Menjelang bulan puasa (ramadhan), banyak dari kita tentunya sudah tidak sabaran menantikan datangnya hilal pertama yang menjadi penanda sebagai awal bulan puasa, hingga sebulan ke depannya. Biasanya, hilal ini kita dengarkan dari hasil penelitian atau pengawasan dari ulama atau yang memang institusi khusus yang ditunjuk untuk mengawasi pergerakan hilal tersebut. Setelah hilal muncul, barulah hari itu ditentukan sebagai 1 ramadhan atau terhitung waktu puasa pertama.

Melihat datangnya hilal ini tentunya tidak bisa melalui mata telanjang begitu saja. Anda membutuhkan alat berupa teropong untuk bisa melihat dengan jelas kemunculan hilal tersebut.

Apakah hilal itu?

Berbicara mengenai hilal, mungkin beberapa dari Anda belum mengerti seperti apa hilal itu. Hilal ini adalah bulan sabit muda pertama (bulan baru) yang bisa dilihat karena adanya konjungsi, yang bisa diperhatikan pada arah terbenamnya matahari, yang sekaligus menjadi penanda masuknya bulan baru pada kalender Islam.

Melihat hilal dengan aplikasi hp Android

Sekarang ini, dengan kemajuan teknologi Anda pun bisa dengan mudah melihat kapan datangnya hilal tersebut. Sehingga, Anda bisa mengetahui sendiri kapan saat atau waktu yang tepat untuk memulai puasa pertama Anda.

Di bawah ini Saya sudah menyediakan 4 aplikasi yang bisa Anda install di hp Android, untuk bisa melihat datangnya hilal.

  1. Star Chart

Aplikasi pertama ini bernama Star Char yang akan menampilkan planetarium di hp Android Anda. Dengan aplikasi ini, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk melihat posisi dari bintang-bintang dan bulan secara real time, dan juga sudah berteknologi 3D. Pastikan saja GPS di hp Android Anda sudah aktif untuk bisa memantau posisi hilal tersebut.

  1. Moon 3D

Selanjutnya adalah aplikasi Moon 3D yang bisa menampilkan siklus rotasi bulan secara real time di hp Android Anda. Dengan aplikasi ini, tentunya Anda bisa dengan mudah untuk memprediksi di mana posisi hilal tersebut kini berada.

  1. Sky Map

Aplikasi Sky Map ini sendiri sebenarnya produk dari Google yang memiliki tampilan seperti planetarium juga. Dan, kalau Anda ingin melihat tampilan dari Sky Map ini lebih menarik lagi, maka Anda bisa menggunkan perangkat VR. Dengan VR, mak Anda bisa melihat posisi bintang secara 360 derajat loh!

  1. SkySafari 5

Hampir sama dengan aplikasi Star Chart, di mana SkySafari 5 ini juga bisa menampilkan posisi dari planet-planet, rasi bintang, dan tentunya juga posisi dari bulan saat ini. Anda cukup mengaktifkan fitur GPS di hp Android Anda untuk mengetahui posisi pasti dari bulan tersebut.

Penutup

Nah, itulah 4 aplikasi Androi yang bisa membantu Anda untuk mengetahui kapan hilal akan datang. Selamat mencoba dan semoga bisa membantu dalam menjalani puasa!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY