Kinerja dari komputer, baik itu PC atau pun laptop, tidak selalu bergantung dengan konfigurasi dan juga hardwarenya. Performa dan kinerja dari komputer itu tentunya dikembalikan kepada penggunanya, bagaimana cara Anda menggunakan dan merawat komputer itu dengan baik. Semahal dan setinggi apa pun spesifikasi dari komputer yang Anda beli tersebut, tapi kalau Anda tidak bisa merawat dan menggunakannya dengan baik, tentu performa dan kinerja dari komputer tersebut akan cepat berkurang.

Hal-hal yang membuat kinerja komputer berkurang

Tentu tidak selamanya performa komputer akan bertahan seperti saat pertama kali Anda membelinya. Faktor usia dari komputer juga menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan. Namun, komputer yang terawat dengan baik, bisa saja bertahan minimal 5 tahun. Tapi, kalau kinerja komputer Anda sudah mulai menurun di bawah dari 1 tahunan, maka ada yang salah dari cara Anda menggunakan dan merawat komputer.

Beberapa hal yang bias membuat kinerja dan performa komputer menjadi menurun dengan cepat, yaitu:

  • Ada virus atau malware di dalam komputer
  • Terlalu banyak file sampah, seperti file temporary, sehingga membuat media penyimpanan menjadi penuh dan sesak
  • Debu yang ada di kipas
  • Dan lain sebagainya.

Semua hal-hal di atas akan membuat kinerja dari komputer Anda menjadi cepat menurun kalau Anda memang tidak menjaganya dengan baik.

Software terbaik untuk optimasi Windows 10

Sistem operasi Windows 10 sendiri sebenarnya sudah terbilang cukup ringan dijalankan pada komputer saat ini. Akan tetapi, Anda tetap perlu menjaga performa dari komputer agar bisa bertahan lama digunakan. Untuk itu, Saya memiliki beberapa daftar dari software terbaik untuk menjaga kinerja dan performa dari komputer dalam waktu yang cukup lama. Apa saja software tersebut? Silahkan Anda simak selengkapnya di bawah ini.

1. Total PC Cleaner

Software pertama ini bernama Total PC Cleaner, yang merupakan software gratisan untuk bisa membantu dalam membersihkan file-file sampah yang ada di komputer Anda, sehingga bisa mengoptimalkan penggunaan media penyimpanan dan memori pada komputer. Software ini pun memberikan Anda pilihan untuk menghapus file sementara yang ada di komputer. Anda bisa memilih file mana saja yang perlu atau ingin Anda hapus. Software ini pun memungkinkan Anda untuk menghapus file-file sampah yang berukuran besar. Kalau ternyata fitur Disk Cleanup di komputer Anda tidak bekerja dengan baik, maka software Total PC Cleaner ini adalah alternatif terbaik untuk Anda gunakan. Apalagi software ini bisa Anda download langsung secara gratis melalui Microsoft Store.

2. Speed O Meter

Untuk software yang kedua ini bukanlah software untuk membersihkan file sampah, melainkan software monitoring terhadap kinerja dari processor komputer Anda. Dengan mengetahui performa dari Processor, tentunya Anda bisa dengan lebih mudah mengecek jika performa dari komputer Anda sudah mulai menurun. Software ini bisa bisa Anda dapatkan secara gratis melalui halaman Microsoft Store.

3. 360 Total Security

Ini bukanlah aplikasi 360 seperti pada aplikasi smartphone untuk membuat foto menjadi lebih menarik dilihat. Tapi, aplikasi 360 Total Security ini merupakan aplikasi keamanan, namun, ini juga bisa membantu mengoptimalkan komputer Anda. Aplikasi ini bisa sangat membantu dalam mempercepat sistem dan mengoreksi pengaturan router. Di samping itu pula, software ini akan memeriksa browser untuk file download yang tidak dikenal, yang kemungkinan saja berisikan malware yang bisa mengganggu kinerja dari komputer Anda. Anda bisa mengecek langsung aplikasi ini melalui halaman Microsoft Store, untuk mengetahui informasi yang lebih detailnya.

4. Duplicate Cleaner Master

Software yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki media penyimpanan yang sudah sangat sesak. Apalagi kalau file-file di dalam komputer Anda itu sesak karena banyaknya foto, musik, file dokumen, atau video. Di mana beberapa dari file-file tersebut kemungkinan sudah memiliki duplikasi pada folder lainnya, yang tentunya sulit untuk Anda temukan. Software Duplicate Cleaner Master ini adalah pilihan terbaik untuk mencari file-file kembar tersebut dan membersihkannya, dan tetap menyimpan file yang asli. Anda pun tidak perlu takut menghapus file yang salah, karena Anda bisa melakukan preview dulu terhadap file tersebut, sebelum Anda hapus. Software ini pun sudah tersedia di dalam halaman Microsoft Store.

5. Comet Disk Cleanup

Software Comet Disk Cleanup merupakan software yang bisa membantu dalam membersihkan media penyimpanan, yang sangat mirip dengan fitur Disk Cleanup yang pada Windows. Apalagi, Microsoft digadang-gadang akan mengganti atau menghapus fitur Disk Cleanup tersebut. Kalau Anda memang ingin menggunakan software pembersih seperti Disk Cleanup yang aslinya, maka Comet Disk Cleanup ini adalah alternatif terbaik, yang bisa Anda dapatkan di halaman Microsoft Store.

6. Smart Disk Cleanup

Yang berikutnya ini juga masih software pembersih, yang bisa membantu menghapus file-file yang tidak Anda perlukan di dalam komputer. Smart Disk Cleanup ini sendiri tidak seperti software Disk Cleanup pada umumnya, karena software ini tetap menawarkan berbagai tambahan fitur yang menarik untuk Anda gunakan, dalam mengoptimalkan komputer Anda.

7. Cleaner Master Booster

Kalau komputer Anda sudah mulai terasa lambat karena media penyimpanan yang sudah mulai penuh, maka Anda perlu mengecek file-file sampah (temporary) di komputer Anda. Untuk mengecek file-file tersebut dengan baik, maka software Cleaner Master Booster ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan Anda. Software ini akan melakukan scanning pada media penyimpanan di komputer Anda, lalu memunculkan file-file sampah yang perlu untuk dihapus. Kemudian, Anda bisa memilih file mana saja yang perlu untuk Anda hapus dan tidak. Software ini pun bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui halaman Microsoft Store.

Akhir kata

Itulah beberapa pilihan alternatif untuk software terbaik yang bisa membantu menjaga kinerja dengan melakukan optimasi pada komputer Windows 10 Anda. Kalau Anda memiliki tambahan software lainnya, atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY