agar sambal bertahan lama oleh Cara SegiEmpatSalah satu ciri khas kuliner Indonesia adalah sambal. Sambal membuat rasa makanan menjadi lebih lezat dan nikmat sehingga seringkali banyak orang yang merasa bahwa menu makanannya tidak lengkap kalau tidak ada sambal. Sayangnya seringkali sambal tidak bisa bertahan lama dan cepat basi. Agar sambal bertahan lama, Anda harus memasaknya dengan cara yang tepat.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai macam sambal mulai dari sambal terasi, sambal mentah, sambal mentah, sambal tomat, sambal beraroma bawang dan sebagainya. Sambal bisa dimakan langsung bersama nasi, bersama lauk atau bisa juga dimakan bersama lalapan.

Berikut ini adalah tips agar sambal bertahan lama:

  • Memasaknya Hingga Betul-Betul Matang

Salah satu cara untuk membuat sambal yang tahan lama adalah dengan menumis cabai hingga matang. Indikasi bahwa cabai tersebut sudah matang adalah ketika cabai tersebut mengeluarkan minyak. Dengan membuat cabai menjadi lebih matang, maka sambal akan bertahan lebih lama daripada ketika Anda tidak memasak cabainya dengan matang.

Jadi ketika Anda telah selesai mengulek cabai, tumislah cabai tersebut dengan menggunakan sedikit minyak. Ketika jumlah minyak bertambah, berarti tumisan Anda sudah matang. Selain itu, aroma cabai juga akan menjadi lebih harum dan tidak berbau cabai mentah. Warna cabai juga akan berubah menjadi lebih tua.

Ketika memasak sambal, usahakan agar apinya sedang agar sambal tidak gosong. Anda mungkin membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 12 menit untuk memasak sambal, hal ini tergantung dari banyaknya sambal. Jika Anda ingin membuat sambal balado, pastikan kalau sambalnya sudah benar-benar matang sebelum Anda memasukkan bahan lain seperti terong, telur dan ikan asin.

  • Menggunakan Sendok Khusus

Jika sambal sudah matang, usahakan untuk menggunakan sendok yang memang diperuntukkan untuk sambal. Jangan menggunakan satu sendok untuk berbagai jenis bahan makanan, termasuk sambal. Karena ketika Anda menggunakan sendok yang telah digunakan dalam salah satu jenis makanan dan kemudian kembali menggunakannya untuk sambal, maka sambal tersebut akan cepat basi. Hal ini karena bakteri yang berasal dari sendok tersebut akan berpindah pada sambal.

  • Menaruh dalam Kulkas

Jika sudah tidak digunakan, sebaiknya Anda menaruh sambal di dalam kulkas. Hal ini untuk mencegah perkembangan bakteri sehingga sambal bisa bertahan lebih lama.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY