Foto Tips Menangani Buah Hati yang Saling Bertengkar Oleh Tips Dan Cara SegiEmpatSalah satu hal yang kerap terjadi saat kita memiliki lebih dari satu buah hati adalah besarnya resiko terlibatnya mereka dalam pertengkaran. Bisa saja mereka mempermasalahkan hal yang sepele namun bisa juga mereka mempermasalahkan berbagai hal yang sangat rumit dan menguras emosi. Saat hal tersebut terjadi, kita yang saat itu berusaha ingin bersikap netral justru dinilai telah memihak salah satu diantaranya. Tentunya kondisi tersebut membuat kita serba salah dan cukup kewalahan menghadapinya. Nah lalu kira-kira, adakah cara efektif untuk menanganinya? Yuk coba intip tips menangani buah hati yang bertengkar yang sangat mudah berikut ini.

1. Jangan Selalu Ikut Campur

Salah satu tips menangani buah hati yang saling bertengkar adalah dengan membiasakan diri untuk tak terlibat langsung ataupun ikut campur dengan masalah yang tengah mereka hadapi. Namun, saat pertengkaran antara buah hati tersebut tak lantas berhenti, maka cobalah untuk turun tangan mendinginkan suasana atau menjadi penengah dari masalah yang tengah mereka hadapi. Sebab dengan membiasakan diri untuk tidak selalu ikut campur dengan masalah mereka, maka Anda telah mengajari mereka bagaimana caranya menghadapi masalah dengan lebih dewasa.

2. Cobalah Untuk Memberikan Nasihat Pada Anak Tertua

Salah satu tips lain untuk menangani buah hati yang saling bertengkar adalah dengan berusaha menasehati anak paling tua. Sebab, mereka terkadang lebih bisa menerima nasihat dengan lebih dewasa daripada adiknya. Anak yang lebih kecil terkadang juga memiliki emosi yang masih labil sehingga membuat emosinya justru meluap-luap saat menerima nasihat dari orangtuanya.

3. Kumpulkan Mereka Setelah Bertengkar

Selain itu, Anda juga dapat melakukan tips menangani buah hati yang saling bertengkar lainnya dengan cara mengumpulkan buah hati yang saling bertengkar setelah pertengkaran sudah selesai atau saat kondisi dan situasi sudah dingin. Sebab jika Anda mengumpulkan mereka dan menasehati mereka saat mereka tengah emosi, maka hal itu justru dapat menyulut tingkat emosi yang lebih tinggi. Alih-alih meredakan, apa yang Anda sampaikan tersebut bisa saja ditelan mentah-mentah oleh mereka. Sebaliknya, saat Anda mengumpulkan dan menasihati mereka setelah pertengkaran tersebut selesai, maka nasihat yang Anda berikan bisa lebih didengar oleh buah hati.

4. Berikan Peraturan yang Tegas

Satu lagi tips yang dapat Anda lakukan untuk menangani buah hati yang saling bertengkar, yakni dengan mengatakan pada mereka bahwa Anda akan membuat peraturan yang lebih tegas saat mereka bertengkar lagi. Dengan memberikan peraturan yang lebih tegas, maka Anda dapat membantu mencegah terjadinya pertengkaran antara buah hati di kemudian hari. Namun ingat, jangan sampai peraturan yang tegas tersebut berisikan penegasan bahwa Anda akan melakukan kontak fisik yang kasar pada mereka. Sebab hal tersebut justru dapat meninggalkan trauma pada diri mereka yang akan mereka bawa hingga dewasa.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY