agar timbangan awet oleh Cara SegiEmpatBagi Anda yang sering memasak dan membuat kue, keberadaan timbangan sangat penting. Alat ukur ini memiliki fungsi agar berat dari bahan makanan yang Anda olah sesuai dengan kebutuhan sehingga Anda mendapatkan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu Anda harus menjaga agar timbangan awet sehingga Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Ada dua jenis timbangan yang sering digunakan di tempat umu, ada timbangan analog dan juga digital. Timbangan analog yang menggunakan jarum biasanya membutuhkan perawatan yang lebih mudah daripada timbangan digital. Sedangkan timbangan digital lebih akurat daripada timbangan analog. Namun yang pasti adalah Anda harus merawatnya agar bisa tetap digunakan dengan baik.

Berikut ini adalah tips agar timbangan awet:

  • Simpan di Tempat yang Aman

Jika Anda selalu menggunakan timbangan dalam proses memasak, sebaiknya Anda menjauhkannya dari jangkauan anak-anak. Usahakan agar Anda menaruhnya di tempat yang tinggi dan aman serta tidak bisa dijangkau oleh anak-anak.

  • Kalibrasi

Agar hasilnya bisa akurat, sebaiknya Anda menyesuaikan timbangan ketika piringnya telah berada pada timbangan. Jadi Anda baru bisa menset pada angka nol saat piringnya sudah diletakkan.

  • Penyimpanan Piring

Jika timbangan Anda menggunakan piring sebaiknya Anda melepasnya saat akan menyimpannya. Hal in untuk mencegah agar timbangan tidak terlalu sering menerima beban.

  • Jika Ingin Digunakan Secara Bergantian

Jika Anda ingin menggunakan timbangan untuk beberapa buah bahan makan, sebaiknya melapisi piring timbangan dengan kertas minyak atau plastik. Hal ini untuk mencegah penularan bakteri pada tiap bahan makanan.

  • Ketika Dicuci

Pada saat Anda akan mencuci timbangan, sebaiknya Anda tidak mencuci seluruh bagian timbangan. Anda hanya perlu mencuci bagian piringnya. Sedangkan jika Anda menemukan noda atau kotoran pada badan utama timbangan, Anda hanya menggunakan lap dengan kain bersih untuk membersihkannya.

  • Perawatan untuk Timbangan Analog

Jika Anda menggunakan timbangan analog atau timbangan yang menggunakan jarum ukur, sebaiknya Anda tidak terlalu sering memutar tombol skala. Hal itu akan membuat timbangan menjadi tidak akurat. Jika Anda akan menggunakan wadah lain, sebaiknya Anda menggunakan metode kurang atau tambah.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY