Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows mungkin bertanya-tanya mengenai folder yang bernama System Volume Information. Folder ini pun terlihat agak samar (blur) daripada folder-folder lain yang Anda buat, sehingga membuat khawatir apakah itu virus atau bukan. Tidak hanya itu saja, folder System Volume Information ini pun langsung ada pada setiap driver (Partisi) dari hardisk Anda, walaupun itu adalah hardisk baru (kosong).

Folder System Volume Information ini pun ada pada semua sistem operasi Windows, sejak Windows XP hingga Windows 10 saat ini. Folder ini biasanya diproteksi dan disembunyikan (Hidden), sehingga saat Anda membuka semua proteksi atau yang disembunyikan, maka folder ini akan terlihat samar (blur). Tapi, apa sih fungsi dari folder ini sebenarnya? Kenapa selalu ada pada setiap partisi dan terlihat samar? Pertanyaan tersebut akan kami jawab di bawah ini selengkapnya.

Tentang Folder System Volume Information

Folder System Volume Information ini merupakan folder yang mengoperasikan sistem operasi Windows yang diproteksi. Di dalamnya itu menyimpan banyak informasi mengenai sistem operasi Windows dan pengaturan lainnya. Untuk bisa melihat dan membuka folder tersebut, maka Anda harus membuka proteksi atau file yang tersembunyi tersebut, yang caranya bisa Anda baca artikel yang berjudul ‘cara melihat folder yang tersembunyi (hidden)’. Setelah itu, silahkan Anda langsung buka partisi atau driver di komptuer, dan nantinya akan muncul folder System Volume Information tersebut.

Informasi-informasi yang tersimpan di dalam folder System Volume Information di Windows tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pengaturan system restore point
  • Backup dari partisi
  • Database dari Indexing Services
  • Pengaturan kapasitas disk bertipe NTFS
  • Database Distributed Link Tracking Service
  • Database dari replikasi file DFS.

Intinya, sebagian besar informasi yang tersimpan di dalamnya adalah untuk sistem operasi Windows dan juga file-file yang Anda simpan di masing-masing partisi atau drive. Inilah yang membuat folder ini muncul pada setiap partisi di komputer Anda.

Folder ini memang terproteksi dengan baik secara default pada sistem operasi Windows. Sehingga Anda tidak bisa membuka apalagi untuk menghapusnya. Untuk bis mengakses folder tersebut, Anda perlu memilih hak akses Administrator atau menambahkan username Anda, melalui Properties > Security. Untuk bisa menghapus folder tersebut, maka Anda harus mengubah ekstensi tipe dari hardisk Anda menjadi exFAT atau FAT32, yang artinya Anda harus melakukan format hardisk dulu.

Cara untuk mengakses folder System Volume Information di Windows 10

Untuk Anda yang ingin mengakses folder System Volume Information di Windows 10 ini, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih Command Prompt (Admin) dari daftar. Setelah itu, ketikkan perintah di bawah ini, yang diakhiri dengan menekan tombol Enter.

cacls “driveletter:\System Volume Information” /E /G username:F

  • Perintah tersebut untuk menambahkan user Anda ke folder System Volume Information tersebut untuk mendapatkan akses penuh. Silahkan Anda ganti kata username menjadi nama pengguna di komputer Anda. Dan driveletter Anda ganti menjadi partisi yang ingin Anda akses folder System Volume Information. Misalnya,

cacls “d:\System Volume Information” /E /G segiempat:F

  • Untuk menghentikan atau menutup kembali hak akses tersebut, maka Anda gunakan perintah berikut:

cacls “driveletter:\System Volume Information” /E /R username

  • Untuk melihat apa saja yang file yang tersimpan di dalam folder System Volume Information tersebut, silahkan Anda gunakan perintah berikut:

vssadmin list shadowstorage

Kapasitas folder System Volume Information

Folder System Volume Information ini sendiri memang mengambil cukup banyak ruang di dalam partisi atau drive komputer Anda. Secara default, kapasitas yang bisa digunakan itu bisa mencapai 10GB untuk setiap partisi (drive). Kalau kapasitas media penyimpanan atau hardisk yang Anda gunakan terbilang kecil, tentunya ini bisa menjadi masalah untuk penyimpanan data-data penting Anda selanjutnya.

Apakah folder System Volume Information bisa dihapus?

Karena folder System Volume Information ini menyimpan informasi dan pengaturan penting untuk sistem operasi Windows Anda, maka sebaiknya jangan Anda hapus. Tapi, kalau Anda memang ingin menghapusnya, maka Anda harus mengubah tipe partisi hardisk Anda menjadi exFAT atau FAT32.

Sebagai pertimbangan, Anda bisa membersihkan file-file di dalamnya dengan 2 poin berikut ini:

  • Hapus semua system restore point yang telah Anda buat.
  • Membatasi penggunaan media penyimpanan untuk System Restore Points tersebut.

Berikut ini adalah prosedur atau langkah-langkah dalam mengurangi penggunaan dari kapasitas folder System Volume Information terhadap System Restore Points di komputer Windows 10 Anda.

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + i pada keyboard, untuk membuka halaman Settings. Lalu silahkan Anda klik pada menu System > About > System Info. Atau Anda bisa langsung menekan shortcut tombol Win + Pause Break di keyboard.
  • Selanjutnya klik pada System Protection pada daftar menu di panel kiri.
  • Setelah muncul halaman pop up baru, silahkan Anda pilih drive yang ingin Anda hapus folder System Volume Information, lalu klik pada tombol Configure.
  • Untuk tahap berikutnya, pastikan opsi Turn on system protection sudah terpilih. Kemudian, Anda bisa mengatur kapasitas dari penampungan untuk System Restore Points yang akan Anda gunakan. Pengaturan tersebut bisa Anda lakukan pada kolom Disk Space Usage. Silahkan Anda tarik ke kiri untuk mengurangi kapasitasnya.
  • Namun, jika foldernya memang sudah terlalu besar, maka Anda bias menghapus semua pengaturan System Restore Points yang telah Anda buat sebelumnya, dengan menekan tombol Delete.

Kalau Anda memang sama sekali tidak ingin mengaktifkan fitur System Restore Point tersebut, maka Anda bisa mengganti opsi menjadi Disable system protection.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY