Menggeluti dunia digital, seperti desain grafis, editing video, atau pun animasi memang memerlukan biaya yang sangatlah besar. Tidak hanya dalam mempelajarinya saja, tapi untuk hardware hingga software komputer yang Anda butuhkan itu bisa membutuhkan harga puluhan hingga ratusan rupiah loh!

Nah, untuk bisa menghemat budget Anda, maka Anda bisa beralih menggunakan software-software gratis di bawah ini, sebagai alternatifnya yang tidak kalah hebatnya dari softare berlisensi mahal.

1. GIMP

Untuk Anda yang saat ini sedang menggeluti dunia desain grafis, maka GIMP adalah salah satu solusi alternatif kalau Anda memang belum memiliki budget membeli produk Adobe yang super mahal, yaitu Photoshop . GIMP ini merupakan singkatan dari GNU Image Manipulation Program, yang memiliki ukuran di bawah 100MB saja loh! Walaupun ukurannya kecil, tapi fitur-fiturnya itu terbilang selengkap Adobe Photoshop. Anda pun bisa menghemat uang sekitar 6 jutaan rupiah pertahun dari lisensi Adobe Photoshop tersebut.

2. Gravit

Masih dari dunia desain grafis, yang bisa menjadi alternatif pengganti Adobe Illustrator, yaitu Gravit. Software ini pun sudah banyak diakui, kalau jauh lebih baik dari Adobe Illustrator loh! Sama seperti GIMP di atas, tentunya Anda bisa menghembat uang yang cukup besar pertahunnya untuk bisa belajar desain grafis atau pun menghasilkan karya dari 2 software desain grafis tersebut.

3. Lightworks

Untuk yang ketiga ini kita akan beralih ke para editor video. Di mana Ligthworks ini memang memiliki fungsi sebagai editing yang banyak disetarakan dengan Adobe Premier Pro. Tidak hanya gratis dan memiliki fitur editing yang bagus, Lightworks ini ternyata mendapatkan penghargaan Emmy loh! Kalau memang Adobe Premiere Pro terlalu mahal bagi Anda sebagai editor video, maka silahkan Anda menggunakan Lightworks ini sebagai alternatif pengganti untuk mengedit video-video Anda.

4. DraftSight

Beralih ke dunia grafis kembali, tapi sedikit ke urusan perancangan, baik itu bangunan atau pun karakter animasi yang menggunakan software Draftsight. Kalau umumnya, AutoCAD adalah software yang banyak dikenal untuk tujuan perancangan bangunan tersebut. Tapi, dengan software Draftsight ini, maka Anda bisa menggunakannya secara gratis dengan fitur yang terbilang cukup lengkap dan ukuran yang jauh lebih kecil daru AutoCAD. Karena software Draftsight ini bersifat gratis, maka Anda pun bisa menghemat uang sebesar 16 jutaan rupiah pertahun dari pengguna AutoCAD loh!

5. Blender

Bagi yang suka dunia animasi, maka Blender adalah software alternatif terbaik untuk menggantikan 3ds Max. Salah satu hasil karya yang dibuat menggunakan software ini adalah karakter di Final Fantasy XIII. Dengan menggunakan software Blender yang gratis ini, maka Anda bisa menghemat hingga 47 jutaan rupiah setahun loh!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY