Secara alami setiap makhluk hidup bisa disebut membutuhkan seks, kenapa? Karena seks sebenarnya tidak hanya merupakan sebuah fase untuk melepaskan hasrat seperti yang terjadi pada manusia tapi seks adalah sebuah fase untuk regenerasi makhluk hidup. Sayangnya bagi sebagian orang seks justru menjadi ajang untuk memuaskan diri, bahkan tidak sedikit demi kepuasan beberapa orang justru melapiaskannya dengan cara pemaksaan tidak hanya terhadap kaum wanita tapi juga pada anak-anak.

Mencegah Pelecehan Seksual oleh SegiEmpatKasus pelecehan seksual belakangan ini semakin marak terjadi, hal ini tentu harus memacu kita untuk melakukan berbagai upaya untuk mencegah bertambahnya para korban pelecehan.

Sudah banyak kasus yang tercatat perihal aksi-aksi pelecehan seksual, bahkan sepanjang jaman pelecehan tidak hanya dilakukan oleh pria dewasa tapi juga dilakukan oleh anak-anak berusia dini hingga termasuk para wanita yang selama ini lebih banyak dikenal sebagai korban pelecehan seksual. Seperti kasus pemerkosaan pria yang sempat menghebohkan beberapa waktu lalu. Bahkan yang terbaru kasus pelecehan seksual justru dilakukan oleh salah seorang artis tanah air (pastinya Anda tahu siapa kan?).

Seperti apa dampak pelecehan seksual?

Pelecehan seksual tentu memiliki dampak buruk, tidak hanya secara fisik tapi juga secara psikis apalagi jika korbannya adalah seorang Anak, yang mana pelecehan seksual yang ia alami sangat mungkin menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya dan menyimpan rasa trauma yang berkepanjangan hingga bahkan bisa membuatnya menaruh rasa dendam yang berujung dengan tindakan yang sama atau bahkan lebih kejam.

Pelecehan seksual adalah sebuah kejahatan yang mengerikan, terlebih lagi selama ini banyak pelaku pelecehan bahkan kekerasan seksual berkeliaran bebas di luar sana karena korban yang malu dan takut untuk melaporkan kejadian yang ia alami. Tengok saja wanita cantik asal India bernama Tchuna yang menjadi salah satu korban pemerkosaan paling mengerikan yang terjadi beberapa waktu lalu. Untuk itulah tindakan pencegahan harus bisa dilakukan dari sekarang!

Sebenarnya untuk menghindari pelecehan seksual memang tidak mudah, apalagi para pelaku sendiri memiliki sejuta trik untuk menjaring para korbannya. Tapi bagaimanapun setiap aksi yang merugikan diri sendiri tentu harus ditindak tegas. Nah, untuk Anda para pembaca setia SegiEmpat.com saya punya beberapa cara pencegahan pelecehan seksual untuk diri sendiri.

Sikap

Yang pertama adalah sikap diri kita sendiri. Dari sekian banyak kasus pelecehan yang terjadi terjadinya tindak pelecehan itu sebenarnya tidak hanya dipengaruhi oleh perilaku dari si pelaku pelecehan tapi juga bisa dipengaruhi dari diri kita sendiri. Dalam artian di dalam diri kita harus memiliki keyakinan yang kuat dan teguh serta keberanian untuk melawan semua tindakan yang bisa membawa dampak buruk untuk diri kita sendiri. Bahkan termasuk itu di dalam lingkungan dan pergaulan.

Sayangnya hal tersebut justru tidak banyak dimiliki oleh para korban pelecehan, sebut saja korban pelecehan Saipul Jamil yang baru melapor setelah ada seorang korban yang melaporkan pelecehan yang dialaminya. Rasa takut dan malu memang kerap kali berbenturan dengan kasus pelecehan seksual karena pelecehan adalah sebuah aib yang sangat memalukan. Tapi jika kita berpatokan dari hal tersebut bukannya itu justru akan membuat pelaku justru semakin bebas berkeliaran? Setiap orang harus berani untuk mengatakan tidak! Pada semua tindakan yang merugikan dirinya sendiri, khususnya para remaja yang masih berada dalam fase penemuan jati diri.

Penampilan

Kasus pelecehan selain di pengaruhi oleh dorongan seksual, sebenarnya aksi pelecehan dari pelaku juga tidak terlepas dari sebuah penampilan yang mengundang hasrat serta adanya kesempatan. Khusus bagi para wanita sebaiknya pertimbangkan lagi penampilan yang akan Anda gunakan saat beranjak keluar dari rumah.

Kita sama-sama tahu jika kejahatan itu bisa terjadi kapan saja, di mana saja bahkan dalam kondisi apapun. Kita tidak pernah bisa benar-benar tahu kejadian apa yang akan menimpa kita. Bisa saja kita sudah berusaha untuk menjaga diri namun pada akhirnya kita bisa menjadi korban pelecehan. Apalagi para remaja wanita yang di era sekarang ini justru sudah terlalu sering mengenakan pakaian yang tidak pantas untuk usianya.

Memang benar itu adalah sebuah fashion style dan setiap orang berhak mengenakan busana apapun yang ia inginkan dan agar tidak disebut ketinggalan jaman. Tapi hal tersebut pula yang dilakukan oleh para korban pelecehan seksual. Nah, pilihannya ingin mengikuti tren atau menjadi korban pelecehan bahkan pemerkosaan?

Alat untuk Membela Diri

Pertahanan diri menjadi cara yang juga tidak kalah pentingnya, apalagi bagi Anda yang lebih banyak beraktivitas di malam hari. Semprotan merica atau alat pengejut listrik adalah alat yang akan sangat membantu jika Anda sendiri tidak menguasai pengetahuan untuk membela diri baik secara fisik maupun psikis.

Mencegah Pelecehan Seksual oleh SegiEmpatSekilas untuk orang dewasa mencegah agar tidak menjadi korban pelecehan memang sangat bergantung terhadap dirinya sendiri. Tapi bagaimana dengan Anak? Bagaimana mencegah pelecehan seksual terhadap Anak? Yang notabene masih belum tahu apa-apa?

Untuk mencegah pelecehan seksual pada Anak maka orangtua memiliki peran yang paling besar, karena orangtualah yang memiliki kewajiban untuk merawat, membesarkan dan menjaga Anak-anaknya. Bahkan seperti yang terjadi dalam kasus-kasus pelecehan belakangan ini para pelaku pelecehan justru berasal dari keluarganya sendiri atau bahkan orang-orang terdekatnya yang sebenarnya bertugas untuk menjaganya. Lalu apa yang harus Anda lakukan agar Anak tidak menjadi korban pelecehan?

  • Menumbuhkan keberanian

Sangat penting agar setiap orang tua bisa menumbuhkan keberanian kepada buah hatinya untuk berani mengatakan tidak, berani menolak dan berani melaporkan setiap bentuk tindak kekerasan apalagi ajakan yang mengarah pada seksual yang ia alami. Termasuk ajakan dalam bentuk ancaman atau sebuah imbalan yang mengarah pada pelecehan.

  • Menjalin komunikasi pada Anak

Orangtua adalah orang yang seharusnya menjadi tempat bagi Anak untuk meminta perlindungan, bukannya orang yang harus ia takuti. Nah, untuk itu sangat penting agar Anda dapat membangun komunikasi dengan Anak senyaman mungkin agar ia tidak menyembunyikan setiap hal yang ia alami. Sebagai orangtua Anda wajib menjadi tempat bagi Anak untuk mencurahkan semua isi hatinya.

  • Memberikan pengajaran pada Anak

Anak-anak umumnya belajar dari apa yang ia lihat, tidak hanya dari perilaku orangtuanya tapi juga dari apa yang ia tonton di televisi. Nah, untuk itu Anda juga wajib untuk mengajarkan setiap hal kepada Anak, jangan pernah memperlihatkan contoh yang negatif padanya. Ajarkan dia tentang nilai-nilai kesopanan, tatakrama khususnya keagamaan. Satu lagi Anda juga bisa mengajarkannya tentang pentingnya organ intim untuk selalu dipertahankan dan ia jaga.

Pencegahan pelecehan seksual bisa dimulai dari diri sendiri dan juga lingkungan. Nah, semoga informasinya bermanfaat dan tidak ada lagi korban-korban pelecehan seksual.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

  1. sebenarnya hal-hal ini perlu diterapkan ya oleh guru-guru di sekolah,karena selama ini guru lah yang menjadi pedoman murid2 nya
    tapi akhir-akhir ini banyak berita guru nya yg tidak bermoral..hadeuuuuhh

LEAVE A REPLY