Kehadiran internet di tengah-tengah kita ini memang banyak mempermudah pekerjaan dan juga aktivitas sehari-hari. Bahkan, sosial media yang juga merupakan bagian dari internet itu sendiri memiliki moto untuk mendekatkan yang jauh, melalui komunikasi virtual yang semakin canggih saat ini.

Walaupun, aktivitas sehari-hari kita sudah semakin dipermudah dengan internet, tapi tentunya ada beberapa hal yang Anda rindukan dari jaman sebelum adanya internet bukan? Dan, untuk bernostalgia maka, di bawah ini Saya sudah mengumpulkan beberapa hal yang memang bikin ngangenin sebelum adanya internet.

1. Mengenal orang dengan interaksi secara langsung

Sebelum adanya internet, kira-kira ada berapa banyak teman yang Anda miliki dulunya? Bisa dikatakan cukup sedikit bukan? Akan tetapi, teman-teman Anda itulah tentunya yang terbaik dan mungkin sampai saat ini menjadi sahabat Anda. Di jaman sebelum adanya internet pun, Anda pasti sangat menghargai yang namanya pertemanan dengan menepati setiap janji, kemudian bertemu langsung dan beraktivitas bersama.

Kehadiran internet sendiri memang bisa mempermudah dalam menambah teman. Di mana sosial media adalah perantara dari kemudahan pertemanan tersebut. Jumlah teman yang sudah mencapai ribuan atau puluhan ribuh di sosial media bukan berarti Anda sudah bertemu dan berinteraksi langsung dengan mereka bukan? Anda atau pun mereka mungkin hanya bisa berbalas pesan dan juga status di sosial media, tapi tidak bisa melakukan hal-hal seru dengan berinteraksi langsung seperti sebelum adanya internet.

2. Menyampaikan pendapat secara langsung

Di jaman yang sudah menjamurnya internet ini, memang mempermudah kita menyampaikan pendapat melalui halaman website atau pun sosial media. Akan tetapi, penyampaian pendapat kita ini tentunya belum tentu bisa diterima atau dibaca ke orang yang dituju. Bahkan, beberapa orang berpendapat kalau cara seperti itu kurang sopan, karena di internet Anda bisa saja menyembunyikan identitas asli Anda.

Berbeda dengan jaman dulu sebelum adanya internet, di mana aspirasi atau pendapat Anda bisa disampaikan secara langsung dan bisa melihat reaksi atau tanggapan kepada orang yang Anda kritik tersebut. Salah satu bukti dari penyampaian aspirasi langsung tersebut adalah pada saat pergantian dari jaman orde baru ke reformasi.

3. Mencari nama di buku telepon (Yellow Pages)

Salah satu kelebihan dari internet saat ini adalah mempermudah kita untuk menemukan seseorang yang sedang dicari. Di mana Anda cukup mengetikkan namanya pada halaman pencarian mesin Google, maka nama dari orang tersebut pun akan bermunculan, baik dari sosial media atau pun mungkin halaman website pribadinya. Saya pernah menuliskan artikel yang berjudul “cara mencari orang di internet“, yang mungkin bisa membantu Anda untuk menemukan seseorang di internet.

Tapi, apakah Anda ingat di jaman sebelum adanya internet, kita dulunya mengenal Yellow Pages sebagai sarana untuk sekedar mencari nomor telepon seseorang. Sebelum adanya internet, buku telepon yellow pages ini memang sangatlah penting. Bahkan, di telepon umum pun terdapat sebuah yellow pages untuk para penggunanya. Anda pun pastinya sudah merasa bangga kalau ternyata melihat ada daftar nama Anda pada yellow pages tersebut. Kira-kira bagaimana ya kabar penerbut Yellow Pages itu? Mungkin sudah berubah menjadi sebuah website juga.

4. Banyak beraktivitas di luar

Masih ingat tidak di masa kanak-kanak, kita itu lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah, entah itu terik matahari atau pun hujan. Udara yang segar sambil berlarian di lapangan atau pun taman memang membuat tubuh semakin sehat. Sehingga, tempat gym atau pun alat olahraga masih sangat jarang ditemukan di sekitar.

Tapi sekarang ini, jangankan untuk keluar rumah, keluar kamar saja mungkin Anda sudah sangat malas. Peralatan olahraga pun mungkin sudah ada di kamar Anda masing-masing, sehingga tidak usah lagi keluar rumah untuk berlarian di lapangan atau taman sambil menghirup udara segar. Anda pun pasti lebih memilih nongkrong depan komputer atau mengecek instastory atau notifikasi di smartphone Anda. Di jaman yang sudah menjamurnya internet ini pun, Anda tidak perlu lagi keluar rumah untuk sekedar melakukan transfer uang, membeli pakaian, perlengkapan rumah tangga, bahkan makanan. Karena, semuanya sudah bisa dilayani melalui jasa yang tersedia di internet.

5. Menonton TV bersama keluarga

Kalau di jaman 90-an, TV adalah salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang termasuk masih sangat jarang ditemui di rumah-rumah. Sehingga, saat-saat menonton TV ini adalah saat yang paling berharga, baik untuk teman-teman maupun keluarga. Apalagi untuk Anda yang memiliki keluarga besar, tentunya akan sangat menikmati momen nongkrong bersama keluarga menonton acara favorit di TV, atau pun sampai rebutan remote TV dengan saudara dan orang tua demi menonton acara TV favorit.

Kalau di jaman sekarang ini, semenjak adanya internet, mengakses siaran TV kesukaan pun sudah semakin mudah. Karena, sudah banyak sekali website yang menyediakan akses siaran TV, baik lokal mau pun internasional. Waktu bersama keluarga menonton TV pun sudah sangat jarang, karena masing-masing sudah memiliki smartphone dan komputer untuk menonton TV streaming atau pun channel di Youtube.

6. Surat menyurat

Apakah Anda termasuk orang yang pernah melalui aktivitas surat menyurat kepada teman, atau pun pacar? Kalau iya, berarti masa remaja Anda itu termasuk membahagiakan. Di mana, di jaman itu Anda bisa belajar menuliskan puisi-puisi indah baik dari buku atau pun karangan sendiri. Membeli sebuah amplop yang cantik dan juga berbagai macam jenis perangko untuk membungkus surat tersebut sebelum dikirimkan. Balasan dari surat itu pun kadang bisa sampai berhari-hari atau pun berbulan-bulan, itu pun kalau pak pos-nya gak tersesat. Aktivitas seperti ini pasti sangat Anda rindukan di jaman internet sekarang ini.

Di jaman sekarang ini, dengan adanya internet dan aplikasi chatting serta email, mempermudah proses pengiriman surat dokumen dan lainnya. Anda tidak perlu lagi keluar rumah, membeli perangko dan juga amplop. Anda cukup membuka alamat email lalu menuliskan isi surat, bahkan bisa melampirkan foto atau pun video di dalamnya.

7. Nongkrong di perpustakaan

Untuk Anda yang sering mendapatkan tugas dari guru, pasti Anda sering nongkrong diperpustakaan sekolah atau pun perpustakaan umum. Aktivitas membaca dan mengerjakan tugas di perpustakaan ini memang cukup menyenangkan di jamannya. Sehingga, pasti akan sangat Anda rindukan saat ini.

Akan tetapi, dengan adanya internet, buku-buku perpustakaan tersebut seakan-akan terlupakan, karena bisa dikatakan kalau 99 persen buku perpustakaan itu sudah ada di internet. Anda pun bisa membukanya melalui smartphone atau laptop dan mengerjakan tugas di rumah. Gak keluar rumah lagi deh!

8. Request dan kirim lagu di radio

Ini nih yang paling bikin ngangenin sebelum adanya internet. Setiap malam minggu, pasti Anda sering menelepon ke radio, kemudian meminta request lagu kesukaan Anda, gebetan atau pun teman-teman Anda. Setelah itu, Anda pun diberikan kesempatan oleh si penyiar untuk menyampaikan salam kepada orang-orang yang memang Anda peruntukkan lagu tersebut.

Tapi kalau sekarang, jangankan request lagu, Anda bisa langsung mengirimkan lagu ke teman atau pun gebetan Anda melalui aplikasi chatting atau pun email, sambil melampirkan kata-kata di dalamnya.

Penutup

Nah, itulah 8 hal yang bikin kangen sebelum adanya internet. Di antara hal-hal tesebut, manakah yang paling sering Anda lakukan atau yang paling Anda rindukan untuk dilakukan lagi? Atau mungkin Anda memiliki tambahan aktivitas atau hal lain? Jangan ragu untuk meninggalkannya pada kolom komentar di bawah ya!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY