Disaat musim lagi tak menentu seperti saat ini, yang kadang panas kadang hujan sampai kadang panas banget sampai hujannya pake banget juga penyakit memang jadi salah satu hal yang paling sering terjadi. Seperti pilek, flu dan batuk.

Memang bisa dibilang klasik tapi nyatanya penyakit seperti itu memang acap kali menyerang ditengah kondisi seperi sekarang ini. Nah, untuk Anda yang lagi flu karena cuaca tak menentu yuk makan makanan seperti ini, yang ampuh meredakan flu. Apa saja?

Sup Ayam

Boleh saja Anda berpikir “kok bukannya obat malah disuruh makan sup ayam?” tapi ini buak hoax ya, karena memang dari hasil penelitian medis makan sup ayam dapat membantu meredakan peradangan yang jadi penyebab flu dan pilek. Apalagi dengan hangatnya sup juga bisa melegakan hidung, dada dan tenggorokan. Bahkan nih, Anda disarankan untuk menambah mie dan sayuran agar Anda mendapatkan karbohidrat dan meningkatkan kekebalan tubuh dari sayuran.

Daging Tanpa Lemak

Makan daging juga ampuh nih buat mengatasi flu, soalnya nih kandungan zat besinya merupakan asupan yang sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh. Karena itu dengan makan daging tanpa lemak sangat membantu mengatasi flu, apalagi daging tanpa lemak pun mengandung zinc dan mineral lainnya yang sangat berguna untuk mencegah infeksi.

Buah Jeruk Stroberi dan Tomat

Sebenarnya sih hal ini belum mendapat kesepakatan dari semua ahli nutrisi, namun dari beberapa studi ditemukan fakta jika memenuhi asupan vitamin C setiap hari sangat membantu kinerja kekebalan tubuh. Pas banget nih buat Anda yang lagi flu. Tapi disarankan Anda tidak memenuhinya melalui suplemen, Anda disarankan untuk makan buah seperti jeruk, stroberi dan tomat yang merupan buah dengan kandungan vitamin C tertinggi.

Bawang Putih

Sebagian dari Anda mungkin sampai mengerutkan dahi dengan bahan yang satu ini, memang sih bawang bagi sebagian orang itu bikin risih karena baunya. Tapi jangan salah, bawang apalagi bawang putih itu memiliki kandungan antioksidan serta antivirus yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh termasuk mengatasi flu dan pilek.

Madu

Masih ingat gak dulu orang tua kita itu sering memanfaatkan madu sebagai obat flu. Yang bahkan sampai muncul mitos-mitos tentang madu. Nah ternyata nih tak semua mitos tersebut salah, karena dari hasil penelitian madu juga sangat baik untuk mengatasi flu disaat cuaca tak menentu seperti sekarang ini. Hanya saja madu memang berbahaya jika diberikan pada anak yang masih dibawah umur.

Teh Hijau

Anda sendiri penasaran gak sih kenapa orang-orang Cina itu yang notabene sebagai populasi terbanyak di dunia, jarang sakit? Ternyata nih salah satu rahasianya itu karena mereka rutin mengkonsumsi teh hijau. Dari hasil penelitian, teh yang satu ini memang memiliki kandungan antioksidan yang sangat membantu kekebalan tubuh yang tidak hanya dapat mencegah pilek atau flu tapi juga membuat tubuh mereka dapat melawan bakteri ataupun virus.

Nah, disaat cuaca tak menentu seperti sekarang Anda pengennya makan yang mana nih?

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY