Streaming saat bermain game saat ini memang menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh para gamer saat ini. Apalagi kalau aktivitas tersebut dihubungkan ke Youtube, dimana jika Anda sudah bekerja sama dengan Google Adsense, maka Anda pun bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari Google. Belum lagi dari para penonton Anda, yang jika memang menyukai permainan atau aktivitas gaming Anda, bisa memberikan donasi langsung.

Untuk Anda yang memang ingi mencoba menjadi seorang broadcaster gaming, maka silahkan Anda coba salah satu dari 6 program broadcasting berikut ini.

1. Steam Broadcasting

Steam merupakan salah satu software sekaligus perusahaan developer software yang menjadi toko online game dan software. Bagi para gamer, nama Steam ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Pasalnya, di dalam Steam ini terdapat banyak sekali game-game menarik, mulai dari yang jadul hingga yang terbaru untuk bisa Anda mainkan di komputer (PC/Laptop).

Di Steam ini, Anda bisa bermain game sambil melakukan streaming atau broadcasting secara online, tanpa perlu menginstall software tambahan lagi. Hebatnya lagi, Anda bisa mengatur opsi untuk streaming Anda tersebut, mulai dari membatasi teman yang menonton atau pun membukanya untuk semua teman-teman Anda. Teman yang sudah masuk dan menonton permainan Anda, bisa melakukan komunikasi seperti chating dengan Anda.

Tapi, kalau memang Anda ingin streaming online Anda tersebut ditonton oleh banyak orang di Steam, maka Anda bisa langsung memilih opsi “Anyone can watch my games”. Kekurangan melakukan streaming atau broadcasting dengan Steam ini adalah, tidak adanya dukungan terhadap webcam. Sehingga orang-orang yang menonton Ada itu tidak bisa melihat wajah Anda. Tapi, untuk dukungan suara tentu tetap ada.

2. NVIDIA GeForce Experience untuk Twitch, Facebook, dan YouTube

nVidia yang merupakan salah satu brand ternama untuk urusan graphic card ini memang sudah sangat terkenal. Nama nVidia di kalangan gamers seluruh dunia memang sudah tidak asing lagi. Pasalnya, nVidia memang memiliki segudang koleksi VGA Card yang sangatlah mumpuni untuk digunakan bermain game. Perangkat-perangkat VGA Card-nya ini pun bisa menjangkau semua kalangan, mulai dari bawah hingga high-end. Fitur dan kecanggihan teknologi yang ditambahkannya pun selalu yang paling mutakhir, sehingga membuat pelanggan selalu terpuaskan saat menggunakannya.

Untuk Anda pengguna VGA Card nVidia, maka fitur yang bisa dimanfaatkan pada VGA tersebut adalah software GeForce Experience. Di dalam GeForce Experience ini telah disematkan berbagai pengaturan untuk mempermudah para gamer mendapatkan performa terbaik dan juga streamer loh!

Untuk para streamer pun, Anda bisa melakukan broadcasting saat bermain game dengan GeForce Experience tersebut. Kemudian, Anda bisa membagikan broadcasting Anda tersebut ke dalam platform media sosial video streaming online, seperti Facebook, youtube atau pun twitch. Akan tetapi, fitur ini hanya bisa mendukung untuk satu platform media sosial video streaming saja ya!

Fitur ini menggunakan teknologi dasar yang digunakan pada fitur NVIDIA ShadowPlay untuk melakukan perekaman pada game yang Anda mainkan. Sehingga, mempermudah Anda untuk melakukan streaming ke Twitch atau pun Youtube Live, untuk Anda yang ingin mendapatkan banyak Followers. Tidak hanya itu saja, Facebook yang juga memiliki banyak sekali pengguna, juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan streaming, tanpa harus mengirimkan link lagi.

Fitur streaming online oleh GeForce Experience ini pun memungkinkan Anda untuk mengaktifkan suara, dan berbicara pada mikrofon yang Anda gunakan untuk menjelaskan perjalanan Anda di game tersebut kepada para penonton. Hebatnya lagi, Anda bisa menempatkan webcam untuk menampilkan wajah Anda pada video streaming Anda dengan ukuran yang bisa disesuaikan.

3. AMD ReLive untuk Twitch, Facebook, YouTube, dan Lainnya

Saingan dari nVidia dalam hal perangkat gaming, khususnya VGA Card adalah AMD. Produsen yang memang bisa dikatakan saingan dari Intel dan nVidia ini juga memiliki segudang perangkat dan fitur yang handal untuk para gamer. Sebagai saingan dari GeForce Experience dari nVidia, AMD pun memberikan software yang bernama ReLive sebagai bawaan dari driver hardwarenya. Software ini pun memungkinkan Anda untuk melakukan streaming ke Twitch, Facebook, Youtube, Mixer Microsoft, Sina Weibo, atau pun ke STAGE TEN.

Sama seperti nVidia GeForce Experience tersebut, produk dari AMD ini tentunya hanya bisa digunakan pada perangkat VGA Card AMD saja. VGA Card yang mendukung penggunaan fitur ini adalah yang termasuk dalam dalam AMD Graphics Core Next (GCN) versi desktop pastinya.

Pengaturan streaming pada AMD ReLive ini bisa Anda temukan pada Settings AMD Radeon, lalu pilih pada opsi ReLive> Streaming. Anda pun bisa langsung menekan tombol Alt + Z, lalu pilih pada tombol “Broadcast”, dan streaming online Anda pun sudah berjalan.

4. Battle.net Streaming untuk Facebook

Battle.net yang merupakan bagian dari developer Blizzard’s game merupakan launcher yang memungkinkan Anda untuk melakukan streaming online untuk game-gamenya. Hanya saja, fitur dari Battle.net ini hanya bisa memanfaatkan satu sosial media streaming saja, yaitu di Facebook Live. Game-game yang bisa melakukan streaming pun sangatlah terbatas, mulai dari Overwatch, Heartstone, Starcraft II, Diablo III, Heroes of the strom, dan juga World of Warcraft.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, silahkan Anda download dan install terlebih dulu softwarenya di halaman Battle.net. Kemudian, di halaman awal dari aplikasinya ini, silahkan Anda klik pada ikon kamera video yang biasanya berada pada sudut kanan atas launcher tersebut. Setelah itu, Anda pun akan diminta untuk memasukkan atau login dengan akun Facebook Anda. Kalau sudah selesai, maka Anda bisa langsung tekan tombol CTRL + F1 saat sudah berada di dalam game untuk mulai melakukan streaming.

5. Windows 10 Broadcasting untuk Microsoft Mixer

Bagi Anda pengguna Windows 10, maka Anda pun bisa melakukan streaming saat bermain game. Karena, pada sistem operasi Windows 10 ini telah dilengkapi dengan fitur yang bernama Microsoft Mixer service. Hanya saja, aktivitas streaming game Anda hanya bisa ditampilkan pada para pengguna Mixer Microsoft ini saja. Fitur ini sendiri bagian dari Game Bar dari Windows 10.

Untuk memanfaatkan fitur ini, maka Anda cukup memasukkan akun Microsoft Anda dan tidak memerlukan lagi software tambahan. Untuk yang ingin menonton Anda, maka cukup mengunjungi halaman url resmi dari Mixer ini (mixer.com/your_xbox_gametag_name) pada browser.

Walaupun, sistem operasi Windows ini paling banyak penggunanya untuk versi desktop komputer, tapi jumlah penonton yang bisa Anda dapatkan itu tentunya akan sedikit saja. Tidak seperti di Twitch, Youtube, atau pun Facebook. Namun, Mixer ini masih lebih baik dari Steam, karena bisa menampilkan video Webcam dan juga suara dari mikrofon Anda secara live.

6. OBS untuk Penyiaran Powerfull di Twitch dan Layanan Lainnya

Untuk yang terakhir ini mungkin sudah banyak sekali yang mengetahuinya, khususnya untuk kalangan streamer dan broadcaster game, yaitu OBS. Ini adalah salah satu software streaming yang terlengkap dan canggih. Anda pun bisa langsung melakukan streaming online ke berbagai platfomr streaming sosial media, mulai dari Youtube, Twitch, Facebook dan lainnya secara bersamaan.

Di dalam software OBS ini pun dilengkapi dengan berbagai pengaturan yang memungkinkan Anda untuk bisa melakukan streaming lebih baik. Hanya saja, untuk Anda para pemula, software ini tidak Saya rekomendasikan ya! Pasalnya, untuk penggunannya memang terbilang cukup sulit.

Nah, itulah beberapa software atau program komputer yang banyak digunakan oleh streamer gaming di berbagai platform sosial media streaming. Menurut Anda, mana yang lebih bagus? Silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ya!

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY