Yang membuat laptop lebih baik digunakan daripada PC adalah fleksibilitasnya. Di mana Anda tetap bisa menggunakan komputer, seperti mengerjakan dokumen, browsing internet, atau pun bermain game PC di mana pun dan kapan pun dengan laptop tersebut. Ini karena, laptop memiliki baterai yang bisa membuatnya bertahan dalam beberapa jam saat digunakan.

Memperbaiki baterai laptop bertanda seru di Windows 10

Baterai pada laptop memang sangatlah diandalkan disaat Anda sedang berada di luar atau di lapangan. Akan tetapi, bagaimana kalau baterai tersebut mengalami masalah, seperti munculnya indikator yang berwarna kuning dengan tanda seru?

Nah, kalau Anda mengalami masalah serupa, maka artikel kali ini akan memberikan Anda solusi dalam mengatasinya.

1. Jalankan Power Troubleshooter

Troubleshoot merupakan salah satu fitur andalan yang ada pada sistem operasi Windows. Di mana fitur tersebut lebih diperbaiki lagi pada sistem operasi Windows 10 terbaru saat ini. Fitur ini sangatlah membatu dalam memperbaiki masalah pada sistem secara otomatis. Untuk itu, Anda bisa mencoba menggunakan fitur Power troubleshooter ini untuk memperbaiki masalah indikator baterai bertanda seru tersebut.

  • Untuk menjalankan fitur Power troubleshoot tersebut, silahkan Anda tekan tombol Win + I, untuk membuka menu Settings, lalu pilih menu Update & Security.
  • Selanjutnya, cari opsi ‘Troubleshoot’, dan klik menu tersebut, lalu scroll ke bawah dan pilih ‘Power’.
  • Klik pada tombol Run troubleshoot, dan ikuti petunjuknya untuk memperbaiki masalah tersebut.

2. Mengembalikan pengaturan Power Plan ke default

  • Buka halamn Settings kembali, lalu pilih menu System. Setelah itu, silahkan Anda scroll ke bawah hingga menemukan opsi Power & Sleep.
  • Pada panel bagian kanan, silahkan Anda klik Additional power settings, untuk membuka pengaturan lanjutan Power Options.
  • Selanjutnya, klik tulisan Change Plan Settings, dan pilih opsi Restore default settings for this plan.

3. Install ulang driver baterai

Kalau semua cara di atas ternyata belum membuahkan hasil terbaik, maka Anda bisa lanjut pada install ulang atau update driver baterai laptop Anda. Untuk langkah-langkahnya, silahkan Anda ikuti di bawah ini:

  • Sebelum melanjutkan, silahkan matikan dulu laptop Anda, lalu lepaskan charger dan baterai dari laptop Anda.
  • Setelah itu, pasang kembali charger laptop, silahkan nyalakan kembali laptop Anda, lalu masuk ke dalam Device Manager.
  • Kemudian, pilih Batteries, dan klik kanan pada driver ‘Microsoft ACPI-Compliant System’, lalu pilih Uninstall device.
  • Jika sudah, silahkan Anda matikan laptop Anda lalu lepaskan charger, kemudian pasang baterai laptop.
  • Setelah itu, kembali pasang charger dan nyalakan laptop Anda untuk melakukan penginstalan driver secara otomatis.

Akhir kata

Kalau semua cara di atas ternyata tidak memberikan hasil terbaik, maka silahkan Anda lakukan pengecekan pada fisik baterai Anda. Kemungkinan Anda perlu mengganti baterai yang baru.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY