menyimpan saus kecap selai oleh Cara SegiEmpatAgar rasa makanan menjadi lebih lezat, maka Anda harus menyiapkan berbagai bahan seperti saus tomat, saus sambal dan selain. Namun Anda harus menyimpan saus, kecap dan selain dengan baik karena jika tidak maka bahan pelengkap makanan tersebut akanmengalami berbagai masalah seperti dimakan semut serta mengalami perubahan seperti perubahan warna dan bau.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut ini adalah tips menyimpan saus, kecap dan selai:

  • Menyimpan Saus

Jika Anda belum membuka segel saus, Anda masih bisa menaruhnya pada meja makan atau lemari karena bahan makanan ini masih bisa terhindar dari berbagai gangguan. Namun jika Anda membuka segel dan menggunakannya, sebaiknya Anda segera menaruhnya di kulkas. Jika disimpan dengan baik, maka saus akan bertahan selama delapan minggu.

Pabrik makanan sekarang ini juga sudah mulai kandungan garam dan bahan pengawet untuk menjag kesehatan konsumen sehingga waktu bertahan lama untuk kedua bahan tersebut sudah berkurang. Jadi untuk mencegah perkembangan bakteri, sebaiknya Anda menaruhnya di lemari es.

  • Menyimpan Kecap

Pada umumnya kecap mengandung potassium sorbate sebagai pengawetnya sehingga bisa mencegah pertumbuhan jamur. Selain itu, kecap juga mengandung asam lactic yang bisa menghentikan pertumbuhan bakteri. Anda bisa menaruh kecap di suhu ruang atau di lemari es. Adapun masa penyimpanan kecap yang telah dibuka segelnya adalah selama tiga bulan. Lewat dari masa itu, maka kecap yang ditaruh di kulkaspun akan menyebabkan sakit perut.

  • Menyimpan Selai

Jika Anda telah membuka segel selai dan telah menggunakannya, Anda bisa menyimpannya di luar lemari es yang memiliki suhu 25 derajat Celcius. Namun akan lebih baik jika Anda menaruhnya di dalam kulkas untuk mencegah perkembangbiakan bakteri. Tapi yang menjadi masalah adalah, seringkali Anda tidak bisa mencegah perkembangbiakan jamur yang terdapat pada selai kacang. Adapun masa penyimpanan selai di dalam kulkas adalah 3 hingga 6 bulan. Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah pastikan kalau Anda menggunakan pisau oles yang bersih saat akan mengoleskan selai pada roti Anda. Hal ini untuk mencegah berpindahnya bakteri dari pisau ke selai sehingga bisa membuat selai lebih cepat basi dan berjamur serta bisa menyebabkan masalah kesehatan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY