memang bukan yang pertama ini, tapi menurut Saya update yang diberikan ini sudah bisa dikatakan sebagai fitur pertama, atau mungkin bisa juga disebut sebagai Avatar 2.0. Karena, membawa begitu banyak perubahan atau fitur yang membuat para pengguna lebih betah.

  1. Mereset Avatar

Tidak senang dengan Avatar yang telah Anda buat sebelumnya atau mungkin sudah bosan dengan penampilannya? Maka Anda pun dapat membuat Avatar baru dari awal. Anda cukup membuka menu Settings > Create new Avatar dari aplikasi tersebut. Akan tetapi, Avatar Anda sebelumnya akan hilang beserta dengan semua kostumisasi yang Anda lakukan.

  1. Penampilan Avatar di Xbox Live

Poin terakhir yang bisa Anda lakukan dengan Avatar tersebut, adalah dengan memilih bagaimana Anda ingin tampil di Xbox Live dengan Avatar baru Anda. Anda bisa memilih antara Avatar yang versi terbaru Anda buat atau Avatar versi lama. Perbedaannya itu bisa Anda lihat pada gambar yang ada di bawah ini.

Fitur baru pada Avatar Xbox ini memang sudah sangat keren, tapi tentunya akan lebih baik lagi kalau pihak Microsoft menambahkan lagi fitur group Avatar chat atau pun suara. Sehingga teman gamer yang sedang online di Xbox Live bisa saling mengobrol dengan lebih mudah, tanpa harus menambahkan aplikasi lain lagi.

Akhir kata

Setelah Anda mengaktifkan Avatar terbaru tersebut, maka semua profil Anda yang terhubung dengan Xbox pun akan berganti dengan Avatar terbaru tersebut. Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar artikel di atas, maka silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY