Smartphone di jaman sekarang ini bisa dikatakan sebagai perangkat yang paling populer atau bahkan wajib dimiliki. Fungsi dari smartphone pun sudah semakin berkembang dan menjadi lebih kompleks lagi. Sehingga, sebuah smartphone bahkan bisa dianggap sebagai perangkat komputer portabel yang mempermudah pekerjaan penggunanya.

Ada beberapa fakta unik dari smartphone yang mungkin tidak Anda sadari atau tidak ketahui selama ini. Beberapa fakta tersebut bisa Anda simak di bawah ini.

– Sensor wajah semakin populer

Kalau sekarang Anda memiliki smartphone dengan fitur sensor sidik jari, maka itu sudah tidak populer atau keren lagi. Pasalnya, sensor sidik jadi yang pertama kali dipopulerkan oleh Apple pada perangkat iPhone-nya ini memang sudah termasuk ketinggalan jaman lagi. Apalagi smartphone dengan merek abal-abal dengan harga yang murah pun sudah menggunakan sensor sidik jari ini. Sekarang ini sudah ada lagi fitur keamanan yang lebih keren dan canggih, yaitu face detector atau sensor pendeteksi wajah.

Dengan menggunakan fitur ini tentunya Anda tidak perlu lagi harus repot-repot membersihkan jari dulu, mengusap layar dengan pattern (pola), memasukkan pin, dan lainnya. Anda cukup mengarahkan kamera smartphone Anda ke wajah Anda agar sensor wajah tersebut bisa mendeteksi wajah Anda untuk membuka keamanan dari smartphone Anda.

– Smartphone digunakan untuk gaming

Kalau yang satu ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi saat ini. Banyaknya game-game yang menarik dan keren di perangkat smartphone membuat, kepopuleran smartphone seakan-akan menurunkan kepopuleran PC gaming atau pun laptop gaming saat ini. Game-game yang dihadirkan pada smartphone pun memang cukup menarik untuk dimainkan. Apalagi dengan kemampuan smartphone untuk bisa online kapan pun dan di mana pun, membuat para gamers pasti lebih nyaman dalam memainkan game-game tersebut.

Sebut saja salah satu game online yang kini semakin populer di kalangan para gamers, yaitu Mobile Legends atau game MOBA lainnya. Tercatat kalau 49% pengguna smartphone itu ternyata lebih memanfaatkan smartphonenya untuk bermain game saja. Bisa kita lihat pula pada salah satu produsen perangkat laptop dan PC gaming, yaitu Razer yang telah mengeluarkan smartphone khusus gaming.

– Pengguna smartphone minimal membuka lock smartphonenya 15 kali dalam sehari

Fakta unik berikutnya untuk penggunaan smartphone yang mungkin saja belum Anda ketahui itu adalah penggunanya membuka lock smartphonenya minimal 15 kali dalam sehari. Coba deh Anda menghitung sendiri berapa kali sehari Anda membuka lock screen pada smartphone Anda. Anda sendiri mungkin tidak pernah menyadari hal ini kan? Padahal, kalau semua pengguna smartphone dibariskan dan melakukan kebiasaan ini, tentunya akan terlihat sangat lucu dan unik.

Hal ini bisa terjadi, karena banyaknya notifikasi yang masuk pada smartphonenya dari sosial media, chat, game, dan lainnya. Kalau semua sosial media Anda hubungkan dengan smartphone Anda, maka 15 kali dalam sehari itu pasti angka yang sangat kecil.

– Malware (Virus) kini lebih mengincar Android dari pada komputer (PC/laptop)

Kalau dulunya virus-virus seperti malware membuat para pengguna komputer seperti PC atau pun laptop ketakukan, kini sudah beralih ke pengguna smartphone Android lagi. Masih teringat semasa kuliah dulu, saat pulang ke kost-an harus menginstall ulang laptop dan PC pelanggan minimal 10 perharinya hanya karena virus. Nah, kebiasaan tersebut kini sudah beralih ke perangkat smartphone seperti Android.

Bahkan ada beberapa media yang mencatat kalau hampir 98% malware yang ada saat ini ternyata sengaja dibuat untuk mengincar perangkat dengan platform Android. Jadi, Anda para pengguna perangkat dengan platform Android harus ekstra hati-hati lagi, khususnya saat bertransaksi finansial secara online.

– Jumlah pengguna smartphone lebih banyak dari toilet pribadi

Untuk Anda yang memiliki rumah, tentunya memiliki toilet pribadi yang biasanya berada di dalam kamar Anda sendiri. Kira-kira menurut Anda, ada berapa orang di dunia ini memiliki toilet pribadi tersebut? PBB mencatat kalau ternyata terdapat hampir 6 miliar dari seluruh manusia di bumi ini memiliki smartphone pribadi. Sedangkan untuk toilet pribadi itu hanya tercatat sekitar 4,5 miliar orang saja.

Bagaimana tidak? Setiap orang bahkan bisa memiliki lebih dari 1 smartphone. Anda mungkin salah satunya!

– Smartphone jaringan 4G di Indonesia sudah pasti TKDN

Peraturan pemerintah yang memberlakukan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) terhadap perangkat-perangkat dari luar termasuk smartphone ini, membuat smartphone 4G yang bisa masuk ke tanah air itu sudah pasti lolos dari TKDN. Peraturan ini ditujukan agar masyarakat Indonesia tidak secara bebas membeli smartphne 4G, dan mengurangi kerugian juga.

Jadi, smartphone 4G yang mungkin Anda pakai saat ini itu beberapa komponennya dibuat di tanah air loh! Ini juga bisa mengajarkan kita untuk mencintai produk dalam negeri. Pemerintahan sekarang cerdas bukan? Selain memajukan perekonomian masyarakat sendiri, tapi juga tetap tidak ingin ketinggalan jaman dengan produk canggih yang lagi trend di luar negeri.

– Sebagian pengguna smartphone membatasi downloadnya tidak setiap bulan

Beberapa situs survey termasuk ComScore ternyata memberikan laporan, kalau ternyata dari hampir semua pengguna smartphone, hanya ada sekitar 35% saja yang aktif mendownload aplikasi setiap bulannya. Sedangkan sisanya itu sangat jarang mendownload aplikasi, atau bahkan tidak pernah mendownload sama sekali.

Hal ini bisa terjadi karena koneksi internet yang tidak memadai atau terlalu mahal, seperti di tanah air kita ini.

– Sistem operasi Android adalah yang paling populer saat ini di Indonesia

Untuk para pengguna komputer (PC/ Laptop) tentunya masih memilih Windows sebagai sistem operasinya. Tapi, jumlah pengguna smartphone dibandingka dengan komputer itu berkali-kali lipat. Di mana rata-rata sistem operasi dari smartphone yang digunakan itu adalah Android.

Jadi, hal ini sudah bisa menjadi pembanding berapa banyak pengguna sistem operasi Android dibandingkan sistem operasi lainnya. Selain perangkatnya murah, aplikasi dan dukungan dari perangkat lainnya pun lebih mudah. Inilah, yang membuat sistem operasi Android jauh lebih populer dibandingkan dengan sistem operasi lainnya.

Akhir kata:

Itulah beberapa fakta unik yang kami temukan dari smartphone saat ini. Kalau kalian memiliki fakta unik lainnya dari smartphone, silahkan tambahkan pada kolom komentar ya!

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY