Beralih dari Windows 7 ke Windows 10 memang memiliki perbedaan dan perubahan yang cukup signifikan. Mulai dari pengalaman penggunaan, fitur, hingga tampilan, yang bagi sebagian orang mungkin masih merasa awam saat menggunakannya. Akan tetapi, semakin lama Anda menggunakan Windows 10 ini, pasti Anda akan merasa kalau versi terbaru dari Windows ini memang jauh lebih baik dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya.

Menyematkan semua fitur dari versi Windows terdahulu dan memberikan penambahan fitur terbaru, membuat Windows 10 memang lebih baik dan kompleks digunakan. Hanya saja, dari berbagai macam fitur di Windows 10 ini, tentunya ada beberapa fitur yang tidak penting yang sebaiknya Anda non-aktifkan agar tidak mengganggu kinerja komputer Anda.

Fitur apakah yang dimaksud? Silahkan Anda simak selengkapnya di bawah ini:

1. Mematikan fitur Wi-Fi Sense

Beberapa dari Anda mungkin pernah membuka fitur WiFi Sense di Windows 10 ini. Dan, Anda pun pasti masih bertanya-tanya seperti apa fungsi dari WiFi Sense tersebut, bukan?

WiFi Sense yang ada pada Windows 10 ini sebenarnya bisa dikatakan tidak terlalu bermanfaat, dan bahkan bisa merusak keamanan pada Windows itu sendiri. Karena, WiFi Sense di Windows 10 itu merupakan fitur untuk bisa membagikan koneksi hotspot (WiFi) Anda ke teman-teman sosial media secara otomatis. Dengan cara ini, maka Anda pun tidak akan mendapatkan pertanyaan lagi mengenai password WiFi oleh teman-teman yang mau numpang online di rumah Anda. Belum lagi kalau ternyata password tersebut sulit untuk disebutkan.

Nah, untuk Anda yang memang tidak ingin mengaktifkan fitur tersebut, maka Anda bisa mencoba beberapa langkah di bawah ini untuk mematikannya:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan membuka fitur “Start Menu > Settings App > Network & Internet”.
  • Selanjutnya, Anda klik lagi opsi “Manage Wi-Fi settings”.
  • Kemudian, Anda akan melihat beberapa opsi settingan dari WiFi Sense tersebut pada bagian atas halaman tersebut. Untuk mematikan fitur berbagai WiFi di sosial media itu, cukup menghilangkan centang dari 3 opsi terbawah.

Kini WiFi (Hotspot) Anda pun sudah tidak bisa lagi diakses oleh teman-teman di sosial media Anda secara bebas.

2. Mematikan Bandwith Sharing untuk update Windows

Fitur lain yang dikembangkan oleh Microsoft pada Windows 10 ini adalah fitur update sharing. Fitur ini memungkinkan Anda para pengguna Windows 10 bisa saling berbagi jaringan baik itu LAN atau pun WiFi untuk mendownload update yang tersedia. Hal ini mirip-mirip dengan sistem yang digunakan pada program torrent, di mana Anda bisa mendownload update Windows tersebut dari komputer teman Anda yang sudah lebih melakukan update saat terhubung ke jaringan bersama. Teman Anda pun akan mengalami hal yang sama, jika memang komputernya belum update, maka di akan mendownload dari komputer Anda yang sudah update lebih dulu.

Hal ini memang bisa membuat jaringan Anda menjadi terbebani, dan tentunya Anda tidak ingin mengalami hal ini kalau sedang online atau bermain game online bukan? Maka dari itu, untuk mematikan fitur tersebut, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Silahkan buka “Start Menu > Settings > Update & Security”.
  • Pilih “Windows Update > Advanced options”.
  • Selanjutnya, Anda tinggal scroll ke bawah, lalu pilih opsi “Choose how updates are delivered.”
  • Terakhir, ubah mode On menjadi Off pada switch yang ada di bawah halaman tersebut.

3. Mematikan update otomatis Windows

Sebenarnya fitur update otomatis ini sudah ada pada sistem operasi Windows 7, dan aktif secara default. Hal ini, sebenarnya termasuk penting untuk Anda yang memang ingin selalu mendapatkan update terbaru dari Microsoft, baik itu dari segi fitur, keamanan, aplikasi, dan lain sebagainya. Hanya saja, setelah proses update selesai, dan komputer Anda sedang tidak digunakan, maka itu akan melakukan restart sendiri.

Kalau ternyata saat itu Anda sedang mengerjakank dokumen, desain, atau pun edting video penting, maka itu tentunya bisa hilang, kalau belum Anda sempat save. Untuk mematikan fitur tersebut, maka Anda bisa mencoba langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Silahkan Anda masuk ke Start Menu > Settings > Update & Security > Advance Options.
  • Selanjutnya, pada halaman tersebut, silahkan Anda pilih opsi “Choose how updates are installed”.
  • Kemudian, silahkan Anda klik menu drop down, dan pilih opsi yang bertuliskan “Notify to schedule restart.”

4. Mematikan akses lokasi, penggunaan microphone & webcam

Pada Windows 10 terbaru ini, aplikasi pihak ketigak itu bisa memiliki akses untuk perangkat komputer Anda, seperti microphone, webcam, hingga titik lokasi Anda berada. Fitur ini mirip dengan aplikasi yang ada pada perangkat Android atau mobile lainnya. Walaupun memang ada beberapa aplikasi yang membutuhkan akses tersebut, seperti aplikasi video call, tapi tidak semua aplikasi tentunya perlu mendapatkan akses tersebut, untuk mengurangi pekerjaan dari komputer Anda. Apalagi untuk masalah akses lokasi, yang mungkin beberapa dari Anda itu sedikit bersifat privasi, tentunya tidak ingin mengaktifkan fitur tersebut. Di samping itu, fitur tersebut bisa menguras baterai dari perangkat komputer Anda untuk yang menggunakan laptop.

Untuk mematikan semua fitur tersebut, silahkan Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Masuk ke menu Settings > Privacy > Location, kemudian ubah semua switch ke mode off pada daftar aplikasi yang ada di sebelah kanan layar.
  • Kemudian, Anda lanjut lagi pada opsi “Camera”, dan lakukan hal yang sama pada daftar aplikasi yang ada di sebelah kanan layar.

Anda bisa melakukan hal yang sama untuk setiap opsi selanjutnya.

5. Mematikan aplikasi yang berjalan di background

Fitur selanjutnya yang sebaiknya Anda matikan pada Windows 10 itu adalah aplikasi yang berjalan di background. Pada Windows 10 ini telah diberikan fitur yang menarik untuk Anda yang memang memiliki komputer atau laptop dengan spesifikasi menengah ke bawah, untuk mudah mematikan aplikasi yang berjalan di background, agar membuat komputer Anda bekerja dengan lebih stabil.

Untuk mengakses fitur Background Apps tersebut, maka silahkan Anda ikuti langkah-langkah singkatnya di bawah ini:

  • Masih berada dalam menu Privacy Windows 10 Anda, silahkan Anda scroll hingga pada menu paling bawah dengan nama “Background apps”.

  • Kemudian, silahkan Anda lihat daftar aplikasi yang ada di sebelah kanan tampilan tersebut, kemudian non-aktifkan aplikasi yang menurut Anda tidak penting dan hanya menguras resource dari komputer Anda tersebut. Untuk lebih lengkapnya, silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul “cara mematikan program Windows 10 yang berjalan di background“.

Nah, itulah 5 hal penting yang sebaiknya Anda non-aktifkan di sistem operasi WIndows 10 ini. Kalau Anda memang memiliki tambahan atau pertanyaan seputar Windows 10, jangan ragu untuk menyampaikannya pada kolom komentar ya!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY