Diet Sehat Selama Puasa 1 oleh SegiEmpatSaat ini seluruh umat Islam yang ada di muka bumi sedang menjalankan Ibadah puasa bulan suci ramadhan. Berpuasa adalah salah satu ibadah yang bersifat wajib untuk dilaksanakan oleh seluruh umat Islam. Bahkan disebutkan segala ibadah yang dilaksakanakan selama bulan suci Ramadhan akan dilipat gandakan, termasuk tidur. Namun selain bertujuan untuk melipat gandakan pahala, tidak sedikit umat Islam yang memanfaatkan waktu selama sebulan penuh untuk melakukan diet, khususnya bagi mereka yang mengalami masalah pada berat badan alias kegemukan.

Momen puasa sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk menjalankan diet yang sehat, tapi tidak sedikit umat muslim yang justru gagal melakukan diet yang ada bobot tubuhnya malah bertambah. Hal tersebut bisa disebabkan oleh dua hal yaitu banyaknya menu makanan lezat yang tentunya tidak ingin Anda lewatkan. Sedangkan yang kedua adalah faktor “Balas dendam’ setelah seharian penuh tidak bertemu dengan makanan atau minuman. Hal tersebut tentunya akan menambah berat badan Anda apalagi jika Anda makan setelah shalat tarawih.

Mungkin bagi beberapa orang hal tersebut sudah selayaknya ssebuah hal yang akan terus terjadi setiap tahunnya, khususnya di bulan Ramadhan. Tapi Anda tentunya tidak usah khawatir karena untuk membantu program diet sehat selama puasa, ada beberapa langkah yang akan membantu Anda.

Saat Sahur

Bangun tepat pada waktu dini hari untuk bersantap sahur adalah hal yang tidak boleh Anda tinggalkan, termasuk saat Anda sedang diet. Makan sahur adalah hal yang wajib untuk Anda lakukan agar tetap berenergi seharian penuh tanpa mengkonsumsi makanan. Tapi saat diet sebaiknya Anda memilin menu makan sahur Anda dengan makanan yang mengandung protein dan serat. Makanan serat sangat baik untuk membantu Anda menyimpan energi dan membuat perut Anda tetap kenyang.

Saat Berbuka

Nah ini dia hal yang paling berpengaruh saat Anda diet selama berpuasa yaitu tiba waktunya untuk berbuka. Saat berbuka sebaiknya Anda tidak langsung makan dengan makanan yang berat atau dalam porsi yang banyak dan makanan atau minuman yang terlalu manis. Karena selain akan menimbulkan rasa tidak nyaman di lambung cara tersebut juga akan membuat Anda menimbun lemak semakin banyak. Untuk menu berbuka sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan dalam jumlah kecil dan air putih ingat jangan air es.

Makan Malam

Makan malam setelah sholat magrib mungkin adalah pilihan yang paling banyak dilakukan oleh umat muslim selama Ramadhan. Sebaiknya saat ini Anda tidak makan dengan jumlah yang banyak, tapi makan dengan porsi sedang, kondisi inilah yang paling banyak menghancurkan pola diet. Pemilihan menu makanan juga wajib Anda perhatikan. Sangat disarankan agar Anda memilih menu makanan yang mengandung karbohidrat, mineral, vitamin dan juga protein.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY