agar pengemudi tidak mudah lelah saat mudik oleh Cara SegiEmpatSaat sedang mudik, sangat penting untuk menjaga stamina, terlebih lagi untuk pengemudi. Karena pengemudilah yang bertanggung jawab untuk keselamatan para penumpangnya. Oleh karena itu, tips agar pengemudi tidak mudah lelah saat mudik berikut ini adalah sebuah informasi yang akan Anda butuhkan.

Saat akan melakukan perjalanan jauh, dalam konteks ini mudik, sangat penting untuk memeriksa keadaan kendaraaan seperti mesin, rem, roda, ban, kelistrikan, kaki-kaki dan wiper untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan nanti. Selain itu, Anda juga harus memastikan kondisi Anda, dalam hal ini sebagai pengemudi agar selalu sehat dan tidak kelehahan. Karena ketika Anda lelah, Anda tidak akan fokus saat berkendara sehingga dapat meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan.

Berikut ini adalah tips agar pengemudi tidak mudah lelah saat mudik:

  • Menjaga Agar Tubuh Tetap Fit

Puasa bukanlah halangan untuk berolahraga. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa dengan cara berolahraga. Agar olahraga tidak mengganggu puasa Anda, sebaiknya Anda berolahraga satu jam sebelum atau sesudah berbuka puasa.

  • Kurangi Karbohidrat Ketika Sahur

Saat akan melakukan perjalanan, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat saat sahur. Seperti yang telah diketahui kalau karbohidrat mengandung glukosa yang akan membuat tubuh membutuhkan lebih banyak energi saat dicerna. Jika tubuh telah menghabiskan banyak energi untuk mencerna karbohidrat, maka Andapun akan cepat merasa lelah.

  • Istirahat Sebelum Berangkat

Sebelum Anda berangkat, sebaiknya Anda tidur selama 10 hingga 45 menit. Hal ini mencegah agar Anda tidak merasa lelah dan mengantuk ketika mengemudi.

  • Berangkat Lebih Awal

Untuk mencegah kemacetan, sinar matahari yang telalu panas atau terlalu malam saat di perjalanan, sebaiknya Anda berangkat lebih awal agar Anda bisa terhindar dari semua hal tersebut.

  • Menghindari Sinar Matahari

Usahakan untuk tidak terkena sinar matahari yang terlalu panas atau terik ketika mengemudi karena hal tersebut akan menyebabkan dehidrasi sehingga Anda tidak konsentrasi saat mengemudi.

  • Beristirahat

Setelah melakukan perjalanan selama 2 jam atau sejauh 240 km, sebaiknya Anda beristirahat selama 15 hingga 30 menit. Hal ini agar stamina Anda tetap terjaga dan Anda tidak kelelahan.

  • Musik yang Diputar

Usahakan untuk mendengarkan lagu atau musik yang bisa membuat Anda bersemangat dan tidak mengantuk saat mengemudi. Jika perlu, carilah referensi lagu-lagu dari teman-teman atau sanak saudara sehingga Anda bisa memasukkannya dalam daftar lagu Anda.

  • Siapkan Pengemudi Cadangan

Jika Anda memang akan melakukan perjalanan yang sangat jauh, usahakan untuk membawa pengemudi cadangan. Seseorang hanya memiliki batas kemampuan untuk mengemudi selama 12 jam. Setelah itu, sebaiknya Anda meminta kepada pengemudi cadangan untuk menggantikan Anda.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY