Flu itu ibarat mantan yang memang tidak berbahaya tapi bisa mengganggu aktifitas kita, apalagi kalau udah mau move on tiba-tiba ngehubungin. Udah-udah jangan keburu baper hehe.

Flu memang bukan penyakit yang berbahaya untuk kita di Indonesia, tapi penyakit musiman ini sangat mengganggu aktifitas keseharian kita dalam bekerja. Ada baiknya Anda menyimak tips berikut agar Anda terhindar dari waktu-waktu nonproduktif yang diakibatkan oleh flu.

Flu seringkali datang di awal musim hujan. Ketika stamina Anda sedang drop, sistem imun Anda juag ikut lemah, maka di saat itulah flu bisa masuk menyerang Anda.

Berikut ini adalah tips untuk mempercepat penyembuhan flu. Tips ini dikutip dari MedicMagic yang diambil dari sumbernya yaitu dr. Charles B. Inlander, presiden dari People’s Medical Society.

Minum Air Hangat

Minum banyak air hangat ketika flu akan sangat membantu proses penyembuhan. Fungsi dari air hangat ini antara lain untuk mengurangi gejala hidung tersumbat, menghindarkan Anda dari dehidrasi dan juga sebagai anti inflamasi (anti pembengkakan) untuk saluran pernafasan Anda. Lendir juga bisa lebih encer karena uap dari air hangat tadi.

Istirahat

Istirahat adalah penting sekali untuk dilakukan ketika kita terserang flu karena sistem pertahanan tubuh kita sedang dalam kondisi yang kurang baik. Oleh karena itu, ketika kena flu, usahakan ambil cuti kerja sehari untuk digunakan beristirahat seharian penuh. Istirahat seharian penuh ini akan mempercepat penyembuhan flu dibanding Anda tetap memaksakan diri beraktifitas.

Hirup Menthol

Menthol sangat baik untuk melancarkan hidung tersumbat dan juga sekaligus mencegah iritasi kulit di area lubang hidung. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih atau balsem yang mengandung menthol di dekat lubang hidung Anda.

 

Tidur Dengan Dua Bantal Untuk Kepala

Untuk mengurangi produksi lendir yang berlebihan, Anda disarankan untuk menggunakan dua bantal untuk kepala saat tidur. Pastikan untuk selalu menjaga posisi wajah agar lebih tinggi dari dada.

Berkumur

Ini adalah salah satu cara mempercepat penyembuhan flu yang masih jarang diketahui orang. Lakukan kumur dengan air yang dicampur dengan sedikit garam dan jahe. Bisa juga ditambah lagi dengan beberapa jenis rempah-rempah. Fungsinya adalah untuk meringankan sakit pada tenggorokan.

Kedokter

Flu memang bukanlah penyakit berbahaya yang bisa mengancam keselamatan dan kehidupan kita. Tapi itu adalah jenis flu pada umumnya, sekarang makin berkembangnya zaman berbagai penyakit pun banyak bermunculan. Masih ingat kan dengan beberapa kasus flu yang menyebabkan penderitanya meninggal dunia?

Jadi disaat flu yang Anda derita tak kunjung sembuh yang bahkan membuat Anda tidak hanya mengalami lemah letih dan lesu tapi juga mulai menimbulkan berbagai gejala lain sangat penting agar Anda segera ke dokter.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY