Mengambil gambar atau foto di jaman sekarang memang sudah semakin mudah. Dengan adanya smartphone yang sudah dimiliki oleh hampir semua orang di dunia ini, tentunya tidak sulit lagi untuk mengabadikan momen-momen yang unik dan jarang, kapanpun dan dimanapun. Di samping itu pula, gambar atau foto tersebut sudah menjadi bagian penting dari bisnis, baik itu online atau pun offline. Para pebisnis online seperti e-commerce, tentunya sangat membutuhkan dalam hal ini.

Hanya saja, beberapa e-commerce sendiri memang membutuhkan ukuran atau resolusi gambar yang harus disesuaikan, sehingga gambar Anda pun akan tampak lebih baik saat dipromosikan. Sedangkan kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera, baik itu dari smartphone apalagi dari kamera DSLR tentunya memiliki ukuran yang cukup besar. Agar bisa pas dengan ukuran atau kolom yang telah diberikan oleh toko online, website, atau e-commerce, maka Anda perlu melakukan perubahan ukuran (resolusi) pada gambar atau foto tersebut.

7 Softaware terbaik untuk mengubah ukuran gambar di Windows 10

Kalau Anda memang memiliki bisnis online, seperti toko online dan menawarkan produk di e-commerce, tentunya Anda memerlukan software untuk mengubah ukuran gambar dengan cepat, dan tidak menghabiskan banyak resource dari komputer.

Untuk itu, di bawah ini Saya sudah menyediakan 7 software yang bisa Anda gunakan pada Windows 10, baik yang gratis maupun yang berbayar. Untuk membantu Anda dalam mengubah ukuran gambar atau foto dengan cepat.

1. Image Resizer by Windows

Software yang pertama ini adalah software dari Microsoft langsung atau software asli Windows, yang bisa Anda dapatkan secara gratis loh! Cara penggunaan software ini sendiri sangatlah mudah, karena Anda cukup membuka gambar yang ada melalui software ini, lalu tinggal tarik slider untuk mengubah ukuran dari gambar. Hebatnya lagi, software ini tidak hanya mengerjakan satu persatu gambar, tapi Anda juga bisa langsung memasukkan lebih dari satu gambar untuk diubah ukurannya secara sekaligus. Kualitas gambarnya pun tidak perlu Anda khawatirkan, karena pasti akan tetap terjaga.

2. High Quality Photo Resizer

Software yang kedua ini juga masih bisa Anda dapatkan secara gratis. Software ini pun bisa melakukan perubahan ukuran gambar secara sekaligus, sehingga mempercepat waktu Anda dalam bekerja. Di dalam software ini pun sudah ditambahkan 30 lebih efek untuk membuat gambar Anda terlihat lebih baik, sebelum Anda upload ke sosial media, atau pun ke e-commerce loh! Kualitas dari gambar atau foto Anda pun akan tetap terjaga dengan baik, walaupun dengan ukuran atau resolusi yang lebih kecil. Dukungan terhadap format gambar pun terbilang cukup lengkap.

3. FastStone Photo Resizer

Software yang ketiga ini tidak hanya bisa membantu mengubah ukuran gambar dengan cepat, tapi juga bisa membantu dalam mengubah nama, memotong, memutar, warna, penambahan teks, serta beberapa fungsi editor layaknya profesional. Tentu saja, software ini juga bisa mengerjakan banyak foto secara sekaligus, dan melakukan perubahan nama, yang outputnya akan ditambahkan angka sehingga akan tampil berurutan. Software ini sendiri tersedia secara gratis untuk fitur yang lebih sedikit, dan Anda bisa membuka semua fiturnya dengan membayar hanya $19,95.

4. Caesium

Caesium merupakan software yang ternyata sudah mendapatkan penghargaan, jadi Anda tidak perlu ragu lagi dengan hasil dan kualitasnya. Fitur utama yang membuat software ini menjadi terbaik adalah mengubah ukuran dari gambar, tapi kualitas dari gambar tersebut tetap terjaga (HD). Hal ini tentunya akan membuat penggunaan memori di komputer Anda semakin berkurang. Walaupun software ini sudah mendapatkan penghargaan, tapi ternyata bisa Anda dapatkan secara gratis loh!

5. FotoSizer

Sesuai dengan namanya, tentunya fungsi dari software ini adalah untuk mengubah ukuran dari gambar atau foto. Hanya butuh 3 langkah sederhana untuk mengubah ukuran gambar menggunakan software ini, dan bisa dilakukan dalam banyak gambar secara sekaligus. Anda pun bisa menambahkan watermark pada foto Anda, baik berupa teks atau pun logo yang telah Anda siapkan. Untuk outlinenya pun, bisa Anda ganti menjadi rounded atau tetap dalam bentuk kotak. Software ini pun akan muncul pada konteks menu (klik kanan), saat Anda melakukan klik kanan pada foto yang ingin Anda ubah ukurannya. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencarinya pada start menu atau desktop. Software ini tersedia secara gratis untuk masa uji coba (Trial), dan bisa Anda dapatkan secara full dengan harga Rs. 1080.

6. Converseen

Untuk Anda yang menggunakan lintas platform, maka software ini cocok untuk Anda gunakan. Karena, software ini tidak hanya dirancang untuk sistem operasi Window saja, tapi bisa juga untuk sistem operasi Linux. Software ini bisa membantu untuk mengubah ukuran, memutar, dan membaliknya, hanya dalam satu klik saja. Fitur yang istimewa dari software ini adalah, bisa mengubah file PDF menjadi gambar loh! Sangat cocok untuk Anda yang memiliki tugas dan berhubungan dengan file PDF menjadi gambar. Software ini pun bisa Anda dapatkan secara gratis loh!

7. Flexxi

Kalau Anda ingin mengubah ukuran gambar yang banyak secara sekaligus dalam satu klik saja, maka software Flexxi ini bisa menjadi rekomendasi juga untuk Anda. Selain mengubah ukuran gambar, software ini mendukung proses editing, mulai dari memutar gambar, serta menambahkan watermark dengan mudah. Software ini sendiri tersedia dengan harga $29,95, tapi Anda bisa mencoba masa trialnya dulu, sebelum memutuskan untuk membelinya.

Akhir kata

Itulah 7 software yang bisa membantu mengubah ukuran gambar di Windows 10, yang sangat mudah digunakan, dan mendukung untuk perubahan gambar yang banyak secara sekaligus. Kalau Anda memiliki rekomendasi software lainnya, atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY