membantu anak mengerjakan pr oleh Cara SegiEmpatSalah satu tugas yang diberikan oleh guru kepada muridnya adalah PR atau pekerjaan rumah. Namun terlalu banyaknya PR seringkali membuat anak merasa stres. Hal ini kemudian juga akan membuat orangtuanya merasa stres sehingga berniat membantu anak mengerjakan PR.

Namun seringkali orangtua juga merasa bingung jika akan membantu anaknya. Karena pelajaran yang sering berubah dan orangtua yang kurang mengikuti perkembangan membuatnya kesulitan untuk mengikuti pelajaran anaknya. Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua agar selalu mengikuti perkembangan pelajaran anaknya.

Tapi pasti selalu ada jalan bagi Anda ingin membantu buah hati Anda untuk menyelesaikan tugasnya. Berikut ini adalah tips membantu anak mengerjakan PR:

  • Mencari Tahu Hal yang Diinginkan Guru

Usahakan untuk menjalin komunikasi dengan gurunya. Dengan begini Anda bisa mengetahui hal apa saja yang menjadi harapan dan keinginan seorang guru kepada buah hati Anda. Anda juga harus tahu cara mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya. Menjalin komunikasi dengan guru juga akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana perkembangan anak, apakah dia kesulita belajar, memiliki masalah kemampuan belajar, suka menunda tugas dan sebagainya. Setelah itu, komunikasikan dengan anak tentang hal tersebut. Katakan kepadanya kalau Anda akan membantu dan mendukungnya untuk bisa berprestasi.

  • Cukup Mengawasi

Ingatlah bahwa pekerjaan rumah adalah tugas yang harus diselesaikan sendiri oleh anak. Oleh karena itu, jangan pernah mencoba untuk mencari tahu dan memberikan jawaban kepada anak karena hal tersebut akan membuatnya semakin malas. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memberikan bantuan ketika dia mengalami masalah. Bantuan yang berikan juga hanya dengan memberi tahunya cara untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang diberikan. Setelah anak mulai mengerti, dia pasti sudah bisa melanjutkan sendiri pekerkaan. Setelah pekerjaannya selesai, Anda bisa memeriksanya dan mengoreksi jika ada yang salah.

  • Menyediakan Tempat Khusus

Ada baiknya Anda menyediakan tempat khusus bagi anak yang akan mengerjakan PR. Pastikan kalau tempat tersebut bisa membuatnya merasa nyaman dan betah mengerjakan PR. Pastikan kalau Anda melibatkannya dalam pemilihan. Sediakan juga fasilitas yang dia butuhkan seperti perlengkapan sekolah atau komputer, yang akan membantu mereka mencari informasi dari internet.

* * * * *
Buku Formula Cinta

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY