Menunjukkan rasa hormat kepada orang lain adalah sikap dasar empati, kemuiaan, dan menghargai orang lain. Ada cara mendidik anak yang tidak menghargai benda miilkinya, untuk anak-anak yang tidak paham tentang batasan-batasan antara benda milikinya dan milik orang lain.

Cara Mendidik Anak yang Tidak Menghargai Benda Milikinya Oleh Cara Segiempat

Pencontohan Tingkah Laku

Jika anak Anda kesulitan menghargai benda-benda, cari tahu apakah tindakan Anda yang mencontohkannya. Seorang anak mempelajari hal-ha penting dengan meniru orang tuanya. Contohnya, jika keluarga Anda meminjam buku dari perpustakaan umum, tunjukkan kepada anak Anda bahwa Anda selalu menggunakan buku tersebut dengan hati-hati, dan mengembalikannya tepat waktu.

 

Diskusikan Rasa Hormat

Lakukan dialog terbuka tentang raha hormat, untuk mengajarkan prinsip penting itu. carilah contoh-contoh positif rasa hormat pada tingkah laku orang lain, atau sorotlah situasi tersebut, dan perlihatkan kepada anak Anda untuk membuat mereka dapat mempelajarinya. Berbicaralah tetang pentingnya menghargai properti orang lain, karena hal tersebut juga mencerminkan penghargaan diri kepada orang lain.

 

Harapkan Rasa Hormat

Setelah Anda mengajarkan prinsip rasa hormat, mulailah mendorong anak Anda untuk mendemonstrasikan rasa hormat, baik kepada orang lain dan juga barang-barang. Seringkali, memodifikasi dan meningkatkan ekspektasi Anda bisa menjadi cara efektif, agar anak Anda berjuang untuk mencapainya.

 

Gunakan Pujian

Saat Anda melihat bahwa anak Anda mencerminkan tingkah laku yang terhormat terhadap properti, gunakan pujian tertentu untuk menguatkan tingkah laku tersebut. Pujian bisa menjadi alat pengajaran yang kuat, karena hal tersebut mengkomunikasikan apa yang Anda banggakan, dan alasannya.

 

Koreksi Positif

Tunjukkan kepada anak Anda dimana dia bisa meningkatkan kualitas dirinya, untuk memperbaiki tingkah lakunya, jika hal tersebut dibutuhkan. Contohnya, jika anak Anda membuat kamar atau ruangan lain rumah Anda berantakan, ajarkan kepada anak Anda bagaimana cara untuk membersihkan kekacauan yang mereka lakukan. Jika anak Anda merusak suatu barang, bimbinglah anak Anda untuk bertanggung jawab terhadap kerusakan barang tersebut, dengan cara meminta maaf dan setelah itu memperbaiki ataupun mengganti barang yang telah rusak tersebut. Menanamkan konsekuensi alami untuk kesalahan juga adalah strategi pengajaran yang efektif.

 

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY