mencairkan daging yang beku oleh Cara SegiEmpatSalah satu cara untuk mengawetkan daging yang belum diolah adalah dengan memasukkannya ke dalam wadah plastik tertutup lalu menyimpannya di dalam freezer. Cara ini akan akan membuat daging tetap segar meskipun disimpan selma berbulan-bulan.

Ketika sudah akan diolah, daging ini pastilah akan dilunakkan terlebih dahulu agar pengolahannya lebih mudah. Untuk mencairkan daging yang beku dengan cara yang biasa, tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga Anda memang harus menyediakan waktu yang lebih lama.

Tapi ternyata ada cara yang lebih praktis yang bisa Anda lakukan agar daging bisa mencair dengan cepat. Berikut ini adalah tips mencairkan daging yang beku:

  • Terlebih dahulu siapkan dua buah panci yang terbuat dari aluminium.
  • Salah satu panci kemudian dibalik dengan posisi mulut panci di bawah dan alasnya di atas;
  • Keluarkan daging beku yang masih dibungkus plastik lalu letakkan di atas panci yang terbalik;
  • Setelah itu, isilah panci yang satunya dengan menggunakan air kran atau air panas hingga hampir penuh;
  • Lalu taruhlah panci yang berisi air di atas burger dan panci yang terbalik. Jadi akan terlihat seperti burger panci;
  • Biarkan panci berada pada diatas daging selama 5 hingga 10 menit (hal ini tergantung pada ketebalan daging yang dibekukan; dan
  • Dengan begini daging akan mencair secara perlahan namun lebih cepat daripada proses yang biasa.

Adapun beberapa hal yang membuat daging lebih cepat mencair dengan cara ini adalah panci terbuat dari stainless steel atau aluminium, yang merupakan golongan metal yang memiliki sifat kondoktur yaitu bisa menghantarkan panas lebih cepat. Hal inilah yang membuat daging yang membeku dan es yang terdapat di dalamnya lebih cepat meleleh.

Selain itu air yang berada di panci bagian atas juga akan memberikan beban pada panci yang berada di bagian bawah, yang menjadi tempat diletakkannya daging. Hal ini membuat permukaan tekanan pada daging menjadi lebih luas. Dengan semakin meluasnya permukaan tekanan, maka permukaan yang menerima panas juga akan menjadi lebih luas. Hal inilah yang kemudian membuat daging beku lebih cepat meleleh dan mencair.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY