Game yang dianggap oleh beberapa orang sebagai alat yang bisa membuat anak-anak menjadi bodoh ini dan malas ini ternyata memiliki banyak sejarah juga loh! Bahkan, game ternyata sudah ada sejak jaman perang dunia ke II.

Sebenarnya game ini dibuat untuk membuat pikiran atau otak kita ini menjadi lebih rileks dan santai. Selain itu, dengan bermain game maka ini bisa melatih refleks Anda, sepertinya contohnya pada game FPS atau game bola. Bahkan, beberapa anak bisa lancar dalam berbahasa asing seperti bahasa Inggris dan juga Jepang dengan bermain game. Jadi, Anda sebagai orang tua jangan menggambarkan game ini kepada anak-anak sebagai hal yang bisa membodohi. Tapi, gambarkanlah game tersebut sebagai bentuk pembelajaran kepada anak-anak.

Berhubungan dengan game ini, maka di bawah ini Saya akan memberikan Anda informasi 8 fakta pertama tentang game yang menjadi sejarah.

1. Game pertama di tahun 1947

Mungkin beberapa dari Anda menganggap kalau game yang pertama kali dibuat itu adalah Pong. Kesuksesan dari game Pong ini memang cukup memuaskan. Makanya, di tahun 1972, game Pong ini dianggap sebagai game Arcade pertama di dunia. Akan tetapi, game pertama di dunia itu sudah ada 25 tahun sebelum game Pong ini muncul, yang tepatnya pada tahun 1947 silam.

Kehadiran game ini sebenarnya melalui pemikiran dari Thomas T.Goldsmith dan Estle Ray Mann, berdasarkan dari perang dunia ke II lalu, membuat game simulator rudal pada sebuah tabung sinar katoda. Game ini merupakan game dengan set analog yang sepenuhnya bisa mengendalikan balok Cathode Ray Tube, yang memposisikan sebuah titik merah pada layar tabung tersebut.

2. Game konsol rumahan pertama kali di tahun 1972

Karena game termasuk sebagai game tersukses di masanya, maka game Pong ini pun akhirnya dibuat dalam bentuk konsol rumah di tahun 1975. Akan tetapi, sebenarnya game konsol rumahan pertama kali itu bukanlah Pong. Akan tetapi, game Magnavox Odyssey merupakang game konsol rumahan yang pertama kali dirilis sejak tahun 1972.

Game Magnavox Odyssey ini dibuat oleh Ralph Baer. Hanya saja, kepopuler dari game ini sendiri mulai tenggelam sejak game Pong tersebut muncul di tahun 1972 dan sudah menjadi game konsol rumahan di tahun 1975.

3. Game konsol dengan handheld pertama di tahun 1979

Apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan game handheld ini? Game handheld ini merupakan sebuah konsol game portable atau bisa dibawa kemana-mana dan hanya seukuran telapak tangan. Kemunculan dari game konsol ini pertama kali terinspirasi dari kesulitan bermain game secara bebas dan di mana saja jika menggunakan konsol rumahan.

Microvision merupakan vendor yang pertama kali memperkenalkan game konsol handheld ini di pasaran. Game tersebut kemudian didistribusikan oleh Milton Bradley, yang mana game konsol tersebut juga dilengkapi dengan beberapa tombol serta sebuah layar. Selain itu, terdapat pula cartridge yang bisa dilepas dan dipasang. Nah, game konsol handhel ini pun semakin berkembang, dan yang sekarang yang paling terbaru kita kenal dengan nama PSP, dengan grafis yang lebih bagus lagi pastinya.

4. Game dengan grafis 3D pertama di tahun 1981

Apakah Anda tahu kapan game 3D pertama kali itu muncul? Ya, game 3D ini pertama kali muncul di tahun 1981, yang mana di tahun tersebut 3D Monster Maze adalah game pelopor yang bisa dimainkan pada mesin game komersial dalam grafis mode 3D.

Game ini dikembangkan oleh Malcolm Evans di tahun 1981, yang bisa dimainkan pada platform konsol Sinclair ZX81. Gameplay dari game tersebut berupa puzzle labirin di mana Anda harus menghindari monster yang ada di dalamnya yang berupa Dinosaurus.

5. Game online pertama kali di tahun 1983

Kalau di tanah air sendiri, internet baru dikenal sejak tahun 90-an. Tapi, pada tahun 1981 SuperSet Software, yang merupakan perusahaan software kecil yang berdiri sejak tahun 1981 di Utah, ternyata sudah mulai memperkenalkan game online pertama kalinya.

Game ini sendiri berbasis teks, snipes, yang bisa dimainkan oleh beberapa user pada komputer masing-masing yang dulunya semuanya masih IBM di tahun 1983 tersebut. Game tersebut pun dirilis sebagai bentuk pengujian terhadap mesin komputer IBM terhadap sistem baru.

6. Efek darah pertama pada game di tahun 1986

Game dengan memberikakn efek kekerasan dan anarkis seperti pemukulan hingga berdarah memang banyak dikecam di beberapa negara. Akan tetapi, tahukah Anda, kapan game dengan efek darah pertama kali itu dimunculkan?

Game dengan menampilkan efek darah pertama kali itu di tahun 1986. Nama game yang pertama kali menampilkan efek darah tersebut adalah Chiller. Game yang dirilis di tahun 1986 ini muncul pada game Arcade, dengan memperlihat tampilan potongan tubuh manusia, serta daging segar yang berlumuran darah.

7. Game konsol VR pertama kali di tahun 1995

Kepopuler perangakt Virtual Reality (VR) memang baru muncul lagi di tahun 2015 lalu, oleh nVidia. Akan tetapi, perangkat game konsol dengan teknologi VR ini ternyata pertama kali sudah muncul pada tahun 1995 loh! Penggunaan game konsol VR ini memang sangat menyenangkan untuk digunakan, karena bisa membuat kita seakan-akan berada di dalam game tersebut.

Nintendo merupakan vendor perangkat game pertama yang sudah membuat VR itu di tahun 1995. Bahkan, VR-nya tersebut sudah dilengkapi dengan joystik, yang dulunya lebih dikenal dengan naman Virtual Boy. Akan tetapi, konsol VR tersebut diberhentikan produksinya di tahun berikutnya.

8. Game pertama dengan penjualan di atas 10 juta copy di tahun 1985

Kalau Anda memang pecinta game sejak dulu, maka Mario Bros pastinya sudah sangat Anda kenal. Game ini merupakan game yang pertama kali di dunia yang mencetak angka penjualan hingga lebih dari 10 juta copy loh!

Jadi, tidak heran kalau game Mario Bros adalah salah satu game yang paling sukses pada sejarah game di Dunia. Bahkan, kalau dihitung-hitung hingga sampai saat ini, game Mario Bros tersebut sudah terjual sampai 100 juta copy.

Nah, itulah 8 hal pertama tentang game yang mungkin belum Anda ketahui sebagai seorang gamer.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY