Baterai pada laptop merupakan salah satu hardware yang sangatlah penting untuk diperhatikan. Apalagi untuk Anda yan memang lebih sering menggunakan laptop di luar, maka kebutuhan baterai tentunya sangatlah penting.

Untuk membantu dalam memonitoring dan mengecek kondisi dari baterai laptop Anda, maka sebaiknya menginstall salah satu dari 4 software di bawah ini.

1. BatteryCare

Software yang pertama ini bernama BatteryCare yang memang merupakan aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mengecek kondisi baterai pada laptop Anda. Selain itu pula, aplikasi ini bisa membantu dalam mengoptimalkan pemakaian baterai laptop Anda tersebut. Anda bisa melihat informasi mengenai usia baterai serta siklus discharge. Tidak hanya pada baterai laptop saja, aplikasi ini pun bisa menampilkan informasi mengenai temperatur CPU dan hardisk saat digunakan loh! Sehingga, saat ada kenaikan suhu yang tidak wajar maka Anda sebaiknya segera mengistirahatkan laptop Anda.

2. BatteryInfoView

Sesuai dengan namanya, Software BatteryInfoView ini memang sangatlah membantu dalam mendapatkan informasi seputar baterai laptop Anda yang lengkap. Sehingga, Anda pun bisa dengan mudah memonitoring mengenai kondisi dari baterai laptop Anda yang gunakan tersebut. Informasi yang bisa ditampilkan oleh aplikasi ini meliputi merek baterai laptop, nama produsen, nomor seri, tanggal produksi, status daya serta kapasitasnya saat ini. Yang membuat software ini menarik adalah, tampilannya itu dalam mode log. Sehingga memperlihatkan secara lengkap dan detail mengenai penggunaan baterai laptop Anda.

3. BatteryBar

Untuk software yang ketiga adalah BatteryBar yang merupakan aplikasi yang jauh lebih ringan dari yang lainnya. Untuk segi tampilan sendiri, BatteryBar ini memang tidak terlihat rumit dan juga kurang lengkap dibandingkan dengan software sebelumnya. Karena, tampilan yang lebih sederhana ini, maka informasi mengenai baterai laptop Anda pun hanya akan ditampilkan pada bagian toolbar, tepatnya pada indikator baterai di sudut kanan bawah layar. Kalau defaultnya, informasi tersebut memang tidak lengkap. Tapi, dengan software BatteryBar ini informasi yang ada di toolbar battery tersebut akan menjadi lebih lengkap.

4. Battery Logger

Software yang berikutnya adalah Battery Logger, yang sangat membantu kalau ada masalah yang janggal pada baterai laptop Anda tersebut. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk melihat seperti apa penggunaan daya dari laptop yang Anda gunakan tersebut. Di samping itu pula, aplikasi ini bisa menampilkan indikator yang menandakan kalau baterai laptop Anda itu sudah mulai drop. Walaupun, memang tidak bisa melakukan perbaikan, tapi software ini akan langsung memunculkan notifkasi saat menemukan adanya kejanggalan aktivitas pada baterai laptop Anda, berupa log error. Sehingga Anda pun bisa segera melakukan optimasi atau troubleshooting.

Nah, itulah 4 software yang bisa membantu dalam mengecek kondisi dari baterai laptop yang Anda gunakan. Dengan software ini, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk memonitoring kondisi baterai laptop Anda kalau terjadi masalah.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY