Diluar gaya hidup hedonis bagi sebagian orang, kita selama ini sebenarnya masih punya satu kebiasaan yang boleh dibilang membanggakan yaitu kebiasaan kita untuk saling berbagi. Ya kita punya kebiasaan untuk saling berbagi, entah itu dengan meminjamkan atau mengiklaskannya. Asal abis itu gak ada yang nyinyir, udah dipinjamin harus ngerawat juga dong jangan asal pake aja.

Yang namanya membantu pasti bikin bangga kan? Cuma ya kadang sih yang dibantuin juga gak tahu diri. Terlepas dari itu, bukan bermaksud mengajak Anda untuk sedikit kikir sama orang lain tapi karena alasan kesehatan mungkin sudah saatnya Anda untuk pintar-pintar menyeleksi barang-barang apa saja yang boleh Anda pinjamkan. Karena percaya atau tidak terlalu sering berbagi itu juga bisa jadi ajang penyebaran kuman penyakit.  Barang-barang apa saja yang sebaiknya tidak dipinjamkan? Berikut 6 diantaranya.

Barang-Barang yang Sebaiknya Tidak Dipinjamkan oleh SegiEmpatHanduk

Umumnya kebiasaan ini kita lakukan waktu ada keluarga yang nginap di rumah, atau mungkin temen kampus yang lagi galau sama temen kostan. Karena alasan kekeluargaan handuk yang sering kita pake buat ngeringin badan pun terpaksa harus dipake bersama. Tapi kebiasaan ini sebenarnya gak baik kita lakukan karena meminjamkan handuk bisa ikut menyebarkan kuman atau bakteri penyakit pada kita sendiri atau sama yang dipinjamkan.

Karena fungsi utamanya untuk menyerap titik-titik air handuk jadi lembab, dan lembabnya inilah yang jadi sarang pertumbuhan bakteri dan jamur. Jadinya saat handuk tersebut dipinjamkan handuk kita pun jadi berisiko tinggi terjangkit bakteri, jamur dan kuman dengan begitu kita malah ikut meminjamkan bakteri dari tubuh kita ke orang lain atau sebaliknya.

Rol atau Sisir Rambut

Biasanya sih ini kebiasaan cewek-cewek, Cuma ternyata kebiasaan ini juga berisiko buat kesehatan kita sendiri. Mulai dari penyebaran kutu sampai penularan jamur.

Alas Kaki

Sandal atau pun sepatu juga termasuk barang yang sebaiknya tidak dipinjamkan, kenapa? karena faktanya alas kaki itu tempat lembab. Sama seperti handuk, bisa jadi sarang bakteri untuk berkembang biak. Saat kita meminjamkan sandal atau sepatu pada orang lain itu bisa disebut sebagai proses transmigrasi bakteri atau kuman termasuk infeksi penyakit.

Deodoran

Deodoran adalah barang yang wajib dijaga, khususnya buat Anda yang punya masalah dengan bau badan. Usahakan agar deodoran disimpan di tempat yang aman, alasannya tidak hanya supaya gak malu-maluin tapi biar gak dipake orang lain. Harus Anda tahu, deodoran itu bisa dijangkit oleh bakteri dari orang lain. Hal ini bisa membuat masalah bau badan Anda makin parah.

Lipstik

Tidak banyak yang tahu kalau ternyata penyakit herpes juga bisa ditularkan dari lipstick, dan salah satu penyebab yang paling sering adalah kebiasaan meminjamkan lipstik sama orang lain. Ini juga berlaku untuk produk-produk perawatan bibir lainnya. Jadi hati-hati ya.

Headphone

Sadar atau tidak headphone pun bisa jadi tempat berkembang biak dari makhluk unik yang hidup di kotoran telinga. Karena itu meminjamkan ponsel pada orang lain, kebiasaan ini bisa merusak keseimbangan bakteri di telinga Anda dengan masuknya bakteri baru. Kalau sudah seperti ini risiko infeksi telinga pun meningkat.

Bantuin orang memang baik udah gitu dapat pahala pula, tapi daripada kena penyakit mending jangan pinjamkan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY