Tidak sedikit dari pengguna smartphone memang lebih memilih hp Android ilegal (black market). Pasalnya, hp Android black market seperti ini memang memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan hp Android resmi. Dengan spesifikasi, brand, merek, serta jeroan yang sama, Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah loh!

Namun, hp Android black market seperti ini biasanya tidak akan mendapatkan garansi loh! Jadi, kalau ada kerusakan Anda tidak bisa melakukan klaim kemana pun. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengecek hp Android yang black market atau resmi berikut ini.

Cara mengetahui hp Android yang black market atau resmi

  • Untuk langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan menginstall aplikasi yang bernama SIRANI. Jika aplikasi tersebut sudah terinstall pada hp Android Anda, maka silahkan Anda langsung membuka aplikasinya. Di halaman awal aplikasi tersebut, Anda akan melihat empat menu yang telah tersedia, mulai dari Daftar Sertifikat, Tarif Sertifikasi, Informasi Sertifikasi, dan juga Balau Uji. Untuk tahap pertama, silahkan Anda pilih pada opsi Daftar Sertifikat.

  • Pada menu ini, Anda pun akan diberikan daftar sertifikat resmi dari masing-masing smartphone yang masih berlaku sampai saat ini. Untuk mencari hp Android Anda sendiri, silahkan Anda tap pada ikon cari (Search).

  • Yang perlu untuk Anda masukkan ke dalam kolom pencarian tersebut adalah nomor postel yang ada di bagian belakang box dari hp Android Anda tersebut. Jadi, pastikan box hp Android Anda masih ada dan dalam kondisi masih utuh ya!

  • Kemudian, silahkan Anda kembali lagi ke aplikasi SIRANI tersebut, lalu masukkan nomor postel yang sudah Anda dapatkan pada box hp Android Anda. Di bagian bawahnya itu terdapat opsi drop down sebagai filter untuk parameter pencarian yang ingin Anda lakukan. Silahkan Anda atur opsinya tersebut sesuai dengan gambar yang telah kami berikan di bawah ini.

  • Jika Anda sudah mengatur semua opsi tersebut sesuai dengan petunjuk yang kami berikan, maka Anda pun pasti akan mengetahui apakah hp Android Anda tersebut adalah resmi atau ternyata black market. Untuk mengetahui apakah itu resmi atau black market, maka hasil pencariannya itu akan memunculkan sertifikat yang sesuai dengan status berlaku untuk yang resmi. Tapi, kalau ternyata itu adalah hp Android black market, maka sertifikat yang Anda masukkan itu tidak akan ditemukan, kalau pun ditemukan dan berstatus tidak berlaku, maka itu adalah black market.

Penutup

Sangat mudah kan, cara mengetahui apakah hp Android Anda tersebut adalah resmi atau black market (ilegal). Dengan cara ini, maka Anda tidak bisa lagi tertipu dengan penjual hp Android bodong dengan harga yang murah.

Selamat mencoba!

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY