mengajari anak bersepeda oleh Cara SegiEmpatMengajari anak bersepeda sejak dini sangatlah penting. Menggunakan alat transportasi ini akan membantu agar mereka bisa bermobilisasi secara mudah dan sehat serta tidak lagi mengharapkan bantuan dari Anda. Selain itu, aktivitas bersepeda bersama keluarga pastilah akan menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan.

Namun sebuah survey yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa hampir sebagian anak yang telah berusia 6 tahun belum bisa mengendarai sepeda. Hal ini karena para orangtua yang tidak memiliki waktu luang untuk mengajari anaknya.

Alasan lain yang membuat para orangtua tidak mau mengajari anak bersepeda adalah karena hal tersebut cukup sulit dan dibutuhkan kesabaran. Namun kegiatan tersebut bisa menjadi salah satu kegiatan berkualitas antara para orangtua dengan anaknya.

Berikut ini adalah tips bagi orang yang ingin mengajari anak bersepeda:

  • Gunakan Sepeda yang Sesuai dengan Tinggi Anak

Penggunaan sepeda yang sesuai dengan tingginya akan membantu Anda untuk belajar menyeimbangkan sepedanya sebelum dia bisa mengendalikan stang dan mengayuh pedalnya. Jika anak memiliki tubuh yang kecil, usahakan untuk menggunakan sepeda kecil dan jok rendah agar kakinya bisa menapak di tanah dengan mudah.

  • Gunakan Roda Tambahan

Jika anak baru belajar, sebaiknya Anda menggunakan roda tambahan di kiri dan kanannya agar dia bisa belajar untuk menyeimbangkan sepedanya. Selain itu, cara ini juga bisa membantu untuk mengendalikan pedal sepeda. Setelah dia bisa mulai mengayuh, Anda bisa mulai meninggikan roda tambahan.

  • Tidak Menggunakan Sepeda Baru

Jika anak belum lancar naik sepeda, sebaiknya Anda tidak segera membelikannya sepeda baru. Ada baiknya jika Anda menggunakan sepeda lama yang beroda empat agar dia bisa beradaptasi dengan sepeda lamanya. Jika dia mulai lancar bersepeda, Anda bisa mulai melepas rodanya satu demi satu. Setelah dia sudah lancar, barulah Anda membelikannya sepeda baru.

  • Memotivasinya

Dalam proses belajarnya naik sepeda, ingatlah untuk selalu memberikan dorongan motivasi. Jika dia terjatuh atau terluka, jangan memarahinya. Katakan bahwa jatuh adalah proses dari pembelajarannya. Berikan dia dorongan agar dia selalu berusaha untuk melanjutkan proses belajarnya. Jangan lupa katakan padanya bahwa akan sangat menyenangkan jika nantinya dia bisa mengendarai sepeda.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY