Banyak yang salah kapra antara pengertian USB dan flashdisk. Kedua perangkat yang dapat terhubung ke komputer ini merupakan dua perangkat yang sangat jauh berbeda dari segi fungsi dan bentuk. Jadi, Anda sudah pasti salah jika menganggap flashdisk dan USB ini merupakan perangkat yang sama.

Anda mungkin pernah mendengar seseorang mengatakan “tolong cabut USB saya dari laptop dong”. Sebagai orang yang penurut dan tidak mau ambil pusing pasti Anda langsung mencabut flashdisk tersebut. Padahal Anda disuruhnya mencabut USB kan? Kenapa yang dicabutnya flashdisk. Di sinilah letak ketidak tahuan Anda akan perbedaan kedua perangkat komputer ini.

Nah, pada artikel kali ini Saya akan membahas dan menjelaskan perbedaan dari kedua perangkat ini secara sangat terperinci. Jadi, Anda tidak akan salah lagi mencabut USB dari komputer. Tapi, jangan sampai Anda benar-benar mencabut USB dari komputer atau laptop. Karena, itu akan membuat komputer atau laptop rusak.

Perbedaan antara USB dan flashdisk ini sebenarnya sangat jauh. Berikut perbedaan-perbedaannya:

  1. Perbedaan dari segi bentuk

USB memiliki bentuk port female pada komputer. Port USB ini biasanya terletak di bagian depan atau bagian belakang komputer Anda. Sedangkan pada laptop port USB ini bisa Anda temukan pada bagian samping berdekatan dengan CD Rom. Bentuknya persegi panjang tapi kecil. Gambar dibawah menunjukkan bentuk port USB.

Membedakan Pengertian USB Dan Flashdisk oleh segiempat

Flashdisk memiliki bentuk bermacam-macam dijaman sekarang. Tapi, bentuk itu hanyalah cashing saja. Bentuk asli dari flashdisk adalah memiliki port male pada ujungnya, dan bagian bodinya menggunakan papan PCB yang terdiri dari beberapa chip. Dibawah ini gambar bentuk standar dari flashdisk.

Membedakan Pengertian USB Dan Flashdisk segiempat

  1. Perbedaan dari segi fungsi

USB memiliki fungsi sebagai tempat ditancapkannya flashdisk atau kabel data USB sebagai penghubung antar hardware dengan komputer. Hardware komputer yang biasanya menggunakan port USB sebagai penghubung adalah keyboard, mouse, flashdisk, harddisk ekternal, dan speaker.

Flashdisk memiliki fungsi sebagai media penyimpanan untuk menyimpan dan memindahkan berbagai file pada komputer. Port yang digunakan pada flashdisk ini memang menggunakan port USB. Sehingga para user menganggap flashdisk ini sama dengan USB.

  1. Perbedaan dari segi tempat

USB melekat secara default pada papan motherboard komputer atau laptop. Posisinya tidak dapat berpindah-pindah. USB ini juga tidak dapat dicabut begitu saja jika Anda sudah tidak membutuhkannya. Apabila Anda mencabutnya maka bisa dijamin komputer atau laptop Anda itu akan error atau rusak.

Flashdisk bisa Anda bawa kemana-mana bisa dicabut dan dipasang sesuka hati Anda. Karena, memang fungsinya adalah sebagai media penyimpanan portable.

Jadi, perbedaan kedua perangkat komputer antara USB dan Flashdisk ini sebenarnya ada pada portnya dan fungsinya. Keduanya memang menggunakan port USB tapi, USB sebagai port female sedangkan flashdisk sebagai port male. Dan untuk fungsinya USB hanya sebagai penghubung media input output, sedangkan flahsdisk berfungsi sebagai media input dan outputnya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY