mengelola sampah rumah tangga oleh Cara SegiEmpatSampah rumah tangga adalah sampah yang dihasilkan dari proses yang terjadi di dalam suatu rumah tangga. Salah satu bentuk sampah yang paling sering ditemukan adalah limbah padat. Seringkali sampah ini bertumpuk sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap atau lalat yang beterbangan di sekitarnya. Hal ini pasti akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda harus mengelola sampah rumah tangga ini agar tidak mengganggu Anda.

Berikut ini adalah cara mengelola sampah rumah tangga:

  • Mengelompokkan

Cara pertama adalah dengan mengelompokkan sampah tersebut berdasarkan jenis, ukuran dan berat. Dengan begini, Anda bisa lebih mudah untuk memilih sampah yang masih bisa digunakan atau yang sudah harus dibuang.

  • Mendaur Ulang

Ada beberapa sampah yang bisa didaur ulang seperti kertas dan plastik. Anda bisa membuat bahan tersebut menjadi produk yang bernilai ekonomis.

  • Mengurangi Ukurannya

Agar tidak terlalu memakan banyak tempat, sebaiknya Anda mengurangi atau mengecilkan ukuran dari limbah padat. Misalnya melipat kardus menjadi lebih kecil dan memotong kertas atau plastik hingga lebih kecil.

  • Menjual

Ada beberapa jenis sampah yang bisa dijual seperti kertas, kardus, botol atau plastik. Jadi tidak ada salahnya jika Anda menjual sampah tersebut pada tukang loak. Dengan begitu, masalah sampah teratasi dan Andapun mendapatkan tambahan uang.

  • Membakar

Ada beberapa jenis sampah yang tidak bisa didaur ulang atau dijual. Jenis sampah seperti ini sebaiknya dibakar agar jumlahnya berkurang.

  • Dibuat Jadi Kompos

Jika di rumah Anda terdapat sampah organik yang bisa dibuat menjadi kompos, tidak ada salahnya melakukan hal ini. Anda bisa membuat lubang dan memasukkan sampah disana. Agar proses pengomposan lebih cepat, masukkan juga cacing di dalamnya. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 3 bulan. Setelah itu, Andapun bisa menggunakan kompos untuk tanaman.

  • Membuang

Jika sampah di rumah Anda tidak bisa dibakar, didaur ulang atau dibuat menjadi kompos, maka hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membuangnya. Ingatlah bahwa Anda harus membuangnya di tempat sampah atau di tempat yang telah disediakan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY