Kalau Anda termasuk pengguna yang suka melakukan oprek atau modifikasi pada smartphone, khususnya Android, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah root. Smartphone yang mengalami error pada OS, atau pun sudah kehilang garansi, maka itu menjadi sasaran terbaik untuk belajar melakukan root.

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa hp Android harus diroot? Untuk jawaban dari pertanyaan Anda tersebut, silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul “kelebihan dan kekurangan root pada hp Android“.

Cara root hp Android dengan TWRP

Proses atau cara root hp Android itu memang ada banyak sekali. Ada yang bisa root langsung di hp Android, tapi ada juga yang root melalui PC atau komputer. Namun, pada artikel kali ini, Saya akan memberikan Anda informsai mengenai cara melakukan root hp Android yang aman dengan menggunakan TWRP Recovery. TWRP merupakan aplikasi yang bisa mempermudah Anda untuk melakukan root yang juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, seperti backup file dan lainnya.

Tidak hanya itu saja, TWRP juga menyediakan opsi untuk melakukan flash ROMs, kernel dan juga aplikasi lainnya, di mana jika terjadi masalah saat proses tersebut, maka Anda tetap bisa melakukan recovery melalui sistem backup yang dimiliki oleh TWRP ini. Setelah aplikasi TWRP ini selesai melakukan flashing, maka akan langsung menginstall SuperSU, yang merupakan aplikasi untuk memberikan Anda hak akses ke root.

Untuk Anda yang memang ingin mencoba melakukan root dengan menggunakan aplikasi TWRP ini, maka silahkan Anda ikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Backup data Anda

Proses root pada hp Android itu umumnya tidak akan menghapus semua data yang ada di dalam hp Android Anda. Tapi, kalau ternyata Anda memang ingin membuka bootloader atau menginstall custom ROM, maka semua data (memori internal) yang ada di hp Android Anda akan dihapus. Maka dari itu, Anda sebaiknya melakukan backup data terlebih dulu sebelum melakukan root atau pun custom ROM.

Untuk bisa melakukan backup data, maka Anda bisa memanfaatkan Google Backup yang merupakan bawaan dari hp Android. Silahkan Anda masuk ke menu Settings > Backup and reset untuk membackup data ke akun Google Anda. Opsi backup pun cukup lengkap, mulai dari setingan smartphone, password dan juga beberapa aplikasi lainnya.

Di bawah ini, ada beberapa tips untuk melakukan backup data di hp Android Anda:

  • Memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang bernama Helium Backup.
  • Google Drive yang merupakan bawaan dari Android Marshmallow.

2. Meng-unlock hp Android Anda

Sebelum melakukan proses TWRP, ada beberapa hal yang perlu untuk Anda lakukan terlebih dulu, yaitu sebagai berikut:

  • Unlock Developer options: Silahkan Anda membuka menu Settings > About phone > More. Selanjutnya, tap pada ‘Build Number’ beberapa kali, hingga halaman Developer options terlihat pada halamana Settings.
  • Mengaktifkan USB Debugging: Silahkan Anda masuk ke dalam menu Settings > Developer options, selanjutnya beri tanda centang pada opsi ‘USB debugging’.
  • Mengaktifkan OEM unlocking: Fitur ini pun terdapat di dalam menu Developer options, dengan memberikan tanda centang pada opsi ‘Enable OEM unlocking’.

3. Install ADB dan Fastboot di komputer (PC/Laptop)

  • Untuk langkah selanjutnya, Anda perlu menginstall Fastboot dan juga ADB di komputer Anda, yang mana itu bisa Anda manfaatkan untuk mengontrol smartphone Anda dari komputer melalui fitur Command Prompt atau pun terminal, serta bisa membuka aplikasi-aplikasi.
  • Untuk melakukan cara ini, maka Anda sebaiknya mendownload tools-nya langsung dari halaman Official SDK Platform Android. Setelah SDK Platform-Tools tersebut telah selesai Anda download, maka silahkan Anda ekstrak filenya ke dalam folder yang mudah untuk Anda temukan, seperti ‘C:\adb’.
  • Selanjutnya, silahkan Anda sambungkan hp Android Anda ke komputer via USB, dan pastikan Anda memilih opsi ‘Transfer Files’ atau ‘Transfer Media’ pada hp Android Anda.

4. Reboot to Bootloader

  • Pada langkah selanjutnya, silahkan Anda menuju ke halaman website twrp.me/Devices/, lalu pilih tipe hp Android yang Anda miliki di halaman tersebut. Kemudian, Anda tinggal mendownload filem TWRP img tersebut ke komputer Anda.
  • Setelah itu, silahkan Anda buka halaman Command Prompt (CMD) sebagai Administrator. Di halaman CMD tersebut, silahkan Anda masuk ke dalam folder adb yang telah Anda ekstrak tadi. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah cd\, lalu masukkan alamat folder. Misalnya, folder adb tersebut ada di drive c, maka ketikkan perintah cd\adb.
  • Setelah Anda berada di dalam folder adb tersebut, ketikkan lagi perintah berikut:

adb reboot bootloader

  • Perintah ini akan langsung membuat hp Android Anda restart untuk masuk ke dalam bootloader.

Perhatikan pula pada halaman bootloader tersebut, jika terdapat tulisan ‘UNLOCKED’, maka Anda bisa langsung lanjut melakukan flashing TWRP tersebut. Tapi, kalau ternyata masih terkunci (locked), maka Anda harus mengikuti lagi petunjuk membuka OEM smartphone sesuai dengan tipe dari smartphone Anda. Cara umum untuk unlocked ini sudah Saya jelaskan pada poin kedua di atas ya!

5. Install TWRP Recovery

  • Pada poin ini, kita asumsikan saja bootloader pada hp Android Anda sudah unlocked, dan sudah masuk ke dalam mode recovery ya! Di dalam mode tersebut, silahkan Anda tap tombol volume, lalu scroll hingga menemukan Fastboot atau Download Mode. Selanjutnya tap pada power button untuk memilih opsi tersebut.
  • Saat Anda sudah berada dalam mode Fastboot/Download, maka silahkan Anda ketikkan perintah berikut di Command Prompt komputer Anda:

fastboot flash recovery twrp-version.img

  • Silahkan ganti perintah ‘twrp-version’, sesuai dengan nama file .img yang sudah Anda download tadi.
  • Tap tombol Enter pada hp Android Anda untuk memulai menginstall TWRP tersebut.
  • Untuk membuka TWRP, silahkan Anda pilih opsi ‘Reboot to Recovery’ pada Bootloader mode.

Dan, untuk selanjutnya, jika Anda ingin mengakses halaman TWRP dan bootloader, di hp Android Anda, maka silahkan Anda tap pada tombol volume bawah dan power secara bersamaan sampai halaman Bootlaoder muncul. Hanya saja, pada masing-masing smartphone biasanya akan memiliki perbedaan tombol.

6. Install SuperSU via TWRP

  • Saat halaman TWRP tersebut pertama kali Anda buka, maka di sini Anda akan melihat notifikasi pertanyaan ‘Keep System Read Only’. Silahkan Anda pilih opsi ‘no’, karena itu akan membatalkan proses install custom ROM dan lebih memanfaatkan fitur dari TWRP.
  • Pastikan pula memberikan tanda centang pada opsi ‘never show you this screen again’, lalu swipe ke arah bawah layar Anda.

  • Pada PC Anda, silahkan Anda download versi terbaru dari SuperSU kemudian simpan ke dalam smartphone Anda melalui transfer mode.
  • Kembali ke menu TWRP, silahkan Anda tap tombol “Install”, lalu arahkan ke SuperSU zip file yang telah Anda download tadi, kemudian tap dan pilih ‘Swipe to confirm Flash’.

  • Proses root hp Android Anda pun akan berjalan.
  • Setelah proses selesai, maka silahkan Anda tap pada ‘Wipe cache/dalvik’, lalu pilih pada opsi Reboot System.

Selesai, kini hp Android Anda sudah berhasil di root.

Nah, itulah langkah-langkah untuk melakukan root hp Android di komputer dengan menggunakan TWRP Recovery. Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY