agar tidak kekenyangan saat buka puasa oleh Kesehatan SegiEmpatBanyak orang yang tidak bisa menahan diri untuk makan banyak saat buka puasa. Alasannya adalah karena dia sudah menahan lapar dan haus selama seharian. Padahal hal ini adalah sebuah kebiasaan buruk. Selain itu, Rasulullah bersabda “Kami adalah kaum yang tidak makan sampai kami lapar dan jika kami makan maka kami tidak (sampai) kenyang.Jadi saat buka puasa, sebaiknya Anda tidak kekenyangan dan tetap mengontrol diri.

Berikut ini adalah beberapa tips agar tidak kekenyangan saat buka puasa:

  • Mengingat Bahwa Ramadhan adalah Saat untuk Menahan Diri

Saat bulan Ramadhan, kita tidak hanya diwajibkan untuk menahan lapar dan haus selama matahari terbit hingga matahari terbenam. Tapi kita juga harus menahan diri setelah itu, yaitu saat berbuka puasa. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menahan diri untuk tidak menghabiskan semua menu makanan saat berbuka.

  • Berbuka dengan Makanan Ringan

Saat waktu berbuka telah tiba, sebaiknya Anda membatalkan puasa dengan segelas air putih atau sebutir kurma. Setelah itu, Anda bisa mengkonsumsi buah atau sayur. Cara ini akan membuat pencernaan tetap sehat. Jika Anda langsung mengkonsumsi nasi atau daging, maka pencernaan akan bekerja lebih berat karena telah istirahat selama seharian.

  • Minum Segelas Air Putih

Banyak orang yang menyangka diri lapar padalah hanya sedang haus. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda minum segelas air putih saat buka puasa. Ini akan lebih baik daripada jus yang mengandung banyak gula dan kalori. Selain itu, air putih juga akan membuat pencernaan yang tadinya kosong akan terisi dengan perlahan.

  • Makan Secara Perlahan

Karena telah lapar dan haus selama seharian, maka banyak orang yang makan dengan terburu-buru dan cepat. Padahal hal itu termasuk dalam kebiasaan makan yang buruk dan bisa membuat berat badan Anda meningkat. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda makan dengan perlahan.

  • Makan dengan Orang Lain

Saat akan makan makanan berat, cobalah untuk makan bersama keluarga atau teman. Dengan makan bersama mereka, maka Anda mungkin akan terbantu untuk mengurangi porsi makan Anda. Hal ini karena mereka akan mengingatkan Anda tentang jumlah makanan yang telah Anda makan. Dengan begitu, kalori Anda akan tetap terkontrol.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY