tips memasak sayuran oleh Cara SegiEmpatAgar tetap sehat, Anda harus memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sayuran adalah makanan disarankan untuk menjaga kesehatan adalah sayuran. Namun Anda harus memperhatikan ketika memasak sayuran. Karena jika Anda salah dalam proses memasak, maka zat penting yang terdapat di dalam sayuran akan menguap dan hilang begitu saja. Padahal selain rasanya yang lezat dan nikmat, hal penting yang harus dimiliki oleh sayuran adalah kandungan gizi dan mineralnya.

Agar zat gizi dan mineral yang terdapat di dalam sayuran tidak terbuang sia-sia sehingga Anda bisa menikmati sayuran dengan nikmat tanpa harus kehilangan kandungan bermanfaatnya, berikut ini adalah tips memasak sayuran yang sebaiknya Anda perhatikan:

  • Jika Anda tidak ingin memasak sayuran pada saat itu juga, sebaiknya Anda tidak mencucinya. Jika sayuran tersebut basah, keringkan dan tiriskan karena sayuran yang basah akan membuat sayuran lebih cepat busuk.
  • Saat Dicuci

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan jika ingin mencuci sayuran

  • Cara pertama adalah dengan menggunakan air hangat. Terlebih dahulu, isilah baskom atau tempat pencucian sayuran dengan air hangat. Setelah itu, cucilah sayuran pada air hangat. Tanah yang menempel pada sayuran akan lebih terlepas jika Anda menggunakan air hangat.
  • Cara kedua adalah dengan menggunakan air mengalir. Cara ini akan membantu untuk mencegah agar sayuran tidak mudah layu.

Setelah dicuci siapkan sebuah saringan yang telah dialasi dengan serbet bersih. Setelah itu, tiriskan sayuran yang telah dicuci diatas saringan tersebut.

  • Cara Memasak

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memasak sayuran:

  • Agar keasaman sayur tidak bereaksi dengan logam, sebaiknya Anda memasaknya dengan menggunakan panci stainless steel;
  • Jika Anda tidak mengetahui dengan tepat waktu yang dibutuhkan untuk memasak salah satu jenis sayuran, sebaiknya Anda tidak memasaknya dengan menggunakan panci presto;
  • Jika Anda ingin membuat sayuran matang dalam waktu yang singkat namun tetap mempertahankan gizinya, sebaiknya Anda mengukusnya;
  • Jika Anda ingin merebus sayuran yang akan dimasak, sebaiknya terlebih dahulu Anda mendidihkan air selama kurang lebih 2 menit. Barulah setelah itu Anda memasukkan sayuran ke dalam air. Jangka waktu ini membuat kadar oksigen di dalam berkurang sehingga sayuran tidak cepat basi dan kadar nutrisinya tetap terjaga.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY