memelihara kelinci oleh Cara SegiEmpatBagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, Anda pasti tidak akan merasa kesepian. Hewan yang akan menyambut Anda saat baru pulang dari sekolah atau kerja pasti akan memberikan kepuasan tersendiri. Salah satu hewan lucu yang bisa Anda pelihara adalah kelinci. Namun memelihara kelinci tidak hanya sekedar memberinya makanan. Ada beberapa hal lain yang juga harus Anda perhatikan.

Berikut ini adalah beberapa tips memelihara kelinci:

  • Membeli Kelinci

Jika Anda ingin membeli kelinci, sebaiknya Anda membeli langsung dari peternakannya. Usia kelinci yang baik untuk dibeli adalah kelinci yang telah berusia 2 bulan atau yang sudah tidak menyusu pada Ibunya karena pada usia tersebut, kelinci sudah memiliki daya tahan yang baik. Jika ragu, Anda bisa membeli kelinci yang berusia 4 bulan karena pada usia tersebut, daya tahan tubuh kelinci sudah lebih baik.

  • Pembuatan dan Posisi Kandang

Agar kelinci lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungannya yang baru, sebaiknya Anda membuat kandangnya dari ruas bambu. Sebaiknya Anda membuat bagian alas kelinci berlubang agar kotorannya lebih mudah jatuh dan tidak terinjak. Selain itu, pastikan kalau kandangnya tidak terkena sinar matahari langsung. Kandang kelinci juga harus jauh dari keramaian dan kebisingan karena binatang ini mudah stres. Kandang kelinci juga sebaiknya dipisahkan dari hewan peliharaan lain seperti anjing, ayam atau kucing.

  • Menjaga Kebersihan Kandang

Kelinci adalah hewan yang basah. Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga kebersihan kandangnya agar tidak berbau kotoran. Lakukan ini satu kali dalam sehari agar kelinci tetap nyaman di dalam kandangnya.

  • Perawatan yang Dilakukan pada Kelinci

Selain pada kandangnya, Anda tentu juga harus merawat kelinci. Berikan jadwal makanan pada kelinci secara teratur, misalnya pagi, siang atau sore. Adapun pemilihan makanan yang tepat untuk kelinci adalah makanan yang telah dibuat layu. Agar kelinci tidak mencret, jangan pernah memberikan rumput atau sayuran segar.

Anda juga harus memperhatikan kuku dan bulunya. Sebaiknya Anda memangkas bulu kelinci setiap 4 bulan agar pertumbuhan bulunya yang baru bisa optimal. Selain itu, Anda juga harus segera memotong kukunya yang panjang. Untuk mengetahui kondisi kesehatannya, sebaiknya Anda memeriksakan kesehatannya pada dokter hewan secara berkala.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY