Sistem operasi Windows memang bukan sistem operasi yang pertama di dunia. Kehadiran dari sistem operasi Windows ini pun bisa dikatakan sebagai plagiat dari Apple. Akan tetapi, sistem operasi Windows ini sendiri jauh lebih kompleks dan mudah dalam penggunaannya. Software dan hardware yang tersedia pun jauh lebih banyak dan mudah untuk didapatkan.

Harga untuk sistem operasi, hardware, serta softwar yang kompatibel pun terbilang cukup murah. Pekerjaan di jaman sekarang ini pun masih banyak yang bergantung pada sistem operasi ini. Bahkan, untuk perangat mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sendiri masih menggunakan sistem operasi Windows (XP) di dalamnya loh!

Berbicara mengenai sistem operasi Windows, di bawah ini Saya telah merangkum beberapa informasi seputar hal yang membuat sistem operasi Windows ini lebih nyaman digunakan dibanding sistem operasi lainnya. Seperti apakah hal-hal tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

– Windows bisa menjadi ladang penghasilan

Sistem operasi Windows bisa dikatakan sistem operasi sejuta umat, di mana pengguna jadul maupun jaman sekarang masih sangat bergantung pada sistem operasi besutan Bill Gates ini. Bagi Saya pribadi, sistem operasi Windows ini bisa menjadi ladang penghasilan, di mana Saya awalnya mengenal dunia komputer melalui sistem operasi Windows. Di samping itu pula, berbagai macam pekerjaan saat ini memang lebih banyak ditunjang dengan komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Sehingga, sistem operasi Windows ini bisa dikatakan sistem operasi yang bisa menjadi ladang penghasilan untuk para penggunanya.

– Bisa lebih produktif dalam penggunaannya

Hampir sama dengan poin pertama di atas, di mana jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, pasti akan merasa lebih produktif dibandingkan menggunakan sistem operasi lainnya, seperti Mac atau pun Linux. Kenapa demikian? Ya, karena hampir semua pekerjaan di dunia memang lebih bergantung pada sistem operasi ini. Bahkan, Anda yang tidak memiliki pekerjaan di kantor bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri di rumah, seperti tukang ketik, instalasi Windows dan software, dan juga usaha warnet dan gaming center tentunya.

Tapi, bukan berarti sistem operasi lainnya tidak produktif ya! Hanya saja, sistem operasi Windows lebih banyak digunakan di hampir semua bidang pekerjaan. Sehingga, akan lebih kompatibel jika Anda menggunakan sistem operasi Windows untuk produktivitas Anda sehari-hari bukan?

– Para gamer bisa lebih nyaman

Kompatibilitas sistem operasi Windows dengan berbagai perangkat dan juga software tentunya adalah hal yang paling diunggulkan oleh sistem operasi ini, termasuk gaming. Rata-rata game PC jaman sekarang itu tentunya lebih banyak dibuat untuk sistem operasi Windows dari pada sistem operasi lainnya. Dominasi Windows dalam hal gaming memang bukan sebuah wacana lagi, tapi sudah menjadi fakta yang saat ini membuat developer sistem operasi lainnya merasa iri dan ingin juga mengikut hal tersebut, seperti Apple dengan Mac OS-nya.

Untuk Anda para penggila game, pasti akan lebih memilih sistem operasi Windows untuk PC gaming dibandingkan sistem operasi lainnya bukan?

– Perangkat hardware yang lebih bersahabat dengan dompet semua kalangan

Sistem operasi Windows adalah sistem operasi yang kompatibel pada hampir semua hardware komputer saat ini. Hardware untuk komputer Windows bisa dengan mudah Anda jumpai pada toko-toko hardware komputer. Sehingga, Anda tidak akan kesulitan saat ingin merakit PC untuk kebutuhan produktivitas Anda.

Misalnya Anda seoran gamer, yang saat ini ingin merakit PC gaming. Budget dengan kisaran 5 jutaan pun Anda sudah bisa memiliki sebuah PC gaming dengan kemampuan entry level, tapi bisa untuk bermain game sejuta umat, seperti Counter Strike, GTA V, dan game bola (PES/FIFA). Tapi, kalau Anda ingin membeli perangkat komputer dari Apple, maka Anda membutuhkan budget yang lebih dari 10 jutaan, bahkan bisa sampai 20 jutaan.

Budget sebesar itu untuk perangkat komputer Windows, sudah bisa menjalankan game kelas ekstrem tanpa ada lag sama sekali loh!

– Mudah dalam upgrade

Sistem operasi Windows saat ini sudah memasuki versi Windows 10. Bagi Anda pengguna PC dengan versi Windows sebelumnya (7, 8, 8.1) bisa langsung melakukan upgrade ke Windows 10 secara gratis, atau pun menggunakan serial number dari Windows Anda sebelumnya.

Tidak hanya dalam hal sistem operasi saja yang mudah untuk upgradenya, untuk bagian hardware PC pun Anda bisa lebih mudah dalam proses upgrade. Misalnya saja, CPU dari PC Anda ingin diupgrade dari Core i5 menjadi Core i7, RAM dari 4GB menjadi 8GB, VGA, hardisk, dan lain sebagainya. Semua itu bisa Anda upgrade dengan mudah, dan tetap akan kompatibel dengan sistem operasi Windows yang akan Anda gunakan. Kecuali Anda menggunakan Windows 32bit dengan RAM 8GB, maka yang akan terbaca hanyalah 4GB saja ya! Jadi, Anda hanya harus memastikan kalau sistem operasi Windows Anda tersebut sudah 64bit, sehingga Anda bisa dengan bebas melakukan hardware komputer.

– Kompatibilitas dengan perangkat lain lebih mudah

Komputer dengan sistem operasi Windows memang memilik tingkat kompatibilitas yang lebih baik, mulai dari hardware hingga softwarenya. Bagi Anda yang sering mengikuti kontes PC Moding, overclocking, dan lainnya, tentunya akan lebih mudah saat menggunakan sistem operasi Windows ini.

Tidak hanya itu saja, perangkat smartphone yang Anda gunakan pun akan lebih mudah terhubung dengan PC Windows, seperti Android atau pun iOS. Sangat jauh berbeda dengan perangkat besutan Apple (Mac) yang super premium ini, di mana itu Anda akan kesulitan untuk bisa menghubungkan perangkat berbeda platform.

PC Windows memiliki banyak varian aksesoris dan periferal yang sangat mudah dipasangkan dengan perangkat. Berbagai item teknologi tersebut membantu dan memudahkan pekerjaan kita dalam berbagai skema.

– Belajar komputer lebih mudah dengan Windows

Di awal Saya menggunakan komputer, sistem operasi yang pertama kali Saya gunakan adalah Windows. Belajar komputer dengan sistem operasi Windows memang jauh lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan sistem operasi lainnya. Apalagi, kalau kita kembali pada semua poin-poin di atas, memang sistem operasi Windows sangatlah dibutuhkan, baik itu untuk pekerjaan atau pun aktivitas biasa sehari-hari, seperti internet, game, dan lainnya.

Dari sistem operasi Windows ini pula, Saya bisa belajar memperbaiki komputer, baik dari sistem maupun hardwarenya. Belajar merakit PC lalu menginstall sistem operasi Windows pertama kali adalah hal yang paling menyenangkan dan membagakan. Dengan 2 kemampuan tersebut, Anda pun sudah pasti bisa dikatakan sebagai ahli IT yang tentunya banyak dicari oleh dunia perkantoran saat ini.

Nah, itulah beberapa hal yang membuat sistem operasi Windows lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Satu tambahan lagi dari Saya, yaitu mempelajari penggunaan sistem operasi Windows akan jauh lebih mudah dari pada harus mempelajari penggunaan sistem operasi lainnya. Karena, untuk masalah Graphic Interface User (GUI) dan fitur, sistem operasi Windows memang yang paling simpel dan mudah untuk dipelajari.

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY