Di jaman yang teknologi digital semakin maju ini, file visual seperti gambar, memang menjadi koleksi terbanyak di dalam komputer. Apalagi dengan smartphone yang saat ini sudah dilengkapi dengan kamera yang super canggih, sehingga gambar yang dihasilkannya pun menjadi semakin bagus. Hal inilah yang membuat media penyimpanan kita menjadi penuh, lalu kemudian Anda melakukan backup ke dalam komputer.

Beberapa dari Anda mungkin tidak sadar kalau ternyata, file-file yang telah Anda backup tersebut ternyata sudah pernah Anda backup sebelumnya. Sehingga, file-file gambar tersebut memiliki duplikat (kembar), yang tentu saja akan membuat media penyimpanan di dalam komputer menjadi membengkak.

Software pencari dan menghapus gambar kembar di Windows 10

Kita semua tentunya ingin menyimpan setiap momen-momen bahagia, baik itu bersama keluarga, pacar, atau pun teman. Dengan akumulasi dari file-file yang semakin bertambah tiap saat, maka sebaiknya Anda mulai mencari dan membersihkan file-file gambar yang tidak penting, apalagi kalau sampai ada yang duplikat.

Pada artikel sebelumnya, Saya sudah membahas mengenai software yang bisa mencari file kembar di komputer. Cara tersebut sebenarnya bisa saja Anda gunakan, dan mungkin akan memberikan hasil yang lebih lengkap. Akan tetapi, kalau memang Anda hanya ingin fokus terhadap pencarian gambar-gambar yang terduplikat, maka Anda bisa mencoba beberapa software yang akan Saya bagikan di artikel ini.

Namun, sebelum Anda mulai menggunakan cara ini, ada baiknya Anda melakukan backup terhadap gambar-gambar di folder baru atau di media penyimpanan eksternal, khususnya untuk file-file gambar yang penting. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti ketidaksengajaan saat menghapus gambar tersebut. Jika sudah, silahkan Anda coba beberapa software berikut ini untuk Anda gunakan dalam mencari file gambar yang terduplikat atau kembar.

1. Find.Same.Images.OK

Find.Images.OK ini bisa membantu Anda dalam menemukan gambar yang terduplikat atau kembar, dengan menggunakan perbandingan pada tingkat piksel dari gambar tersebut. Jadi, kalau gambar tersebut diputar, atau pun dibalik, sampai ukuran yang berubah, maka software ini tetap bisa menemukan kembaran dari gambar tersebut. Cara ini tentunya sangat berguna jika Anda sering mendownload gambar dan lupa menghapus file aslinya saat dibackup.

2. Awesome Duplicate Photo Finder

Software yang kedua ini memiliki keunggulan tersendiri. Di mana software ini tersedia pula dalam bentuk portable, sehingga Anda tidak perlu menginstalnya saat ingin menggunakannya di komputer lain. Tentunya ini sangat berguna untuk para teknisi yang bisa membantu kliennya dalam mencari dan menghapus file-file gambar yang kembar. Hebatnya lagi, software ini tetap bisa menemukan gambar yang kembar, walaupun gambar tersebut sudah berbeda warna, ukuran, atau pun tampak serupa. Setelah file-file gambar tersebut ditemukan, Anda pun bisa memutuskannya untuk dihapus atau memindahkannya ke folder lain.

3. CCleaner

CCleaner ini memang software yang bisa dikatakan memiliki fitur yang cukup kompleks untuk optimasi komputer. Dimana software ini juga bisa digunakan untuk mencari dan menghapus file-file gambar yang kembar. Hanya saja, karena memiliki fitur yang cukup kompleks di dalamnya, tentunya pencarian gambar yang kembar ini bukanlah hal utama dalam software ini. Sehingga, detail dari pencarian gambar yang kembar ini tetap memiliki batasan. Software ini hanya bisa menemukan gambar dengan ukuran yang sama persis.

4. Glary Duplicate File Finder

Dengan menggunakan software Glary Duplicate File Finder ini, maka Anda bisa mencari semua gambar yang ada di dalam komputer Anda, dan bisa dengan mudah menemukan gambar kembar. Dari hasil pencarian yang muncul tersebut, maka Anda bisa dengan mudah menentukan menyimpan gambar atau menghapusnya. Software ini mencari gambar kembar berdasarkan jenis file, konten, ukuran dan juga tanggal. Kalau Anda hanya ingin memunculkan kembaran dari file gambar saja, maka Anda cukup mengklik tombol Check Intelligent. Dengan tombol tersebut, maka Anda bisa menghapus semua gambar dengan satu kali klik, tanpa memilih-milih lagi.

5. VisiPics

Software yang selanjutnya bernama VisiPics yang memang termasuk software yang sudah lama. Hal ini terlihat dari tampilannya yang terbilang tidak mengikuti perkembangan di jaman sekarang. Akan tetapi, kemampuan dari software ini tentunya cukup terbaik. Software ini memiliki 3 filter yang berbeda dalam menentukan file gambar yang duplikat. Software ini mendukung berbagai macam jenis file, mulai dari JPEG, GIF, PNG, BMP, PCX, TIFF, TGA dan RAW. Hasil pencariannya pun bisa Anda temukan dengan mudah, melalui preview. Sehingga, Anda bisa menentukan kalau gambar tersebut kembar atau tidak.

6. Visual Similarity Duplicate Image Finder

Software yang satu ini bisa membantu Anda mencari gambar yang mirip berdasarkan format gambar, resolusi (bit), dan juga ukuran dari gambar tersebut. Hebatnya lagi, terdapat fitur yang bisa Anda gunakan untuk memilih persentase kemiripan gambar yang akan dicari.

7. AntiTwin

Untuk yang terakhir bernama AntiTwin yang memiliki ukuran kecil, tapi memiliki kemampuan hebat dalam menemukan gambar yang kembar. Software ini bisa membandingkan konten melalui ukuran dan tanggal. Saat membandingkan gambar, software ini menggunakan satuan byte atau piksel untuk bisa menentukan hasil akurat dari pencarian gambar yang kembar tersebut. Sebenarnya software ini tidak hanya digunakan untuk mencari gambar yang duplikat, tapi bisa juga untuk dokumen, video, musik, atau pun file lainnya. Setiap hasil pencarian dari software ini bisa Anda lakukan preview terlebih dulu untuk memastikan.

Akhir kata

Itulah beberapa software pencari gambar yang kembar di Windows 10. Silahkan Anda pilih software yang cocok untuk Anda gunakan di komputer, untuk membantu menemukan gambar yang kembar, agar media penyimpanan Anda bisa sedikit lega.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY