Smartphone Android yang tiba-tiba lemoat atau lambat loading memang sering terjadi, dan ini tentunya akan membuat Anda menjadi kesal. Semahal dan apapun spesifikasi di dalam hp Android Anda tersebut, pasti suatu saat akan tetap mengalami lemot. Hal ini bisa diakibatkan karena penggunaan aplikasi yang terlalu banyak, sehingga RAM Anda pun sudah tidak mampu menampung semua cache dan proses dari aplikasi tersebut.

Untuk itu, cara di bawah ini mungkin bisa cukup membantu dalam mengatasi masalah hp Android yang lemot tersebut.

1. Bersihkan semua cache yang ada di hp Android Anda

Cache merupakan file-file junk (sampah) yang di perangkat komputer termasuk smartphone Android. Cache ini merupakan kumpulan log file yang memenuhi memori atau RAM pada hp Android Anda, sehingga membuat hp Android Anda menjadi lemot atau lambat loading. Tapi, cache juga bisa membuat hp Android Anda terasa cepat. Pasalnya, aplikasi yang sudah ter-cache ini sudah tersimpan di dalam RAM, sehingga saat Anda membuat aplikasi yang sama, maka akan cepat terbuka. Hanya saja, dampaknya itu berpengaruh terhadap aplikasi yang baru pertama kali dibuka, karena kehabisan RAM.

Untuk bisa menghapus file-file cache tersebut, maka Anda bisa masuk pada menu Settings di hp Android Anda. Setelah itu, silahkan Anda pilih lagi menu “Storage & Memory”. Di dalam menu tersebut, Anda pilih lagi menu yang bernama “Storage & USB Option” dan masuk lagi ke Internal Storage. Setelah Anda berada pada halaman Internal Storage ini silahkan Anda pilih opsi “Cache Data” dan tap pada tombol OK saat Anda notifikasi muncul yang bertuliskan “Clear Cached Data?”. Kini hp Android Anda pun sudah bersih dari cache tersebut.

2. Menghapus cache yang ada pada aplikasi

Kalau Anda sudah menghapus data cache yang ada di hp Android Anda, maka langkah selanjutnya adalah dengan menghapus data cache pada aplikasi yang tertentu lagi. Salah satu aplikasi yang paling banyak menyimpan data cache itu adalah Google Chrome. Untuk bisa menghapus cache pada setiap aplikasi itu cukup mudah.

Anda cukup masuk ke menu “Settings”, kemudian pilih pada menu “Apps”. Setelah Anda berada di dalam menu Apps tersebut silahkan Anda cari nama aplikasi Google Chrome. Lalu Anda tap pada aplikasi tersebut untuk masuk ke dalam opsinya. Saat Anda berada di dalam opsi aplikasi Google Chrome, silahkan Anda tap pada tombol “Clear Cache”.

3. Menggunakan aplikasi cleaner (pembersih cache)

Sebenarnya ada berbagai cara lain untuk bisa membersihkan cache pada hp Android Anda, yang salah satunya itu adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih cache. Aplikasi pembersih cache ini pun cukup banyak yang bisa Anda manfaatkan, seperti Clean Master, Cache Cleaner, Power Clean, dan mungkin saja hp Android Anda sudah dilengkapi dengan aplikasi tersebut. Kalau Saya pribadi lebih memilih menggunakan Clean Master yang memang lebih komplit.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY