Mobile Legends merupakan salah satu game MOBA yang saat ini paling digandrungi oleh para pengguna smartphone, khususnya gamer. Game ini adalah game online yang bisa dimainkan bersama teman Anda, untuk membentuk tim. Anda pun bisa melawan tim lain dari negara lain atau sesama teman Anda sendiri.

Namun, salah satu permasalahan yang sering dialami oleh para pengguna game Mobile Legends ini, yaitu lag atau ping yang terlalu tinggi. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, 8 tips di bawah ini mungkin bisa cukup membantu Anda.

1. Memiliki smartphone dengan spesifikasi memadai

Game Mobile Legends memang memiliki kualitas grafis yang cukup bagus. Belum lagi, efek-efek dari setiap skill yang dikeluarkan oleh hero, tentunya butuh spesifikasi smartphone yang cukup kuat juga. Kapasitas untuk game ini pun cukup besar loh! Jadi, smartphone Anda memang harus benar-benar bagus. Kalau spesifikasi ternyata tidak memadai, maka Anda akan lebih sering mengalami lag saat memainkannya.

Nah, di bawah ini adalah spesifikasi smartphone yang direkomendasikan untuk memainkan game Mobile Legends ini:

  • Processor : Minimal Quad Core
  • Kapasitas RAM : Minimal 2GB
  • Pengolah grafis : Minimal memiliki GPU Adreno 505

Spesifikasi seperti di atas untuk smartphone itu memang memiliki harga yang cukup mahal. Tapi, kalau memang ingin membeli smartphone dengan harga murah tapi spesifikasi tinggi, maka carilah hp Android Vivo V7.

2. Pastikan jaringan internet yang Anda gunakan stabil

Untuk bisa memainkan game Mobile Legends, maka smartphone Anda harus terhubung ke internet. Kalau tidak ada jaringan internet, maka Anda pastinya tidak akan bisa membuka game ini. Kalau pun Anda sudah terhubung ke internet, pastikan internet Anda tersebut stabil. Karena, kalau melambat pasti akan sangat mempengaruhi permainan Anda, sehingga Anda pun akan merasakan lag saat bermain.

Anda bisa memilih jaringan internet Wifi atau langsung dari provider smartphone Anda. Tapi, kalau Anda menggunakan jaringan internet provider di smartphone Anda, maka pastikan saja Anda mendapatkan jaringan 4G ya! Kalau jaringannya masih 3G biasanya akan sulit terhubung ke internet dan lag-nya pun akan menjadi semakin parah.

3. Bersihkan semua aplikasi yang sedang berjalan di background

Tips berikutnya untuk Anda yang tidak ingin mengalami lag saat bermain game Mobile Legends di hp Android, adalah mematikan semua aplikasi yang sedang berjalan. Kemungkinan Anda pernah membuka aplikasi lainnya yang lupa Anda tutup, tapi Anda langsung tap pada tombol home saja. Aplikasi tersebut tentunya masih tetap terbuka dan berjalan. Untuk itu, silahkan Anda tap pada tombol yang ada di dekat tombol home bagian paling kiri di smartphone Anda. Setelah itu, silahkan Anda tutup aplikasi tersebut dengan cara, tap pada tombol (X) pada setiap aplikasi yang muncul tersebut.

4. Setting pada kualitas grafis di game Mobile Legends

Di dalam game Mobile Legends ini, Anda diberikan juga opsi untuk merubah settingan kualitas grafisnya, mulai dari low, medium, dan high. 3 Pilihan tersebut bisa menjadi salah satu penyebab Anda mengalami lag saat bermain game Mobile Legends, karena kemungkinan pilihannya ada pada opsi High. Padahal, spesifikasi smartphone Anda sendiri tidak memadai untuk memilih opsi tersebut. Cara untuk mengubahnya bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Tahap pertama, silahkan Anda tap pada profile atau nama Anda yang letaknya itu di bagian sudut kiri atas tampilan game Mobile Legends ini.
  • Jika halaman opsi tersebut sudah muncul, selanjutnya silahkan Anda tap pada menu “Basic Info”, lalu tap lagi pada menu “Option”, atau “Pengaturan”.
  • Di dalam menu tersebut Anda bisa melihat opsi Kualitas Grafis yang letaknya ada di kolom bawah. Silahkan Anda ganti ke opsi Low saja.

Cara ini tidak hanya bisa mengurangi lag Anda saat bermain game, tapi juga bisa membuat jaringan Anda lebih lancar.

5. Jangan mainkan game Mobile Legends saat pengisian baterai

Menggunakan smartphone saat sedang pengisian baterai termasuk salah satu kebiasaan buruk dalam menggunkan smartphone. Sehingga, tidak hanya membuat permainan game Mobile Legends Anda menjadi lag, tapi juga bisa membuat baterai smartphone Anda cepat rusak. Proses pengisian baterai pada smartphone itu seharusnya dalam mode pesawat atau pun off. Dengan begini, maka proses pengisian baterai smartphone Anda pun bisa aman dan cepat penuh.

6. Aktifkan fitur Speed Mode

Pihak Moontoon, yang dalam hal ini adalah developer dari Mobile Legends tentunya tidak ingin kalau para penggunanya merasakan lag saat memainkan gamenya tersebut. Hal ini dibuktikan dengan adanya pengaturan di dalam game tersebut yang bernama Speed Mode. Speed Mode ini akan membuat performa dari smartphone Anda menjadi maksimal untuk memainkan game Mobile Legends.

Dengan memanfaatkan fitur tersebut, maka ini akan meminimalisir lag, serta ping Anda pun tidak akan terlihat seperti lampu lalu-lintas lagi (Merah-Kuning-Hijau). Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, silahkan Anda tap pada menu Settings. Lalu, silahkan Anda masuk lagi pada menu Jaringan (Network). Di dalam menu pengaturan jaringan tersebut, silahkan Anda aktifkan Speed Mode dengan mengubah posisinya menjadi “On”.

7. Coba untuk mengistirahatkan smartphone beberapa saat

Smartphone ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan laptop atau pun PC, yang jika Anda menggunakannya dalam waktu yang cukup lama, maka akan membuat performanya menjadi berkurang. Sehingga, lama kelamaan akan terasa lambat atau lag saat digunakan. Untuk itu, Anda sebaiknya membuat smartphone Anda tersebut beristirahat selama beberapa saat. Proses istirahatnya tersebut pun bisa Anda manfaatkan dengan melakukan proses pengisian baterai. Sehingga, tidak hanya memulihkan performa dari smartphone Anda, tapi juga membuat baterai-nya siap digunakan dalam waktu yang lama lagi.

8. Memilih waktu yang tepat untuk main

Karena jumlah pengguna dari game Mobile Legends ini sudah sangat banyak, tentunya ini akan berdampak pada server game Mobile Legends ini sendiri. Dan, kalau ternyata Anda masuk di waktu pemain juga banyak yang masuk, maka ini akan membuat server terbebani, sehingga dampak yang Anda alami pun adalah lag.

Untuk itu, Anda harus bisa memilih waktu yang tepat untuk bermain game Mobile Legends agar tidak mengalami lag. Waktu tersebut bisa pada tengah malam, atau pun saat pagi-pagi. Karena, di dua waktu tersebut biasanya orang beristirahat (tidur malam) dan juga sedang menjalani aktivitas hariannya (bekerja dan sekolah). Sehingga, jumlah pemain di dua waktu tersebut memang sangat jarang.

Penutup

Nah, itulah beberapa tips dari Saya untuk Anda yang tidak ingin mengalami lag saat bermain game Mobile Legends. Kalau Anda punya tips atau trik lainnya, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY