“Penyesalan itu gak ada yang Datangnya di Depan”

Satu kalimat pepatah yang emang bener, karena dimana-mana penyesalan itu baru ada di belakang, kalau di depan mah itu namanya pendaftaran.

Semua orang sadar banget sih sama hal kayak gitu, tapi yang ada kebanyakan orang malah gak mengantisipasi sama sekali, yang ada baru nyesal setelah salah pilih. Seperti halnya soal cinta-cintaan.

Bukan rahasia lagi kalau banyak orang di luar sana yang diam-diam masih suka sama mantannya, yang meski ngomongnya udah move on tapi masih suka diam-diam ngehubungin mantan. Gak papa emang kalau sekedar silaturahmi, tapi yang jadi masalah itu kalau dibalik silaturahmi ada niat tersembunyi. Apalagi kalau bukan pengen balikan?

Ngomong To the Point

Mungkin sewaktu dia ngehubungin kamu bahkan deketin kamu lagi, kamu sama sekali gak ada pikiran kalau dia pengen balikan. Tapi makin lama gelagatnya dia makin nunjukin kalau dia emang ada maksud tertentu.

Sebenernya gak sepenuhnya salah si mantan sih, tapi kamu juga punya peran. Yang karena kamu ngeladenin dia pikir kamu ngasih harapan lagi.

Kalau emang kamu gak pengen ya kamu mesti to the poin, kalau ngomong langsung ke dia rasanya rada kasar kamu bisa nunjukin gelagat nolak caranya ya jangan diladeninlah.

Batasi

Yang namanya mantan itu ya udah pastilah orang yang pernah mengisi hari-harimu biar indah dan penuh cinta. Jadi ya biar gimanapun kamu gak mesti jadi kayak kucing betina lagi lahiran, yang bawaannya sensi pengen nyakar. Kamu gak mesti jahatin dia, kamu bisa kok tetep friendly ke dia.

Asal kalau emang kamu gak pengen balikan ya jangan dikasih keleluasaan. Karena gimanapun yang ngejalanin hidup kamu ya kamu, yang mana kamu punya hak buat nentuin. Apakah pengen balikan atau enggak. Kalau emang enggak kamu perlu ngebatasi hubungan kalian gak usah sampai kelewatan akrabnya.

Jujur

Karena gak enak, ini yang sering banget jadi alasan dan pembenaran. Oke mantan itu emang pernah ada di hatimu tapi kalau karena gak enak kamu malah ngeladenin itu bukan alasan tapi itu kebodohan. Iya bodoh karena kamu ngeladenin orang yang dulu pernah ngebuat kamu sakit.

Jadi mending emang kamu jujur, kamu jujur kalau kamu gak pengen balikan atau kamu jujur kalau kamu udah punya penggantinya.

Kasih Penjelasan

Biar gak ada dendam dan gak ada yang sakit hati, kamu juga mesti kasih dia penjelasan. Sebutin apa aja hal membahagiakan yang udah kamu rasain tanpa dia, jelasin juga hal apa aja yang ngebuat kamu gak bisa ngerasain cinta seperti dulu. Kalau doi gak termasuk tipe mantan yang psycho sih harusnya ngerti.

Tapi kalau doi tetep gak ngerti ya udah deh emang kamu udah mesti ngomong blak-blakan. Ingat! kamu yang punya hidup berarti kamu yang berhak nentuin gimana kehidupan kamu.

Well pada akhirnya sih balik ke kamu-kamu lagi sob! kalau toh emang kamu masih suka ya silahkan aja sih. Yang penting jangan lakuin kesalahan yang sama seperti yang udah dilakukan si mantan. Entar kayak dia lagi?

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY