cara mengetahui telur yang baik oleh Cara SegiEmpatTelur adalah salah satu bahan makanan yang memiliki harga murah dan mudah diolah. Namun terkadang kita lupa kapan kita membeli telur. Padahal masa penyimpanan telur di kulkas maksimal empat minggu. Oleh karena itu, cara mengetahui telur yang baik adalah salah satu tips yang Anda perlukan untuk mengetahui kelayakan sebutir telur untuk diskonsumsi. Karena semakin lama telur disimpan dalam kulkas, maka kualitasnya juga akan menurun.

Jika kualitas telur sudah menurun, berarti nutrisi yang terkandung dalam telur juga itu akan semakin berkurang. Selain itu, telur yang lama disimpan juga kemungkinan besar sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Berikut ini adalah beberapa cara mengetahui telur yang baik:

  • Mengguncangnya

Secara perlahan, guncangkanlah telur tersebut dan dengarkan bunyi yang keluar. Jika Anda mendengarkan bunyi gemerutuk dalam telur tersebut, berarti telur itu sudah tidak begitu segar. Karena jika telur masih segar, maka bagian kuning dan putihnya akan melekat pada dindingnya jadi tidak akan bunyi saat diguncang.

  • Mencelupkannya

Cara lain untuk mengetahui kelayakan telur adalah dengan mencelupkannya ke dalam wadah yang di dalamnya berisi air. Jika telur tersebut tenggelam, berarti telurnya masih segar. Namun jika telur tersebut mengapung, sebaiknya Anda mengurungkan untuk mengkonsumsinya.

  • Memecahkannya

Cobalah untuk memecahkan telur dan menaruhnya di wajah. Jika telur masih segar, maka bagian putih telur akan melekat pada kuningnya. Namun jika putihnya tidak lagi melekat alias menyebar dari kuningnya, berarti telur itu sudah tidak lagi segar.

  • Melihat Warna Kuning Telur

Tanda lain bahwa sebutir telur masih segar adalah jika kuning telur berwarna kuning segar. Namun jika warna kuning telur sudah memucat, berarti telur itu sudah tidak segar. Namun cara ini tidak selalu akurat karena makanan yang dikonsumsi oleh ayam juga akan mempengaruhi kecerahan warna kuning telur.

  • Ruang Udara yang Ada

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan adalah ruang udara yang terdapat di telur tersebut. Jika telur tersebut masih segar, maka dia akan memiliki ruang udara di sebelah kanan dalam yang lebih kecil. Selain itu telur yang masih segar juga memiliki kuning telur yang bersih, tidak cacat, tidak terdapat bercak darah, bercak daging atau pembuluh darah. Tanda lain adalah putih telurnya berwarna putih segar, tebal dan terikat dengan chalaza, yaitu sebuah pintalan yang berwarna putih.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY