Update Windows 10 Build 17704 ini baru saja dirilis oleh pihak Microsoft. Update tersebut tentunya ditujukan untuk memberikan tambahan fitur, aplikasi, dan lainnya untuk membuat Windows 10 ini lebih nyaman digunakan oleh para pengguna setianya.

Untuk Anda yang ingin tahu seperti apa fitur yang terdapat di dalam update Windows 10 Build 17704 terbaru ini, silahkan Anda simak selengkapnya di bawah ini”

1. Pengaturan Autoplay

Pada update terbaru Windows 10 yaitu Build 17704 ini, maka Anda pun akan mendapatkan pengaturan autoplay. Pengaturan untuk autoplay ini memungkinkan Anda untuk bisa mengatur konten yang bisa mainkan secara otomatis atau tidak. Pada pengaturannya itu terdapa 3 pilihan yaitu:

  • Allow: Akan secara otomatis menjalankan media dari konten yang sedang aktif.
  • Limit: Membatasi untuk konten video tanpa suara (mute), tapi konten akan tetap aktif secara otomatis.
  • Block: Konten hanya bisa Anda mainkan secara manual. Akan tetapi, fitur ini masih memiliki bug, di mana kemungkinan konten (video/musik) pada halaman tersebut tidak akan bisa dimainkan lagi, walaupun sudah Anda klik berkali-kali.

2. Icon PDF Baru

Perubahan yang dilakukan pada Microsoft pada upgrade Windows 10 Build 17704 ini tidak hanya pada segi fitur saja, tapi untuk ikon software pun mengalami perubaha. Seperti salah satunya adalah ikon PDF yang baru saat Anda menggunakan Microsoft Edge sebagai aplikasi untuk membuka PDF secara default.

3. Skype Baru

Pada build terbaru dari Microsoft ini pun terdapat penambahan pada Skype terbaru yang membawakan berbagai fitur dan juga peningkatan terbaru di dalamnya, seperti Experience call yang baru, Call canves fleksibel, Capture snapshot, Tampilan yang baru, tema yang bisa dikostumisasi, dan berabgai fitur menarik lainnya.

4. Efek Bayangan di Tab Edge

Untuk browser bawaan Windows 10 sendiri yaitu Microsoft Edge, diberikan tambahan style pada tab-nya. Penambahan efek tersebut adalah efek b ayangan yang memperlihatkan depth pada masing-masing tab yang terbuka. Sehingga memudahkan Anda untuk membedakan antara tab yang satu dengan yang lainnya.

5. Menu & Settings Baru di Edge

Masih dalam Microsoft Edge, di mana di dalamnya itu pun mengalami perombakan dari Menu dan juga Settings yang dibuat tampak lebih sederhana. Posisi menunya pun diletakkan pada lokasi utama untuk mempermudah pengguna dalam mengaksesnya. Sedangkan untuk Settingsnya dikelompokkan menjadi beberapa kategori agar terlihat lebih rapih.

6. Pengaturan Video Otomatis

Fitur ini tentunya akan sangat membantu untuk Anda yang suka menonton video atau film. Di mana Anda akan mendapatkan pengaturan otomatis untuk tingkat pencahayaan dari video di perangkat komputer Anda tersebut. Anda bisa menemukan fitur tersebut pada Settings > Apps > Video Playback. Fitur ini memanfaatkan sensor cahaya yang pada perangkat komputer Anda, yang umumnya terdapat pada layar laptop.

7. Screen Sketch

Sketch screen sendiri merupakan fitur baru yang ditambahkan pada Microsoft di Windows 10 Build 17704 ini. Fitur ini adalah pengganti dari Snipping Tool, hanya saja ini masih dalam tahap review, sehingga sangat bergantung dengan respon dari para pengguna nantinya.

Bisa dikatakan kalau fitur ini sangatlah mirip dengan Snipping Tool, hanya saja ada beberapa penambahan fitur lagi. Shortcut keyboard untuk mengaksesnya pun, cukup dengan menekan tombol WIN + Shift + S, atau menekan tombol Print Screen di keyboard Anda.

8. Typing Insight

Fitur yang tidak kalah menariknya di Windows 10 itu adalah mengetik lebih cepat, yang memang ditambahkan melalui AI dan Machine Learning, berupa rekomenasi kata, perbaikan pengejaan, autocorrect yang otomatis dan lain sebagainya. Fitur ini pun mendapatkan update lagi, yang bernama Typing Insight yang bisa membuat Anda melihat data statistik yang lebih lengkap lagi. Anda bisa melihatnya melalui menu Settings > Devices > Typing, kemudian Anda tinggal aktifkan View typing insight.

9. Install Font untuk Non-Admin

Pada Windows 10 terbaru ini, para guest atau pengguna non-admin pun sudah bisa menginstall font sendiri loh! Jadi, Anda pun tidak perlu lagi repot-repot menghubungi admin untuk membuka akses tersebut. Anda cukup mengklik kanan file font tersebut, lalu tunggu hingga muncul pilihan install atau pun install for all user. Anda cukup memilih opsi Install, sehingga Anda tidak perlu hak akses untuk admin.

10. Narrator Quickstart

Fitur terbaru untuk upgrade Windows 10 Build 17704 ini adalah Narator Quickstart. Di upgrade terbaru ini, saat Anda membuka narator, maka akan tampil tutorial Quickstart. Di dalamnya itu pun terdapat panduan dasar dari penggunaan Narrator tersebut, misalnya tombol keyboard, navigasi, command yang sering digunakan, dan yang lainnya.

11. Peningkatan Windows Mixed Reality

Kini Windows 10 ini telah ditambahkan fitur Quick Action Mixed Reality. Fitur ini pun akan memudahkan Anda untuk bisa kembali lagi ke Home, melihat jam, atau pun mengakses mengakses Mixed Reality Capture Tool, saat Anda menggunakan program Immersive.

12. Aplikasi Font Maker

Yang paling menarik pada update terbaru dari Windows 10 ini adalah penambahan aplikasi premium yang bernama Font Maker. Sesuai dengan namanya, aplikasi Font Maker pada Windows 10 Build 17704 ini memungkinkan Anda untuk bisa membuat font sendiri, baik itu dari hasil tulisan tangan Anda, atau pun menggunakan aplikasi desain. Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai aplikasi ini, silahkan Anda baca artikel Saya berikut ini “Aplikasi Font Maker di Windows 10“.

13. Peningkatan Kontrol Teks

Di update terbaru ini, kontrol teks pun menjadi lebih mudah dan cepat. Karena, upgrade Windows 10 terbaru ini dilengkapi dengan CommandBarFlyout control yang lebih cepat, seperti cut, copy, dan juga paste pada textbox dengan fungsi touch.

14. Peningkatan Windows Security

Sistem keamanan pada Windows 10 memang sudah lebih baik dari versi Windows sebelumnya. Peningkatan keamanan tersebut pun selalu diperbaiki untuk mencegah adanya kerusakan pada file sistem dan juga pengguna itu sendiri. Sistem security pada Windows 10 ini dikenal dengan nama Windos Security, yang mana pada bagian Current Threats dan Virus & Threat Protection, sudah bisa Anda lihat semua threats dan juga aksi yang perlu untuk diterapkan.

Terdapat pula fitur proteksi terbaru, yang bernama Block suspicious behaviors. Fitur ini dilengkapi dengan teknologi Windows Defender Exploit Guard untuk semua pengguna perangkat Windows. Fitur tersebut memungkinkan untuk memblokir semua aktivitas atau pun file yang mencurigakan di dalam komputer Anda.

Tidak hanya itu saja, Controlled Folder Access di Windows 10 ini juga bisa membantu untuk membuat komputer Anda kebal dari virus Ransomware yang sempat membuat semua orang resah beberapa waktu yang lalu. Karena, fitur ini mempermudah Anda untuk mengatur pemblokiran aplikasi, dan juga akses ke folder tertentu.

15. Peningkatan Task Manager

Pada Task Manager pun mendapatkan update, berupa penambahan 2 kolom baru pada bagian tab proses, yaitu:

  • Power Usage: Memperlihatkan penggunaan power untuk sebuah aplikasi atau services
  • Power Usage trend: Memperliathjkan trend penggunaan power untuk setiap aplikasi per 2 menit sekali.

Nah, itulah beberapa penambahan fitur terbaru dari Windows 10 Build 17704 terbaru ini. Dengan adanya penambahan fitur tersebut, maka Windows 10 Anda pun pasti akan lebih mempermudah pekerjaan Anda.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY