Saat komputer mengalami masalah, entah itu Windows hang atau software yang tidak bisa terbuka, maka hal pertama yang dilakukan oleh para teknisi biasanya membuka software Task Manager Windows. Ya! Task Manager ini merupakan software bawaan dari sistem operasi Windows yang memang cukup membantu dalam mendeteksi file system atau pun service yang error. Di dalam task manager ini, Anda bisa dengan mudah untuk melihat proses dari sebuah program yang sedang berjalan.

Software alternatif pengganti Task Manager

Terkadang task manager ini juga mengalami masalah atau error. Di mana hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh virus atau software yang tidak sesuai. Untuk itu, kalau terjadi masalah seperti ini, maka Anda bisa menggunakan beberapa alternatif software pengganti untuk Task Manager tersebut, yaitu:

1. Task Manager Deluxe

Task Manager Deluxe adalah termasuk dalam jajaran software alternatif untuk pengganti Task Manager. Software ini pun tidak perlu diinstall, alias bersifat portable. Software ini juga sudah support untuk sistem operasi Windows 7/8/10 baik untuk PC atau pun laptop.

Software Ini memiliki banyak jumlah tab yang menampilkan semua proses secara terperinci. Anda bisa dengan mudah melihat ID proses yang tercantum sesuai dengan nama filenya. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai tugas dari software-software tersebut, maka silahkan Anda klik pada tombol Details Proses. Hebatnya lagi, software ini bisa menghentikan banyak proses dalam sekaligus.

2. Daphne

Software yang kedua memiliki nama seperti salah satu karakter dalam film Scooby Doo, yaitu Daphne. Sofware ini sendiri memiliki kemapuan untuk menghentikan, mengontrol, menutup, men-debug proses pada Windows. Software ini juga memiliki kemampuan khusus, yaitu Anda bisa menjadwalkan untuk menghentikan suatu proses.

3. AnVir Task Manager

Seperti namanya, software ini juga termasuk dalam jajaran alternatif pengganti task manager untuk Windows dan bersifat gratis. Software gratis ini membantu memantau dan meningkatkan kinerja PC. Di samping itu pula, software ini bisa membantu dalam melakukan penyesuaian dalam sistem operasi Anda. Software ini sendiri memiliki tampilan yang sangatlah sederhana. Tapi, untuk urusan fitur tentunya tidak kalah dari software-software lain atau pun task manager Windows sendiri. Hebatnya lagi, AnVir Task Manager ini juga bisa berfungsi seperti namanya, yaitu sebagai Anti Virus.

4. Microsoft Sysinternals Process Explorer

Secara teknis, software Microsoft Sysinternals Process Explorer memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh Task Manager. Tools ini pun memberikan fitur yang terintegrasi dengan layanan untuk melakukan scanning terhadap malware atau virus. Jadi, bisa dikatakan kalau ini adalah Task Manager yang dilengkapi dengan program Anti-Malware. Ini tentunya mempermudah Anda untuk mendeteksi virus yang sedang berjalan di komputepr Anda melalui Task Manager alternatif tersebut.

5. System Explorer

Selanjutnya adalah software yang bernama System Explorer, yang diklaim memiliki kemampuan lebih baik dari sebelumnya. Di mana software ini pun sudah ada dalam versi installer dan juga portabel. Cara kerja dari software ini adalah dengan mengecek keamanan dari setiap proses yang berjalan di komputer Anda melalui penggunaan Database Online.

Software ini pun terdiri dari informasi yang lebih detail mengenai tugas, proses, startup, addones IE, uninstall, services, driver dan lain sebagainya. Sehingga, software ini pun bisa dengan muda huntuk melakukan pengecekan pada setiap file yang mencurigakan, melalui VirusTotal, atau database online yang dimiliki.

6. Glarysoft Security Process Explorer

Software ini bukan hanya berfungsi seperti task manager biasa, tetapi melacak program anti-malware dan antivirus yang sering kita download di PC kita. Karena tidak semua program anti-malware dan antivirus cukup andal untuk melakukan scanning atau perlindungan terhadap PC dan data di dalam komputer.

Glarysoft Security Process Explorer memberikan pengguna informasi yang lebih terperinci mengenai semua proses keamanan yang berjalan di dalam sistemnya. Ini tentunya juga memberi tahu para pengguna apakah proses proses tersebut aman ataut tidak. Masing-masing proses yang terlihat pada software ini akan memperlihatkan peringkat. Kalau terlihat dengan garis hijau, maka itu masih baik. Tapi, kalau area merah berarti proses tersebut cukup mengkhawatirkan.

7. TaskInfo

TaskInfo ini merupakan software yang menggabungkan fitur Windows Task Manager asli dan tool informasi sistem lainnya. Software ini juga mampu melakukan scanning terhadap semua proses yang berjalan. Informasi yang bisa didapatkan oleh software ini bisa lebih mendetail, mengenai malwaren, keylogger, worm, dan software spyware lainnya. Tidak hanya itu saja, software ini juga tetap akan menampilkan penggunaan resource dari hardware seperti processor (CPU), RAM dan lainnya.

8. WinUtilities Process Security

WinUtilities Process Security ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti task manager jika mengalami error di Windows 10 Anda. Software ini juga bisa dengan mudah untuk mengetahui adanya proses yang berbahaya yang sedang berjalan pada komputer Anda. Hebatnya lagi, cara kerja dari software ini mirip seperti Antivirus, karena memiliki fitur karantina untuk proses yang terindikasi berbahaya.

9. Process Hacker

Process Hacker ini merupakan tool serbaguna yang gratis, yang bisa membantu Anda memantau sumber daya sistem, men-debug perangkat lunak, dan juga mendeteksi malware. Saat software ini sudah mulai melakukan scanning terhadap komputer Anda, maka hasilnya itu akan menampilkan highlight dengan warna berbeda.

Hebatnya lagi, software ini bisa menampilkan informasi dalam bentuk grafik dan juga statistik, yang bisa membantu dalam memahami proses dengan cara yang mudah. Software ini juga akan menampilkan penggunaan hardware dari komputer seperti layaknya Task Manager biasa, mulai dari CPU, RAM, GPU, dan juga hardisk. Software Process Hacker ini juga bisa menemukan koneksi jaringan yang aktif pada PC Anda, dan Anda bisa menutup jaringan itu jika perlu.

10. Starter Startup Manager

Software pengganti Task Manager yang terakhir bernama Starter Startup Manager, tapi tentunya fungsinya tidak hanya bekerja pada bagian startup saja ya! Software ini juga bisa berfungsi layaknya Task Manager alternatif untuk Windows, yang bisa menampilkan semua proses dan informasi mengenai penggunaan RAM, CPU, file DLL, dan lainnya.

Software saat menampilkan analisisnya, maka akan fokus pada folder Startup, regedit, dan juga beberapa file inisialisasi. Anda sebagai user pun bisa dengan mudah untuk memodifikasi sementara atau pun permanen loh!

Akhir kata

Itulah beberapa software yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif Task Manager, jika Task Manager Windows sedang bermasalah. Kalau Anda memiliki tambahan software alternatif Task Manager atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY