Media penyimpanan merupakan hal yang sangat penting pada komputer. Pasalnya, semua pekerjaan yang telah Anda kerjakan pasti akan Anda simpan di dalam media penyimpanan tersebut. Media penyimpanan sendiri terbagi menjadi 2 tipe, yaitu Internal dan Eksternal.

Untuk media penyimpanan internal ini sendiri, biasanya menggunakan hardisk yang sudah terpasang pada komputer langsung. Di mana ini biasanya sudah menjadi bawaan saat pertama kali membeli atau merakit komputer. Hardisk internal bisa dikatakan tidak perlu lagi dicabut atau dikeluarkan dari komputer, kecuali memang sudah mengalami kerusakan dan perlu untuk diganti. Sedangkan untuk media penyimpanan eksternal sendiri, digunakan untuk memindahkan data dari komputer yang satu ke komputer yang lainnya. Pemindahan data seperti ini biasanya untuk melakukan backup terhadap komputer, jika ingin dilakukan install ulang atau pergantian media penyimpanan.

Software gratisan dan terbaik untuk mengecek hardisk

Hardisk rata-rata masih menggunakan peralatan mekanik di dalamnya, sehingga terbilang cukup rentan terhadap kerusakan, apalagi kalau sampai terbentur (jatuh). Kerusakan pada hardisk sendiri bisa kita lihat dari aktivitas sehari-hari pada komputer, dan juga lampu indikator yang ada pada casing PC atau laptop. Kalau komputer Anda terasa lambat, proses di task manager menunjukkan hardisk bekerja 100% terus-menerus, lampu indikator pada casing PC dan laptop berkedip terus menerus atau menyala tanpa berkedip, maka itu berarti ada masalah pada hardisk.

Nah, untuk melakukan pengecekan atau analisa menyeluruh terhadap hardisk, Saya sudah mengumpulkan 7 software yang gratis dan terbaik untuk Anda gunakan. Di samping itu pula, software-software ini juga bisa membantu dalam menyegarkan hardisk, sehingga bisa lebih awet untuk digunakan.

Apa saja software-software tersebut? Silahkan Anda simak selengkapnya di bawah ini.

1. TreeSize Free

Software TreeSize ini adalah software analizer hardisk yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Software ini sendiri memiliki tampilan yang lebih simpel dan mudah untuk digunakan. Sehingga menjadi pilihan terbaik untuk para pengguna awam. Software ini akan melakukan analisa terhadap hardisk di komputer Anda, kemudian menampilkan sisa ruang kosong yang masih bisa diguankan. Di sampng itu pula, software ini juga akan mengecek setiap aktivitas yang ada di dalam hardisk Anda. Hebatnya lagi, software ini tidak hanya bisa digunakan pada komputer saja, tapi bisa juga untuk smartphone loh!

2. SpaceMonger

Software kedua ini memiliki keunggulan tersendiri dibanding yang sebelumnya. Di mana selain untuk melakukan analisa terhadap ruang hardisk, software ini juga bisa membantu untuk menganalisa dan scanning terhadap media penyimpanan lain, seperti media penyimpanan pada jaringan atau pun itu dalam bentuk cloud storage. Software ini pun memungkinkan Anda untuk mengosongkan ruang hardisk, menyimpan, menyalin, dan menghapus data di dalam hardisk. Fitur pencarian yang sangat fleksibel yagn bisa dibagi berdasarkan kategori, ukuran, jenis dan lainnya untuk mempermudah menemukan file di dalam komputer Anda.

3. WinDirStat

Software gratis yang ketiga ini bisa membantu dalam menganalisa kecepatan dari hardisk, melihat jumlah penggunaan data, serta membersihkan ruang hardisk. Saat pertama kali Anda membuka software ini, maka akan langsung melakukan scanning hingga ke sub-subfolder yang ada. Anda pun akan dengan mudah untuk melihat daftar folder, subfolder hingga file-file di dalam komputer Anda. Terdapat pula fitur untuk melihat jenis ekstensi yang digunakan oleh file tersebut. Ukuran dari masing-masing file ini akan ditandai dengan indikator persegi panjang.

4. Wise Disk Cleaner

Software yang keempat ini juga bisa Anda dapatkan secara gratis dan memiliki kemampuan yang tidak kalah hebat dari software sebelumnya, Wise Disk Cleaner ini menawarkan fitur pembersihan dan juga defrag pada hardisk dengan mudah. Software ini pun bisa membantu dalam membersihkan semua data yang tidak Anda inginkan di dalam komputer Anda, seperti temporary browser dan file sampah dari sistem operasi Windows 10. Pada saat yang sama, proses defrag pun akan berjalan untuk merapikan struktur dari sector-sector yang ada di dalam hardisk Anda.

Terdapat fitur yang menarik, yaitu proses penjadwalan untuk melakukan pembersihan hardisk secara otomatis setiap harinya, mingguan, atau pun bulanan, tergantung dari kebutuhan Anda.

5. Wiztree

Wiztree ini merupakan software gratisan yang bisa membantu dalam mengalisa ruang di dalam hardisk eksternal (portabel), sehingga bisa membantu Anda menemukan file dan folder dengan cepat. Alat cepat ini tidak hanya membaca MFT (Master File Table) langsung dari hardsik dalam format NTFS, tetapi bisa juga untuk membantu Anda menemukan file yang lebih besar di dalam hardisk. Software ini juga bisa mempermudah untuk mengatur folder atau file berdasarkan ukurannya, kemudian bisa mempermudah Anda dalam menemukan file dan folder yang perlu untuk dihapus.

6. JDiskReport

Alat ini membantu Anda untuk mengetahui jumlah pasti ruang hardisk yang digunakan oleh file dan nama atau lokasi dari foldernya. Folder atau file yang sudah sangat lama pun bisa Anda temukan dengan software ini. Hal ini tentunya mempermudah Anda untuk menemukan file-file yang sudah tidak penting atau tidak digunakan lagi, dan bisa Anda hapus untuk menambah ruang kosong di dalam hardisk Anda.

7. TweakNow Diskanalyzer

Software yang gratis terakhir ini juga memberikan kemudahan untuk para pengguna dalam melakukan analisa dan pengaturan terhadap file dan folder yang ada di dalam hardisk Anda. Tampilan atau interface yang lebih mudah digunakan pun akan membuat pengguna awam pun bisa menggunakannya dengan mudah. Dari hasil analisa atau scanning software ini, bisa Anda lihat mana file atau folder yang banyak mengambil ruang dari hardisk Anda, dan mana file yang sudah tidak Anda perlukan lagi. Kemudian, Anda bisa memutuskan untuk menghapus file-file tersebut.

Akhir kata

Semua software di atas bersifat gratis dan bisa Anda temukan dengan mudah melalui halaman pencarian Google. Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY