Berbagai macam jenis, merek, dan juga spesifikasi yang ditawarkan smartphone terbaru, khususnya untuk platform Android, memang membuat kita tergiur untuk membeli yang baru. Perangkat hp Android terbaru saat ini memang sudah dilengkapi dengan sistem operasi Android yang paling baru, yang membawa fitur, aplikasi, dan tentunya hardware mumpuni untuk memenuhi performa dari smartphone tersebut.

Memilih smartphone atau hp Android terbaru memang akan cukup sulit. Melihat persaingan dari segi spesifikasi dan juga harga yang sangatlah ketat. Banyaknya produsen baru tentunya membuat produsen dengan brand ternama tentunya akan menjadi saingan berat. Maka dari itu, Anda tentunya harus pintar-pintar dalam memilih hp Android yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan Anda nantinya.

Hal yang Pertama Kali Dilakukan Setelah Membeli Hp Android Baru

Saat Anda baru membeli hp Android terbaru, maka Anda tentunya ingin segera menggunakan hp Android tersebut. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan dan konfigurasi terlebih dulu sebelum bisa menggunakan hp Android baru tersebut. Hal ini dilakukan untuk bisa memberikan kemudahan dan juga kenyamanan untuk Anda sebagai penggunanya.

Seperti apa beberapa hal tersebut? Silahkan Anda simak beberapa hal berikut ini:

  1. Penggunaan bahasa

Hal pertama yang perlu untuk dilakukan oleh para pengguna hp Android kebanyakan itu adalah pemilihan bahasa untuk tampilan. Umumnya, default dari bahasa yang akan ditampilkan pada hp Android itu adalah bahasa Inggris. Tapi, kalau memang pada hp Android tersebut mendukung bahasa yang Anda kuasai, seperti bahasa Indonesia, maka pastikan Anda memilih bahasa tersebut untuk mempermudah Anda dalam penggunaannya.

  1. Masukkan kartu SIM

Hal kedua yang perlu untuk Anda lakukan adalah memasukkan kartu SIM (kartu telepon). Tanpa adanya kartu telepon tersebut, maka Anda tentunya tidak bisa menggunakan smartphone untuk melakukan panggilan dan internet dengan paket data. Di samping itu pula, pasti kartu SIM yang Anda gunakan tersebut sudah sesuai dengan ukuran slot yang ada di perangkat Anda. Umumnya, perangkat hp Android terbaru saat ini menggunakan ukuran kartu SIM yang mini. Dan, biasanya kartu SIM tersebut sudah memiliki potongan khusus yang disesuaikan dengan perangkat yang ada saat ini.

  1. Konfigurasi WiFi

Kalau kartu SIM yang Anda miliki tersebut terbilang baru, mungkin Anda belum mengaktifkan paket data, sehingga belum bisa terhubung ke internet. Tapi, kalau di tempat Anda terdapat WiFi (Hotspot), maka Anda bisa memanfaatkan hotspot tersebut untuk bisa terhubung ke internet. Internet memang sangat Anda perlu saat pertama kali memiliki hp Android. Pasalnya, ada banyak sekali fitur yang biasanya memerlukan update dan penginstalan aplikasi yang Anda inginkan

  1. Transfer backup dari smartphone lama

Kalau Anda memiliki smartphone lama, dan ingin memindahkan data-datanya ke hp Android baru, maka ini juga termasuk salah satu hal terpenting untuk dilakukan. Biasanya pada masing-masing smartphone memiliki fitur tersendiri untuk proses pemindahan yang lebih cepat.

File-file backup ini tentunya akan sangat penting untuk Anda, di mana di dalamnya tersimpan file-file foto, video, atau musik yang telah Anda simpan sejak dulu. Jika Anda memang ingin melakukan pemindahan atau transfer file backup tersebut, maka Anda cukup mengakses halaman Settings > Google > Set up nearby device. Atau Anda bisa menggunakan fitur Google Drive untuk mengakses file-file backup Anda tersebut.

  1. Login ke akun Gmail

Karena, Android ini merupakan produk dari Google, maka Anda sebaiknya sudah memiliki akun Gmail. Anda pun bisa membuat akun Gmail langsung pada perangkat hp Android Anda, kalau memng belum memiliki akun Gmail. Setelah itu, silahkan Anda login ke Google Play Store dengan akun Gmail tersebut, untuk mempermudah Anda menyimpan pengaturan ke semua layanan Google, serta mendownload aplikasi yang Anda inginkan.

  1. Buatkan password

Pada perangkat hp Android terbaru saat ini sudah diberikan sistem proteksi atau keamanan yang sangat canggih, meliputi Finger Print dan Facelock. Sehingga, sistem keamanan dengan menggunakan PIN, Pattern, Password dan lainnya pasti sudah tidak terpakai lagi. Pasalnya, penggunaan sistem keamanan dengan PIN, Password, atau pun Pattern ini memang sudah memiliki beberapa cara untuk bisa membobolnya.

Akan tetapi, dengan finger print atau pun facelock memang masih sangat jarang ditemukan kejadian mengenai pembobolan. Jadi, masih terbilang sistem keamanan yang memang masih sangat aman untuk digunakan saat ini.

  1. Pemberitahuan (Notifikasi)

Pada fitur ini, Anda pun bisa dengan mudah melakukan pengaturan untuk notifikasi yang akan tampil pada hp Android Anda saat dalam mode lock. Di sini terdapat 3 opsi untuk pengaturan tersebut, yaitu:

  • Bisa menampilkan semua notifikasi, sehingga nantinya saat ada pesan masuk atau notifikasi dari aplikasi lainnya, maka akan tampil pada layar hp Android Anda walaupun dalam kondisi terlock.
  • Sembunyikan konten pemberitahuan sensitif merupakan fitur untuk menampilkan notifikasi, tapi menyembunyikan isi dari notifikasi tersebut, seperti isi pesan masuk.
  • Jangan tampilkan pemberitahuan sama sekali, adalah fitur yang tidak akan menampilkan notifikasi apa pun di layar hp Android Anda.

  1. Masukkan microSD Anda (jika ada)

Kalau Anda memiliki kartu memori MicroSD, dan pada hp Android Anda pun memang terdapat slot tersebut, maka Anda bisa menggunakannya. Perangkat memori penyimpanan ini tentunya akan sangat membantu dalam menyimpan data-data penting Anda. Proses backup pun akan jauh lebih mudah, karena memori MicroSD ini bisa dengan mudah untuk Anda lepas dan pasang. Berbeda dengan memori internal yang tentunya proses backup datanya harus melalui komputer atau pun aplikasi cloud. Walaupun, pada hp Android baru Anda itu memiliki ruang penyimpanan yang cukup lowong, tapi kalau Anda memiliki memori MicroSD sendiri, maka sebaiknya Anda gunakan memori MicroSD itu untuk menyimpan data-data penting Anda.

  1. Download aplikasi dari Google Play Store

Untuk yang ini sebenarnya bisa dikatakan opsional, tapi ada juga beberapa yang memang menganggap hal ini penting untuk dilakukan pertama kali saat memiliki hp Android baru. Di mana mungkin ada beberapa yang harus Anda install terlebih dulu untuk mempermudah pengguanaan hp Android Anda dan juga pekerjaan Anda. Untuk Anda yang sosial media addict, tentunya juga perlu mendownload sosial media yang mereka gunakan untuk promosi.

Pasalnya, hp Android baru itu hanya akan dibekali beberapa aplikasi-aplikasi dasar atau bawaan (bloatware) dari pabrikannya. Akan tetapi, pastikan Anda sudah memiliki akun Google Play Store yang terhubung ke hp Android Anda ya!

  1. Kostumisasi tampilan

Salah satu hal yang paling banyak juga dilakukan pertama kali saat memiliki hp Android baru adalah kostumisasi, atau memilih tampilan yang cocok. Cara ini sendiri memang banyak sekali dilakukan oleh para remaja untuk membuat hp Android mereka terlihat berbeda dengan hp Android teman-temannya yang lain. Untungnya, hp Android memang sudah menyediakan fitur untuk melakukan kostumisasi tampilan layar tersebut, mulai dari tema, background (wallpaper), hingga pada lockscreen.

Kalau pada pilihan tema bawaan tidak ada yang sesuai keinginan Anda, maka Anda bisa juga mendowload tema lain yang Anda inginkan, atau menggunakan aplikasi Launcher, yang bisa Anda dapatkan dari Google Play Store.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa hal yang pertama kali perlu Anda lakukan saat memiliki hp Android baru. Kalau Anda memiliki informasi lainnya atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY