Mengomentari game hasil buatan orang lain memang sangat mudah. Tapi, kalau Anda sendiri yang membuat game tersebut, apakah sanggup? Nah, kalau Anda memang tertarik untuk menjadi developer game tanpa perlu melakukan coding sama sekali, maka Anda bisa mempelajar salah satu dari 6 game engine di bawah ini.

1. RPG Maker

Game engine yang pertama ini sesuai dengan namanya, yaitu RPG Maker, maka bisa membantu Anda para pemula untuk membuat game dengan genre RPG. Hebatnya lagi, game engine yang satu ini tidak membutuhkan kemampuan coding loh! Anda cukup melakukan drag and drop objek yang ingin Anda gunakan pada scene game yang sudah tersedia. Fungsi-fungsi dan gameplay dari karakter game yang Anda pilih pun bisa dengan mudah untuk dikostumisasi sesuai keinginan Anda.

2. Stencyl

Game engine yang berikutya bernama Stencyl yang juga sangat cocok untuk pemula yang ingin membuat game sendiri. Hanya saja, game yang dihasilkan oleh game engine yang satu ini bersifat 2D saja. Cara penggunaannya pun sama dengan RPG Maker di atas, yaitu dengan drag and drop saja.

3. Construct2

Game yang ketiga ini juga masih game engine yang hanya bisa membuat game dengan kualitas 2D saja. Akan tetapi, di Construct 2 ini Anda bisa memproduksi game itu untuk lintas platform, seperti PC dan juga Android! Jadi, Anda pun pasti dengan mudah dan cepat untuk mempromosikan game buatan Anda sendiri.

4. Game Maker

Game maker juga termasuk salah satu game engine terbaik yang tidak memerlukan kemampuan coding untuk membuat game sesuai keinginan Anda. Karena, di game engine ini sendiri hanya memerlukan fungsi logik saja untuk membuat game. Masih sama seprti game di atas, Game Maker ini juga hanya bisa memproduksi game dengan kualitas 2D. Kecuali Anda sudah memiliki versi terbarunya yang bernama Game Maker Studio yang sudah lebih kompleks dan bisa membuat game 3D tanpa perlu coding juga.

5. Game Salad

Untuk game yang kelima ini bernama Game Salad, yang juga game engine terbaik untuk Anda para pemula dalam membuat game. Game engine ini pun tidak memerlukan kemampuan coding, tapi cukup melakukan drag and drop saja. Game engine ini sendiri bisa didapatkan dengan harga sewa perbulannya itu adalah US$17 untuk versi standar, dan US$25 perbulan untuk yang versi pro.

6. Unreal Engine

Yang terakhir ini memang merupakan game engine yang sudah cukup terkenal, bahkan digunakan oleh beberapa studio game besar. Salah satu game ternama yang dibuat menggunakan Unreal Engine ini adalah Black Squd Steam. Software Unreal Engine ini sendiri tersedia secara gratis, hanya saja asset dan file-file tambahan untuk game harus dibeli di halman Unreal Store langsung.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY